Merakit / Upgrade Sepeda Gunung, 2nd Step…

matt tfs 900Setelah merakit sepeda gunung , akhirnya hampir tiap minggu saya selalu bersepeda offroad bersama komunitas di kantor atau sendiri (solo). Berdasat survey (buset kayak ac nielsen …) di komunitas dan pengalaman pribadi, bila sudah kecanduan bersepeda gunung dan memiliki kesempatan untuk mempelajari komponen sepeda gunung dengan seksama, maka akan timbul suatu keinginan untuk memperbaiki komponen sepeda kita sendiri. Istilah kerennyaUpgrade.

Mirip-mirip komputer jangkrik lah. kalo udah kecanduan main game yang berat-berat pastinya kepengen upgrade processor lah, memory, kartu grafis dan lain-lain. Sepeda juga sama aja pengen upgrade crank lah, rd, fd, frame

Hampir semua teman-teman besepeda di KGC memiliki sepeda gunung yang pasti sudah tidak perawan lagi (salah satu komponennya sudah di ganti dengan yang lebih baik) dengan berbagai alasan tentunya.

Akhirnya RACUN sepeda itu (begitu biasa disebut) mengena juga pada tungganganku :-).

Upgrade berbagai kompenen yang saya lakukan disesuaikan dengan kebiasaan saya bersepeda offroad di medan tanjakan, XC (Cross Country) dan Light AM (All Mountain).

untuk DownHill (DH)…… nggak ikutan deh…..

Yang sudah di Upgrade…

01. Frame (Rangka)

my merida at nightAkhirnya frame idaman itu kebeli juga, MERIDA Matts TFS 900 warna biru, nemu di B-Bike. Kenapa milih MERIDA? hemmmm… kalo soal frame sangat personal, sulit diungkapkan…hehe.. i just like the look and price thats all…. πŸ™‚ . Yang jelas frame ini untuk Cross Country (XC). Test Ride pertama frame ini saya gunakan untuk gowes dari PALMERAH (Jakarta Barat) sampai CIBINONG (Bogor)!!!.

PALMERAH- CIBINONG = 40 KM ; 2,5 Jam NON STOP!

02. Crank (CR) (kayuh + Gear Depan)

my hollowtech II Crank serie Alivio saya ganti dengan Shimano XT 2008 (FC-M770) yang lebih ringan dan menguras kantong tentunya. πŸ™‚ .Setelah saya cek dan teliti, ternyata komponen ini menyumbang kontribusi berat yang lumayan besar untuk Group Set (Drive Train).Selain beratnya yang ringan, crank ini juga mengunakan teknologi HollowTech II yang tidak menggunakan Bottom Bracket (BB) sehingga bila diamati bagian porosnya bolong seperti permen polo.

03. Shifter

finger play Shifter (pemindah kecepatan) yang berada di bagian steme (stang) juga saya ganti dengan Shimano XT 2008 (SL-M770 – 2 Way release) . pergantian ini lebih pada shifter yang lama tidak bisa menangani 27 speed, yang lama hanya bisa untuk 24 speed. kaget juga dengan harga komponen kecil ini.

04. Rear Derailur (RD)

Komponen yang bertugas melanjutkan perintah shifter untuk memidahkan tingkat kecepatan pada Cassette (gear belakang) ini juga saya ganti (harus). RD untuk 8 speed yang lama saya ganti dengan RD Shimano XT 2008 (RD-M771-GS) yang sesuai dengan Cassette 9 speed yang saya inginkan. RD Shimano Xt 2008 memiliki beberapa tipe, ada yang standart seperti gambar dan juga ada yang memiliki tuas/tangkai yang pendek agar tidak mudah tekena benturan, tipenya disebut “Shadow”. Tipe “Shadow” lebih mahal beberapa puluh/ ratus ribu rupiah.

03. Front Derailur (FD)

Masih Menggunakan Tipe Shimano Deore (tidak uprade). Lebih pada Komponen ini masih bisa digunakan pada Crank dan Frame yang baru.

05. Cassette (CS) (Gear belakang)

cassetteHal pertama yang ingin saya ganti adalah komponen ini (cassette). Saya lebih menyukai medan tanjakan dan cross country, sehingga kebutuhan akan variasi kecepatan yang lebih banyak menjadi tuntutan tersendiri. Delapan (8) Kecepatan sangat berbeda dengan Sembilan (9) kecepatan. Cassette serie alivio akhirnya saya ganti dengan Cassette Shimano XT 2008 (CS-M770).

