Sebelum pandemi, layanan seperti Pic2Go adalah salah satu layanan tag foto untuk para pelari yang mengikuti sebuah event, teknologi dari luar Indonesia dengan harga yang lumayan mahal.

Perusahaan seperti Pic2Go dan sejenisnya dari manca negara menyebut dirinya platform fotografi terkemuka untuk lomba, dan mereka mempatenkan metode tag foto tersebut sehingga tidak bisa direplikasi oleh pihak lain.

Tag foto disini adalah sebuah perlakuan terhadap foto-foto para pelari di sebuah lomba atau event kasual agar mudah ditemukan oleh individu yang bersangkutan, yang ada di foto tersebut.

Ribuan foto bisa dihasilkan dalam sebuah event, dan hal ini membutuhkan sebuah teknologi khusus agar orang yang difoto dapat menemukan fotonya dengan mudah.

Melihat hal ini, akhirnya saya ngobrol dengan teman-teman di Netfit.id, Netfit.id adalah sebuah entitas komunitas yang didirikan dan dijalankan oleh beberapa orang yang aktif di dunia wellness, lari, sepeda, ultra, marathon dan triathlon.

Hal ini berangkat dari keprihatinan saya dan beberapa kawan dalam melihat implementasi fitur tag foto di berbagi event lari, sepeda dan event sejenisnya lainnya di Indonesia.

Penggunaan vendor luar negeri seakan mencederai rasa kebangsaan saya .. cieee…..

Beginian aja orang Indonesia juga harusnya bisa bikin, tapi kenapa nggak ada yang bikin ya ?

Mau nggak saya buatkan sistem dan algoritma untuk tag foto ?

Begitulah tawaran saya ke teman-teman di Netfit.id dan juga beberapa teman di kepanitian event lari di berbagai komunitas.

“Auto tag foto dalam waktu singkat hitungan detik agar semua foto pada sebuah event dapat dikenali dengan mudah.”

Ekosistem aplikasi di Netfit.id dapat melalukan autotag ribuan foto dalam hitungan menit!

Pastinya teman-teman di Netfit.Id menyambut gembira hal ini, apalagi Netfit.id terkenal sudah memiliki konfigurasi Kluster server yang luar biasa canggih dan modern.

Hanya memanfaatkan beberapa konfigurasi server saya yakin dapat mencapai sesuatu yang jauh lebih baik dari metode Pic2Go layanan sejenisnya lainnya.

Mungkin saya tidak bisa menceritakan lebih detail bagaimana implementasi teknologinya, karena ini pasti rahasia dapur Netfit.id.

Pastinya, teknologi ini melibatkan pemrograman, algoritma, machine learning (ML), artificial intelligence (AI) , serta automation yang terkait juga dengan penggunaan teknologi dari beberapa partner.

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk menghilangkan ‘Monkey Work’

Peran saya disini hanya melakukan sedikit pemrograman dan implementasi di server-server milik Netfit.id

2 women running on road

Dalam hitungan kurang dari 1 menit setelah diupload, para peserta yang mengikuti event outdoor dapat dengan mudah menemukan, mengakses dan mengunduh foto mereka di situs Netfit.id hanya dengan memasukkan nomor BIB.

Silahkan menuju halaman Galeri Netfit berikut ini untuk mencoba pencarian.

*Diditho.com manage by Gagas Lintas Media in partnerhsip with Netfit.id

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.