Sebenarnya saya selalu merasa bahwa swingarm dan velg Kawasaki Ninja 650 2017 ini terlalu kecil.

Hanya ditujukan untuk menopang velg ukuran 4.5 inch dan ban belakang ukurang 160, membuat motor ringan dengan tenaga melimpah ini menjadi limbung ketika digunakan touring jarak jauh.

Tidak maksimal ketika menikung dan kecepatan tinggi dalam durasi yang lama.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat project meng’upgrade’ kaki belakang Ninja 650 keluaran tahun 2017 ini dengan struktur yang lebih kokoh.

Diperuntukkan untuk menopang ban ukuran 180/55 atau 190/50 akhirnya pilihan swingarm jatuh pada swingarm limbah moge Yamaha R6 dan velg belakang Kawasaki ZX6R

Kenapa swingarm Yamaha R6 ?

Dari beberapa pilihan, swingarm Yamaha R6 ini memiliki postur yang ideal, tidak terlalu besar atau gambot, desainnya simple dan agresif.

Setelah melakukan riset dan hunting, akhirnya saya mendapatkan swingarm seharaga Rp 3.500.000,- ini disebuah toko limbah moge di Instagram.

Awalnya agak ragu karena pembayaran tidak melalui market place, ahirnya ya sudah lah mau gimana lagi. Akhirnya setelah bayar barang diterima dengan selamat dengan packing yang baik, kurang dari satu minggu.

Saya menggunakan motor ini untuk sport touring jarak jauh, bukan untuk kontes tampilan modifikasi, sehingga saya benar-benar harus mempertimbangkan aspek fungsi, tidak hanya soal tampilan.

Kenapa velg Kawasaki Ninja ZX6R ?

Sebenarnya, bila mencari motif plang velg yang sama, model motor ini pola velgnya sama dengan Kawasaki Z900. Ukuran velgnya 5.5 inch, sesuai untuk profil ban 180/55.

Masalahnya, velg Kawasaki Ninja Z900 juga menjadi incaran pengguna Kawasaki Ninja ZX25 yang ingin mengupgrade kaki-kaki belakang menjadi lebih ‘gemuk’ dan padat.

Akibatnya, harga velg belakang Kawasaki Ninja z900 menjadi sangat langka, dan kalaupun tersedia, harganya sangat mahal, bisa mencapai kisaran 8 sampai dengan 9 juta rupiah!

Pilihan pada velg Kawasaki ZX6R lebih karena bentuknya yang mirip dengan plang yang modelnya tipis-tipis dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 3.250.000, – saja dengan kondisi yang masih prima. tidak peang dan limbahnya biasanya memiliki kelengkapan as, nap gear, gear dan disc brake.

Velg ini saya dapatkan dari sebuah toko online market place, karena lokasinya tidak begitu jauh dari rumah saya, akhirnya saya putuskan membeli unit ini dengan datang ke lokasi toko di Gading Serpong.

Diproduksi oleh Enkei Jepang, velg Kawasaki ZX6R tergolong ringan.

Untuk Ban menggunakan Michelin Pilot Road 4 190/50 lama bawaan sebelumnya. Idealnya sih menggunakan ban 180/55, tetapi saya ingin memaksimalkan dahulu ban yang sudah ada sampai mentok maksimal.

Oh iya project upgrade ini dibantu oleh Bengkel Modifikasi Danne Motor di Bogor, dengan durasi pengerjaan hampir 1 bulan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.