Satu bulan lalu, notebook Thinkpad T61 kantor tiba-tiba mati total, setelah diselidiki ternyata penyebabnya fan notebook yang sudah tidak bekerja dengan maksimal sehingga menghancurkan chip VGA Onboard dan harus ganti Motherboard tentunya.

Setelah browsing dengan paman google, ternyata fan merupakan ‘penyakit’ dari Thinkpad T61. Sialnya tidak hanya harus ganti Motherboard, harddisk juga terkena bad sector.

Pada awalnya saya akan mengganti dengan harddisk biasa yang masih berupa cakram magnetic, tapi saya teringat dengan harddisk jenis baru yang jauh lebih cepat dengan teknologi yang sering disebut dengan Solid State Drive (SSD).

Pilihan SSD tidak muncul pertama, hal ini karena mengingat harganya yang sangat mahal. Tahun lalu harganya masih sekitar 5 jutaan untuk SSD yang baik.

Iseng-iseng ngecek harga, eh ternyata sekarang kondisinya jauh berbeda. SSD yang baik dengan kapasitas besar sudah bisa didapatkan dicakupan harga 1 sampai 2 juta.

Nggak lama-lama, akhirnya saya memutuskan penggunaan SSD Corsair Force GS 240 GB. Ternyata SSD memiliki beragam controller, dan mengapa saya memilih ini ? Dari beberapa review , salah satunya techpowerup, jenis ini merupakan SSD dengan performance baik dan harga terjangkau (best value).

Force Series GS solid-state drives are powered by a SandForce SF-2200 Series controller and fast Toggle NAND memory for fast sequential read/write speeds and strong random write performance for impressive real-world performance. – Corsair

Sekarang harddisknya sudah datang, tapi notebooknya belum selesai ‘opname’.

 

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.