06.Cleat Pedal

Komponen yang satu ini tidak memikat semua pengguna sepeda gunung. Penggunaanya pun butuh penyesuaian tersendiri. Bagi pemula, seringkali komponen ini membuat pengendaranya terjatuh dari sepeda yang baru berhenti karena lupa melakukan tindakan pelepasan kait. Alat ini berguna agar cengkraman telapak kaki tidak mudah terlepas dari pedal . Tujuannya agar kayuhan menjadi lebih efisien karena ada “kait” antara pedal dan sepatu (sangat berguna untuk medan tanjakan). Selain Pedal khusus juga dibutuhkan sepatu khusus.

07. Chain (CH)

Rantai untuk 9 speed ternyata berbeda untuk 8 speed (alivio,altus). Akhirnya Rantai diganti ke tipe Shimano CN-HG93. Menurut spesifikasi teknisnya ,tipe rantai ini direkomendasi untuk groupset XT. Hati-hati dalam menyambung rantai ini, gunakan pin berwarna hitam sebagai titik sambungnya. Bila asal menyambung/potong tanpa menggunakan pin hitam, rantai akan mudah lepas.

08. Rim(s)

A.k.a velg , pelek (betawi). Menggunakan www.alexrims.com tipe SX 44, karena sepeda akan digunakan untuk AM (tidak hanya XC) jadinya pilih yang agak lebar dikit (dibanding tipe EN 24 atau XD Light). Rim ini khusus untuk disc-brake saja. Penampilannya juga lumayan. Kalo lihat-lihat di toko, pilihan warnanya ada hitam, putih dan merah. Pengennya sih pake tipe XD Light tapi udah keburu nafsu ganti wheelset.

09. Spoke (Jari-Jari)

Menggunakan jari-jari dari bahan dasar alumunium, walaupun agak mahal tapi lebih ringan. Perbedaan harga dengan jari-jari biasa bisa mencapai seratus ribu rupiah. Sebisa mungkin saya menggunakan komponen yang ringan dan menurut saya seratus ribu tidaklah terlalu mahal. πŸ™‚

10. Front Hub dan Rear Hub (FH + RH)

Hub adalah komponen sepeda yang berada ditengah ban dan berfungsi sebagai poros (as). Pada umumnya hub ini terbagi menjadi 2 sistem , yaitu Ball Bearing dan Sealed Bearing. Awalnya saya menggunakan hub Ball Bearing (Shimano Series – VIAM M475), setelah itu saya ganti dengan yang menggunakan Sealed. Alasan utamanya, ternyata sistem Sealed Bearing membuat putara hub menjadi lebih Reliable dan Smooth. Pilihan jatuh Sealed Bearing merk Novatec,

Gosh! what an expensive little component…

11.Seat Post

Terpaksa harus ganti ke seatpost Kalloy untuk disesuaikan dengak ukuran frame baru. Frame Merida Matts TFS 900 menggunakan diameter 31 an mm. Karena Seatpost baru ini lumayan berat, rencananya akan saya potong. Maunya sih Seatpist Thomson yang keren dan ringan itu… tapi harganya ituloh… :-p

Yang akan di upgrade…

01. Brake (BR)
hayer rotorMasih menggunakan disc brake mekanik shimano non series. Rencananya akan upgrade ke Hidrolik yang tidak bikin pegel..

Hayes 9 XC sepertinya boleh juga tuh.. πŸ™‚

Update 12 Mei 2008:

Menggunakan Brake hidrolik Hayes 9 XC dengan rotor 8 inchi (maunya pake versi stroker, tapi belum masuk indonesia.. hehe). tapi kemahalan J. Baru saja di tes di depan rumah, pakem banget J. Fitur desain flip-flop memungkinkan penempatan tuas rem yang lebih fleksible, rem depan atau belakang bisa ditempatkan di tangan kiri atau kanan (nggak masalah). Great..!!!

02. Fork (Suspensi depan)

Fork Fox 32 F Series R masih menggunakan RST GILA T7, buset deh fork ini keras banget. πŸ™‚ Rencananya kan diupgrade menggunkan fork menggunakan Udara(Air) yang bobotnya jauh lebih ringan dari tipe Cair (fluid).

