Merawat dan melakukan modifikasi pada kendaraan roda empat (mobil) seringkali membutuhkan tindakan pada komponen yang terbuat dari besi (metal).

Tindakan pada komponen besi tentunya harus dengan mesin khusus dan seringkali harus melibatkan mesin bubut.
Sarinande Workshop

Mesin bubut sangat banyak manfaatnya untuk perawatan dan modifikasi kendaraan. Mulai dari meratakan piringan rem cakram yang tidak rata, meratakan plat kopling, membuat adapter PCD velg (rim) dari lubang empat (4) ke lima (5) dan sebaliknya, dan juga untuk membuat center ring bagi kendaraan yang menggunakan velg non standard.

Salah satu bengkel bubut yang sangat terkenal akan reputasinya adalah Bengkel Bubut Gelora Teknik Sarinande, atau orang-orang sering menyebutnya dengan nama ‘Sarinande‘.
Sarinande Workshop

Bengkel ini terletak di Jl. R.S Fatmawati No.36 Jakarta Selatan. Telepon (021) – 7694296. Lokasinya tepat setelah Pasar Mede bila berkendara dari arah perempatan TB Simatupang.

Beberapa hari lalu, saya ‘terpaksa’ berkunjung kembali ke bengkel bubut ini. Pergantian velg ke ukuran 17 inchi menyebabkan setir mobir bergetar pada kecepatan 120 km keatas.

Bagi pemilik mobil yang mengganti velgnya ke ukuran lain, wajib menambahkan ‘spacer‘ atau sering juga disebut ‘ring‘ atau ‘center ring‘ agar velg dan dudukan roda dapat ‘bertemu’ dengan baik.

Dengan menambahkan / mengisi celah antara velg dan dudukan dengan material besi (metal), niscaya gejala stir bergetar pada kecepatan tinggi akan hilang.
Center Ring

Biayanya tidak mahal, untuk satu (1) ban biayanya sebesar Rp 50.000,- (ukuran kecil) dan Rp 75.000 (ukuran besar). Waktu pengerjaan untuk keempat ban terhitung cepat, bila tidak ada antrian berarti, bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari satu (1) jam.

Sampai saat ini, saya sudah tiga (3) kali menggunakan jasa teknisi di Sariande untuk mengilangkan getar di kemudi dan saya sangat puas dengan hasilnya.

Gelora Teknik Sarinande sangat direkomendasikan! (..ini bukan iklan..)

Foto lainnya di Flickr

28 Comments Bengkel Bubut Sarinande

  1. Febrian Djaka Putra

    Wah makasih gan infonya. Pas banget ane lagi butuh info tentang spacer gara-gara pas lagi servis rutin si montir nyuruh pake spacer gegara ban ane mepet sm shock breaker. Tiba-tiba bingung, spacer apa ya? Nemu jawabannya di sini. Haha..

    Reply
    1. Julio

      Pagi Pak. Mau nanya ni.
      Mobil saya kan Veloz.
      Velg aslinya R 15
      Ada rencana ni mau ganti Velg Terios R 16.
      Lubang dan Pcd pasti berbeda.
      Pertanyaan saya:
      Kira2 bengkel sarinande bisa ga ya kerjain custom velg dgn ktentuan seperti td saya bilang ? πŸ™‚
      Makasi Pak πŸ™‚

      Reply
  2. ilham

    mas bro, vantrend sy lari diatas 60km bergetar, denger2 di bengkel sarinande bs nyembuhin ya?
    katanya bagian joint kopelnya hrs dibikin senter ya?
    biayanya kisaran brp yah mas ditho?

    Reply
    1. diditho

      Dicek dulu saja Mas Bro penyebabnya. Kalo di sarinande itu bikin center ring untuk velg non standar, sehingga kalo ngebut diatas 120 km/jam tidak getar. Untuk harga coba telp dulu saja.

      Kalo 60 km/jam getar , sumber masalahnya bisa bermacam-macam, misal tidak center (butuh spooring/balancing atau tierod nya harus diganti.

      Reply
  3. donny prasetyo

    bagaimana kalau velg standar 17 inchi diganti ke downgrade 16 inchi, bukan menaikkan ukuran ke atas 17 inchi velg. perlukah center ring untuk downgrade ukuran 16 inchi velg market dari standar 17 inchi velg?

    menurut informasi, tiap menggunakan spacer/ring center, tidak aman untuk top speed di atas 200km/jam?

    Reply
    1. diditho

      bukan masalah upgrade atau downgrade ukuran, tetapi ketika ganti velg non standart kan pasti ada gap/celah di dudukannya tuh. Nah itu yang diisi spacer biar rapat.

      Wah untuk 200 km/jam nggak tau ya , saya bawa 150 km/jam aja udah nggak berani nginjek gas lagi.. πŸ˜€

      Reply
  4. Fernando Manik

    Kalo mau modifikasi velg kaleng saya 5 buah dari standard jadi celong kira2 butuh waktu berapa lama prosesnya yah? Apakah mobil harus ditinggal?

    Reply
  5. Pingback: Bengkel Bubut Sarinande : SARINANDE

  6. Pingback: Get More

  7. raymond

    ni klo dari arh blok m/ panglima polim kearh citos..posisi ny ada dsebelah kiri jalan atau harus muter balik?
    klo sabtu buka jm berapa ya…

    Reply
  8. Arfan

    Om sy tinggal disulawesi tengah tepatx dikota palu..
    Klw sy mesan adaptor dari lubang baut 5 ke 4 bisa nggk ? Mksih

    Reply
  9. gogo

    pegangan velg belakang hanya tertumpu pada 4 baut saja, karena tutup tromolnya rata tidak ada tonjolan (hub tromol) yang masuk ke lobang tengah velg, apakah ini wajar.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.