Di pekerjaan sehari-hari, saat ini saya mengelola beberapa datacenter seperti Azure, AWS sampai dengan Linode, dan untuk ‘laboratorium’ network dan server menggunakan berbagi sistem operasi virtual LINUX seperti CentOS (legacy), Debian dan juga RedHat.

Untuk server, pilihan *NIX dan turunannnya (Linux) masih merupakan platform terbaik karena ringan, gesit dan memiliki sumber kode terbuka.

Beda untuk penggunaan pribadi atau personal.

WIndows 11

Untuk penggunakan pribadi atau personal, keseharian saya masih menggunakan sistem operasi Windows, dan saat ini menggunakan Windows 11 dengan pastinya membeli lisensi asli dari Microsoft.

Sistem operasi tanpa aplikasi yang mumpuni juga tidak akan ada artinya, Windows 11 tanpa aplikasi yang tepat juga tidak akan berarti apa-apa.

Berikut beberapa aplikasi gratis dan freemium yang menurut saya dapat memudahkan dan meningkatkan produktivitas keseharian anda yang wajib anda install di Windows 11 atau Windows 10.

1. Handbrake

Bingung dengan ukuran video yang besar dan sulit ditransfer melalui WhatsApp dan Email ? Pastinya kita akan mencari dan menggunakan aplikasi resize alias pengecil ukuran berkas atau file video yang ringkas, mudah digunakan dan pastinya gratis.

Handbrake ada aplikasi resize video gratis dan yang sangat handal dan mudah digunakan.

Handbrake

Handbrake memiliki kode sumber terbuka, yang dibuat oleh para sukarelawan, aplikasi bagus banget untuk untuk membantu mengkonversi video dari hampir semua format ke berbagi pilihan codec modern yang didukung secara luas.

2. Glasswire

Ingin mengetahui, traffic internet anda melakukan koneksi dan perjalanan kemana saja ? Aplikasi ini cukup ringkas dan sederhana untuk mengetahui komputer anda terkoneksi dan mengirimkan data kemana saja.

Fitus versi gratisnya dapat memberikan informasi lengkap yang berguna bila ada aktifitas pengiriman data dari komputer anda ke berbagai server ke seluruh dunia.

Bila anda menginginkan versi lengkapnya yang memiliki fitur pemblokiran, anda harus mengeluarkan biaya berlangganan.

3. 7-Zip

Pernah mengalami masalah zip file tetapi ukurannya masih besar ? Anda bisa coba menggunaka 7-Zip.

7-Zip adalah pengarsip file dengan rasio kompresi tinggi sehingga akan membuat berkas atau file apapun menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan metode zip bisa.

7zip

Dengan aplikasi 7-Zip ini selain anda bisa melakukan kompresi dalam format .7zip, anda juga masih dapat menggunakan format .zip pada umumnya.

4. Photoscape

Photoscape adalah perangkat lunak pengeditan grafis gratis (free) yang dikembangkan oleh MOOII Tech, sebuah perusahaan berbasis di Korea. Ini adalah aplikasi yang ramah pengguna yang menyediakan berbagai fitur untuk pengeditan dan manipulasi foto.

Dikenal karena kesederhanaannya dan kemudahan penggunaannya, membuat Photoscape sesuai untuk pemula dan pengguna kasual yang ingin memperkaya dan mengubah foto mereka tanpa terlalu dalam dengan kompleksitas perangkat lunak desain grafis yang canggih.

5. TeraCopy

Merasa proses copy dan paste file masih lambat ? Boleh coba TeraCopy. TeraCopy adalah apikasi kategori utilitas untuk transfer berkas freemium yang dirancang sebagai alternatif untuk fitur transfer berkas menggantikan fungsi bawaan Windows Explorer.

Fokusnya adalah kecepatan dalam penyalinan berkas atau file, integritas data, keandalan transfer berkas, dan kemampuan untuk menjeda (pause) atau melanjutkan transfer berkas.

Teracopy

TeraCopy menggunakan buffer yang menyesuakan sendiri secara otomatis dan dinamis untuk mengurangi waktu pencarian berkas. Dengan metode asyncronous, metode ini mempercepat transfer berkas antara dua hard disk fisik.

6. AOEMI Backupper

Apakah Anda sering merasa khawatir dan tidak tenang bila harddisk di komputer atai laptop tiba-tiba rusak?