Upgrade Kedua item tersebut Nunggu duitnya dulu…hahahaha… , nabung satu tahun lagi kali ye…

Update 31 Desember 2008:

Setelah menunggu satu tahun, akhirnya fork depan menggunakan FOX 32 R (comotan dari giant trance).

Setelah itu harusnya sih SELESAI!!!!!

Pesan Moral: Kalo ingin serius….

gunakan 27 speed (9 x 3) , rem cakram hidrolik , Fork yang ringan dan biar nggak cepat bosan gunakan Frame yang keren (ori atau generik) ! hehe….

127 Comments Merakit / Upgrade Sepeda Gunung, 2nd Step…

  1. Ano
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Om didit tolong kasih komentarnya nih thanks b4.
    Saya mau ngerakit sepeda MTB XC buget 3jt untuk OnRoad dan OffRoad Cross Country.
    Kebetulan ada yg menawarkan sepeda second kondisi 95%, barang2xnya original katanya.
    Spesifikasi:
    GIANT XTC 3 warna kuning silfer.
    Shock XCM SR Suntour.
    Sifter RD FD Deore 9speed.
    Rem dis depan belakang Avid.
    Pelex Giant FourBySix depan belakang.
    Stang MJ.
    Headset Giant.
    Jok Specialiced.
    Ban Maxis RunReser WT all mountain depan belakang.
    Harga sepeda 4,1jt.

    Menurut Om Didit sepeda diatas murah atau mahal maklum masih newbie di dunia MTB. Om kan kerja di Palmerah sedangkan rumah saya di Palmerah, mungkin kalau ada waktu saya bisa melihat sepeda Om Didit biar kena Racunnya he3x.

    Reply
  2. gun
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    soluasi Upgrade memang lebih baik untuk yg baru ikut2 dan belum mantab main sepeda, saya awalnya pakai sepeda anak saya, WIM Cycle, cuman setelah saya nikmati dan rasakan, enak juga olah raga ini disamping saya juga bandminton. beberapa rekan hoby sepeda ini bilang kalau upgrade ada lebih dan kurangnya, misal kita seolah-olah kredit secara perlahan nanti ganti komponen, tetapi lumayan nguras kantong lho…! karena saya sementara pake sepeda anak yg cukup saya pakai untuk berkeringat dan kumpul sama tukang sepeda, makanya saya ga beli dulu, biarin tahan malu dikitlah…., nah pas sdh ada dana dan makin demen sepeda, baru saya cari yg agak lumayan, ngincer KHS Ori dengan Group Set (Full) Deore LX, lumayan kena 8,5 jeti, tapi saya berusaha enggak upgrade sampai bosan sepeda ini, kalau bosan tak kasih nanti…hi…hi…
    ini pengalaman saya, jadi enak yang mana? upgrade ato langsung yang mantab? tergantung si kantong…..

    Reply
  3. john
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Ayo om, upgrade lagi.. Saya siap nampung frame nya, hehehe… Kalo boleh tanya harga frame nya dpt brp? Setelah make performanya gmn?? Kalo bisa di review di sepedaku om.. Sory, lg naksir berat sama Merida nih.. hehehehe..
    Thanks

    Reply
  4. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    kalo soal harga langsung telpon ke b-bike aja, ada di bagian 'toko sepeda'. review di sepedaku? hemm, kalo cuma punya satu frame(sepeda) sulit lah.., nggak ada perbandingan. Yang jelas, kalo soal tampilan, merida memang 'seksi'.. :-p

    Reply
  5. abdillah
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Makasih om, ini sangat helpful sekali.. sy jg sedang upgrade ke merida.. sy sdh upgrade fork ke enduro spinner, untuk frame merida yang cocok apa ya

    makasih
    abdillah

    Reply
  6. abdillah
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Cross Country om (buat BTW buat naik gunung bisa), yang harganya ga mahal2 tapi enteng.. terus untuk ban sebaiknya apa ya.. many thanks

    Reply
  7. Aziz
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    wah ngiler nih liat merida-nya, ngomong" merida generik ada ga yah :p
    mau nanya om, group set shimano deore xt sekarang berapa yah?

