20 Aplikasi Gratis Windows 7

My Windows 7 desktopSetiap hari saya menggunakan sistem operasi Windows 7, dan ini murni karena alasan produktivitas. Pernah merasakan Mac OS milik adik ipar yang kuliah di jurusan desain, juga pernah mengutak-atik OpenSolaris , Ubuntu dan Fedora, menyenangkan sih, tapi saya tidak dapat berbuat banyak dengan OS tersebut, tuntutan aktivitas sehari-hari saya mengharuskan penggunaan OS Windows. Semenjak MSFT (baca:microsoft) mengeluarkan Windows 7, saya benar-benar dibuat takjub dengan generasi OS yang satu ini.

Sangat gegas dalam komputasi dan memiliki fitur personal dan enterprise yang melimpah.

Sistem Operasi tanpa aplikasi yang mumpuni juga tidak akan ada artinya, Windows 7 tanpa aplikasi yang tepat juga tidak akan berarti apa-apa.  Berikut beberapa aplikasi gratis yang menurut saya dapat memudahkan dan meningkatkan produktivitas anda yang wajib anda install di Windows 7.

Paling tidak aplikasi gratis berikut ini akan mendorong anda menggunakan aplikasi non bajakan.

1. Snipping Tools

Aplikasi ini akan membuat hidup anda lebih mudah untuk urusan screen capture. Mirip SnagIt yang berbayar, tapi ini lebih simple dan langsung  tersedia semenjak instalasi Operating System (OS). Menurut saya aplikasi ini sangat intuitif dalam membantu pekerjaan screen capture untuk keperluan membuat tutorial atau bahan presentasi

2.7Zip

Merupakan aplikasi kompresi/dekompresi gratis yang memiliki sumber kode terbuka (opensource). Saya sangat menyukai dukungan kompresi/dekompresi yang sangat beragam , mulai dari 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM. Cukup dengan satu aplikasi ini anda tidak lagi membutuhkan aplikasi lainnya yang penuh kerterbatasan feature dan kadang anda diharuskan untuk membayar.

3.Adobe Reader X

Siapa yang tidak kenal format Portable Document Format (PDF) ? Jenis berkas yang paling sering digunakan dengan tujuan agar berkas tersebut tidak bisa diedit lagi. Aplikasi Adobe Reader X (atau berapapun versinya) akan dengan mudah membantu anda membaca, mencetak dan memberikan komentar pada berkas PDF. Aplikasi ini juga memungkinkan anda berinteraksi dengan berkas PDF tipe Form dan Multimedia.

4.K-Lite Codec Pack

Apakah anda pernah frustasi dan dipusingkan dengan berbagai macam format video yang seringkali berdampak pada video yang tidak bisa langsung ditonton ?

Pada dasarnya hal tersebut disebabkan oleh aplikasi pembaca (player) berkas video audio yang tidak memiliki codec yang tepat. Dengan K-Lite Codec Pack, anda tidak perlu khawatir dan pusing lagi dengan berkas video audio yang tidak bisa dibaca. Semuanya langsung terbaca! Pastikan saja anda menginstall versi terakhir K-Lite Codec Pack.

5.InfraRecorder

Aplikasi ini merupakan solusi untuk burning CD atau DVD.  Walaupun gratis dan masih membutuhkan waktu untuk berkembang, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa menandingi aplikasi sejenis yang berbayar seperti Nero.

6.Microsoft Security Essentials

Bila anda membeli sistem operasi Windows 7 yang asli, maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus yang dapat merusak komputer anda. MSE adalah aplikasi antivirus, anti malware dan anti program jahat yang dapat diunduh gratis dari Microsoft.. Tidak perlu lagi antivirus berbayar bagi komputer pribadi anda.

Kabar baiknya, bila anda seorang pengusaha kecil menengah (ukm) yang memiliki komputer kurang dari 10, anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

7.Digsby

Pernah pusing dengan banyaknya account messenger  (ym,gtalk,msn,aim etc),  bingung dengan banyaknya account facebook, twitter, linkedin dan email  ?? Tidak tahan dengan banyaknya aplikasi yang harus diinstall dan gunakan ? Dengan Digsby nggak perlu repot, semuanya diatur dalam satu tempat, satu aplikasi untuk semua!

8..KeePass

Salah satu kebiasaan berinternet yang aman adalah dengan memiliki banyak akun dan password berbeda untuk berbagai keperluan beraktifitas di dunia maya.

Dampak ‘buruknya’, anda diharuskan memiliki sistem management password yang handal dan aman.

Solusinya adalah denga menggunakan KeePass. Aplikasi ini gratis, ‘ringan’ dan memiliki sumber terbuka (opensource) yang berguna untuk memanage password dengan mudah dan aman menggunakan enkripsi AES-256.