Ya, harddisk tiba-tiba rusak memang bisa terjadi, apalagi bagi pengguna harddisk tipe Solid State Drive (SSD). Menerapkan strategi backup dengan aplikasi yang handal sepertinya memang sudah menjadi keharusan, salah satu aplikasi yang bisa membantu adalah AOEMI Backuper.

AOMEI adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang dikenal karena produk-produknya terkait dengan backup dan manajemen partisi.

AOMEI Backupper merupakan salah satu produk populer mereka, yang memberikan pengguna kemampuan untuk mencadangkan (backup) dan mengembalikan (restore) sistem, disk, partisi, dan file.

AOEMEI Backupper versi Standard (standard edition) dapat diunduh dan digunakan dengan gratis (free).

7. Snipping Tool

Aplikasi ini akan membuat hidup anda lebih mudah untuk urusan screen capture.

Mirip SnagIt, tapi ini lebih simple dan langsung  tersedia. Menurut saya aplikasi ini sangat intuitif dalam membantu pekerjaan screen capture untuk keperluan membuat tutorial atau bahan presentasi.

snipping tool

Aplikasi gratis ini juga sudah  bisa memilih area (region) tertentu yang akan ditangkap (capture), bisa disimpan dalam  berbagai format , terpenting adalah kita dapat melakukan sedikit Penyuntingan (editing) pada hasil tangkapan layar kita.

8. K-Lite Codec Pack

Apakah anda pernah frustasi dan dipusingkan dengan berbagai macam format video yang seringkali berdampak pada video yang tidak bisa langsung ditonton ?

Pada dasarnya hal tersebut disebabkan oleh aplikasi pembaca (player) berkas video audio yang tidak memiliki codec yang tepat.

K-Lite Codec Pack

Dengan K-Lite Codec Pack, anda tidak perlu khawatir dan pusing lagi dengan berkas video audio yang tidak bisa dibaca. Semuanya langsung terbaca! Pastikan saja anda menginstall versi terakhir K-Lite Codec Pack.

9. KeePass

Apakah anda pernah lupa password atau sandi login anda ? Begitu banyak situs yang membutuhkan input kata sandi dan memang sebaiknya kata sandi tidak boleh ada yang sama antara satu website dengan website lainnya.

Salah satu aplikasi yang aman dan mudah digunakan adalah KeePass. Aplikasi ini menyimpan data di komputer lokal anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir data koleksi password Anda bocor di Internet, kecuali komputer anda diakses oleh oleh orang yang tidak berhak.

10.Dropbox

Instalasi aplikasi Dropbox di komputer akan menyediakan fasilitas untuk menyatukan berbagai berkas atau file di satu tempat terpusat dengan membuat folder khusus layanan Dropbox di komputer pengguna.

Isi berbagai folder dan berkas dibawah folder Dropbox ini disinkronkan ke server Dropbox dan secara otomatis ke komputer serta perangkat lain tempat pengguna menginstal Dropbox, sehingga file yang sama selalu diperbarui di semua perangkat.

Dropbox versi Basic dapat penyimpanan sampai dengan 2 Gigabyte.

Pertanyaan besarnya, untuk penyimpanan di Cloud, kenapa memlilih Dropbox dibandingkan layanan lainnya seperti Google Drive atau One Drive dari Micososft ?

Berdasarkan pengalaman, Dropbox menyimpan dan mensinkronkan file atau berkas tetap dengan bentuk aslinya (native) dan juga Dropbox memiliki aplikasi Client yang lebih handal dibandingkan dengan kompetitornya.

Menggunakan Dropbox seperti menggunakan Windows Explorer biasa.

11.Qbittorrent

qBittorrent adalah apilasi klien protokol BitTorrent gratis (free) dengan sumber terbuka (open source) untuk Windows, macOS, Linux, dan platform lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan berbagi file menggunakan protokol BitTorrent, yang merupakan protokol berbagi file peer-to-peer.

Perbedaan Qbittorrent dengan aplikasi BitTorrent lainnya adalah tidak adanya tampilan iklan yang mengganggu seperti pada aplikasi BitTorrent lainnya.

Dengan potokol BitTorrent, mengunduh berkas dengan ukuran besar bisa menjadi sangat cepat.

Untuk BitTorrent tetaplah bijaksana dalam pengunaannya, karena biasanya anda akan tergoda untuk mengunduh berkas aplikasi, video atau lagu bajakan.

Apakah anda menggunakan aplikasi gratis lainnya yang anda gunakan sehari-hari ? Silahkan isi di bagian komentar.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.