    Reply
  8. Joko
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Om…
    Sepeda saya msh 7sPeed shimano tourney.saya mao upgrade ke 8/9speed,kr2 pa ja yang harus dganti,dan berapa biaya yang harus dkeluarkan..?mohon pencerahanny,maklum pendatang baru…

    Reply
  9. dwi
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    alo om..
    numpang tanya2 ya.. sy pemula nie spda sy wim roadtech mnrt om gmn pilihan sy tpt g y..? dr segi qualitas n kuat g ya dipake offroad.. oia om sering bunyi di cakramnya pke zoom apanya ya… klo ganti pke shimano dijamin alus ga ?
    tks

    Reply
  10. herry azis
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Klo mau upgrade sebaiknya liat2 dulu penggunaan sepedanya, klo cuma utk putar komplek saja, menggunakan komponen yang biasa2 saja sudah cukup koq…tapi klo memang menginginkan penggunaannya utk medan XC akan lebih baik lagi kalo di upgrade dan akhirnya semuanya tergantung dari kemampuan kantong dan dengkul kita…

    Reply
  11. lanang bumens
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    halo om,
    saya masih pemula untuk pengguna sepeda, om kalo frame alloy merk wimcycle bagus ndak ya…maturnuwun om

    Reply
  12. dhyan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Waw…kerennnn….
    Pak kalo tdk keberatan mhn sekalian harga detail partnya di infokan dong, sekalian dengan aprt alternatif / generic utk tipe low end nya
    TK

    Reply
  13. ari
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    lam kenal mas, saya mo ngerakit sepeda , dimana toko sepeda buat ngerakit sepeda yg murah di wilayah jakarta ?? thanks

    Reply
  14. pascal
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Pak klo tdk keberatan framenya saya beli deh… Bpk beli yg lebih bagus aja coz saya naksir berat ma warna ma merknya…klo okeh plis PM saya…thx

    Reply
  15. rafi
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    slm knl, nc sy lagi rakit, msh bingung mutusin bli fork XCR LO at RST First, soal hrg jauh beda sh, mohon pencerahannya..trims

    Reply
  16. zul qisthi
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    om, saya baru beli xtrada tapi mau tuker sama frame dominate .. kira2 semua komponen bawaan xtradanya bisa dipasang semua gak di frame dominate ??
    mohon pencerahannya ya om, trimss ..

    Reply
  17. Taufan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Pak Didit,saya ada budget 3 juta,mo'nya sih pengin beli sepeda yg langsung jadi (polygon Xtrada)tapi setelah liat testimoni (Racun) di atas.. Hehehehehe. jadi pengen ngerakit sepeda juga. mohon di bantu pak Didit,sesudah dan sebelumnya terima kasih.. note : tinggi 183/ 87 kg – mintanya sih sepeda dengan ukuran kekar juga kayak pemiliknya nantinya πŸ˜‰

    Reply
  18. eb satriyo-ledeng
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    jadi keracunan dek ama om didit….. gue udah pake polygon (ganti 3kali merek sama), tapi udah bosan mo update juga….racun….racun…tapi seneng and sehat …..

    Reply
  19. Zul Banjar
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Aku sudah memasuki bulan ke 7, ternyata nikmat sekali bersepeda. Apalagi di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan sudah banyak komunitas penggemar sepeda bermacam bentuk dan jenis. Yang jelas badan sehat dan tidak mengotori lingkungan, bebas asap

    Reply
  20. Taufan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    budget sekiranya jika saya mw buat dari nol dengan kelas high end gimana ya mas??

    btw.. keren sepedanya.. saya masi pake FEDERAL.. *gubrak!!

    Reply
  21. FaJra
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Om,,Ku minta pertimbangannya ne,,
    saya anak surabaya yg awam skali mslh onthel,,kemarin dtawari part onthel sharga 1 jt,,,Partx: CRANK SHIMANO 70GS,BB SHMANO UN26,SHIFTER SHIMANO V-BRAKE,FD SHIMANO C201,RD SHMNO ACERA,
    VELG SUNRISE+BAN, SPROKET SHIMANO MEGA-RANGE 8SP,HUB NANHAI,FREHUB SHMANO PARALAX,STEM ZOOM,
    STEM ZOOM,V-BRAKE LOGAN,SEATPOST KALLOY+SADEL,HEADSET RITCHEY.
    menurut om ne tmasuk murah ato mahal ya???? Trim's