9.Notepad++

Adalah aplikasi yang dibuat berdasarkan komponen editing Scintilla yang ditujukan untuk menggantikan Notepad. Anda sering menggunakan Notepad ? sebaiknya anda mencoba aplikasi ini, lebih kaya feature.

10.Windows Live – Movie Maker

Merupakan bagian dari aplikasi Windows Live Essentials yang dapat digunakan untuk membuat film dengan mudah, menyenangkan dan tidak kalah dengan aplikasi canggih berbayar lainnya seperti Pinnacle atau Adobe Premiere. Bila anda memiliki koleksi gambar dan video keluarga yang hanya menumpuk menunggu jamuran di harddisk. Dengan sedikit sentuhan usaha anda bisa membuat film yang menghibur.

11.Windows Live – Photo Gallery

Merupakan bagian dari aplikasi Windows Live Essentials yang dapat digunakan untuk melihat foto dengan mudah dan menyenangkan.

12.Paint.Net

Project ini berasal dari project kampus yang dimentori oleh Microsoft, dan sampai sekarang masih terus dikerjakan (dikembangkan) oleh penciptanya. Awalnya aplikasi ini ditujukan untuk menggantikan Ms Paint yang tertanam di Windows. Saat ini aplikasi Paint.net telah berkembang menjadi aplikasi pengolah gambar yang sangat powerfull dan juga simple.

13.Recuva

Aplikasi ‘ajaib’ ini akan mendapatkan dan mengembalikan berkas anda walaupun sudah menghilang dari RecycleBin!

14.Mozilla Firefox

Ngomong soal idealisme, perambah yang satu ini memang yang paling mewakili nilai-nilai komunitas dan organisasi nirlaba yang sehat, selain itu fitur yang paling  saya gemari adalah ‘Master Password‘. Fitur ini yang membuat saya tidak tertarik dengan perambah lain, terutama Google Chrome! Hal yang paling mengecewakan dari Google Chrome yaitu tidak adanya ‘Master Password’ padahal perambah tersebut menyimpan user dan password, WTH Chrome! So I’ll stick to Mozilla Firefox.

15.Skype

Sering berpergian jauh membuat saya membutuhkan aplikasi video chat yang handal dan mudah digunakan. Dengan Skype video chat jauh lebih menyenangkan, apalagi sekarang sudah terintegrasi dengan Facebook.

16.SugarSync atau LiveMesh

aplikasi penyimpanan dan sinkronisasi berkas secara online ini merupakan yang terbaik diantara lainnya, kemampuannya untuk memilih folder tertentu menjadikannya unggul dari kompetitiornya. Kapasitas 5 GB sepertinya sudah cukup besar sebagai tempat penyimpanan berkas kerja penting.

17.FBackup atau Cobian Backup

Merupakan aplikasi favorit saya untuk melakukan backup. Mudah, fiturnya lengkap, serbaguna dan terpenting gratis! Aplikasi ini dapat berjalan di Windows 7, Vista, XP, 2000 dan  2008/2003/2000 Server (32 dan 64-bit). Fitur FBackup dan Cobian Backup yang saya sukai adalah schedule dan memiliki fitur pemeriksaan berkas apa yang bertambah (Diff Backup). Untuk aplikasi gratis, rasanya belum ada yang bisa mengalahkan fitur FBackup dan Cobian Backup

– update 18 Juli 2012 –

18.Photoscape atau Pixlr – O – Matic

Mengolah gambar yang kita ambil menggunakan kamera poket digital, DSLR atau handphone seringkali menyebalkan dan menyita waktu. Dengan aplikasi Photoscape atau Pixlr – O – Matic semuanya jadi lebih mudah, dalam hitungan detik anda bisa dengan mudah mengolah gambar menjadi lebih menarik dan dramatis!

– update 18 Juli 2012 –

19.Orbit Downloader

Mengunduh (Download) di Indonesia seringkali menjadi aktivitas yang menyebalkan. Untuk mengantisipasi bandwith yang cekak dan besarnya materi yang akan diunduh , paling ideal dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa mengatur aktivitas download. Mengatur artinya aktivitas download bisa disambung kemudian waktu dan stabil, menurut saya Orbit Downloader masuk kategori tersebut.

20.MetroTwit

Pasti anda kenal dengan micro blogging yang satu ini. Walapun tidak setenar Facebook , kemungkinan besar anda memiliki account twitter untuk membuntuti artis idola anda. Pecandu twitter atau pengguna biasa, pastikan anda mencoba aplikasi bercitarasa ‘Metro’ ini, MetroTwit akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan menyegarkan..

*halah*

 

4 Comments on 20 Aplikasi Gratis Windows 7

1Pingbacks & Trackbacks on 20 Aplikasi Gratis Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>