    Reply
  22. Heri
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Selamat Pagi Mas Dit, aku baru mau beli sepeda bulan ini, kalo menurut mas merk apa yang cocok untuk sepeda dengan budge 3 jt, kalo united merk apa? atau polygon merk apa? atau baiknya harus ngerakit yah…? untuk info pemakaian nya ditujukan untuk b2w dan pegunungan trek medium, Mas… kalo bisa sih sepeda yang nanti saya beli ini tangguh dan tidak malu maluin (nice look) kalo diajak jalan dan ketemu sama bikers lainnya. Thanks yah atas infonya…

    Reply
  23. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Untuk saat ini menurut saya, United Dominate cocok untuk memulai merakit sepeda. Harganya nggak mahal dan bentuknya keren, tinggal cari ukuran frame yang sesuai tinggi tubuh. Semoga membantu

    Reply
  24. Pingback: 5 Hal Buruk Ketika Bersepeda Offroad - diditho{dot}net

  25. Pingback: Merakit Sepeda Gunung - diditho{dot}net

  26. HarI SM
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Salam kenal, ingin pencerahan saya pemula sebagai tukang goes walaupun hanya sekali seminggu. Apa pengaruh yang lebih mendasar antara groupset dengan hubs.

    terima kasih
    Wassalam

    Reply
  27. boncon
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    om Did, salam kenal ya ..
    tu de poin aja..begini,
    sejak sebulan yll sy pake Polygon Cozmix CX 3.0 .. unit itu disarankan hanya utk leisure xc, tapi justru saya siksa utk dh .. hingga timbul masalah pd hub belakang. Sljtnya sy mau ganti hub depan dan belakang dg hub bearings yg 'katanya' lebih kuat utk disiksa.

    utk hub depan gak ada masalah, cuma kalo yg belakang diganti, agar seragam tentu yg depan jg kudu diganti..persoalannya adalah hub depan as-nya pake trough axle (TA) yg poros as-nya nyantel ke fork melalui lubang, bukan masuk dri bawah kyk quick release (QR) .. utk menghemat biaya, sy msh ingin mempertahankan agar fork dg as TA itu tetap bisa dipake tetapi dg hub baru yg bisa / cocok dg ukuran as TA tsb

    mhn petunjuk dan pencerahan dari Om .. kira2 merk dan spek seperti apa yg mesti sy hunting dipasaran.
    tks a lot !

    Reply
  28. Leo Putra
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Selamat siang om….
    Nama saya leo, di cikarang…
    Mau nanya nich…tolong dong alamat tempat om beli jari2 alumunium…dan mana yang lebih bagus H/FH32H dengan H/FH36 hole( dlm arti spec yang lain sama )
    thank Om….

    Reply
  29. Riyanto
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas Dit, selamat pago, minta tolong infonya mas…. antara polygon xtrada 4.0 dan united avand untuk harganya hampir sama, menurut Mas kalo dilihat dari semua spec nya saya sebaiknya pilih yang mana yah?

    Reply
  30. martinus
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    bos did, saya punya sepeda federal mau d recon alias d bangun ulang soalnya sudah 10thn tdk saya pakai…. bisa kasih info gak kira2 brapa gugetnya kalau sparepat yg masih bs di gunakan itu frame, stang+leher dan gear blakang.
    bs kasih info untuk sparepat yg tdk terlalu mahal yg nanti nya bs sy gunakan di federal saya.
    bdw thx bos didtho

    Reply
  31. champ baraba
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    keren….btw msh ada sepedanya ampe skrng om? kalo msh ada XT group set-nya msh oke ga ampe hari ini?
    Om boleh nanya ga…..kalo mau nge-cat sepeda yg lumayan bagus d jakarta dmn ya…? barangkali Om tau….
    thanks

    Reply
  32. andrian
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    salam kenal…saya mau minta pendapat om…menurut om harga komponen2 sepeda gunung di amerika harga nya jauh ga sama di indonesia?(saya kerja disana rencana nya nanti klo pulang saya pengen merakit sepeda dan bawa dari part2 nya)

    Reply
  33. toxxx
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    om, nanya donk,,
    kira2 frame apa ya yg kuat??
    baru mw rakit nih om,,
    tp bingung,, mw nya maen xc ama pen nyoba light DH..

    tp kalo frame full susp, apa kuat ya shock belakang nahan berat 100kg,, πŸ™ soalnya kn pasti d pake loncat walo ga gitu tinggi,,,

    kalo ada ym boleh d add dunk om, biar bisa nanya2,, πŸ™‚
    dtox_here

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *