Perlengkapan Sepeda Gunung

Beberapa bulan lalu saya memutuskan memiliki/merakit sepeda gunung untuk menyalurkan hobby berpetualang dan berolahraga. Ternyata saat ini saya sudah dalam fase kecanduan yang hebat. Walapun sendiri (solo), hampir tiap setiap minggu saya selalu bermain sepeda di bukit Hambalang.

Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Jadi berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill) dan kisaran harganya.

Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
Harga mulai: Rp.450.000,- an
Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
Harga mulai: Rp 95.000.- an
Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
(non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an
Rescue tools (allen key plus set).
Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
Harga mulai: Rp.25.000,- an
Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
Harga mulai: Rp.20.000,- an
Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
Harga mulai: Rp.20.000,-an
Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
Harga mulai: Rp.25.000,-an
Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
Harga mulai: Rp 12.000,-an
First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
Harga mulai: …
Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya :-). Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
Harga mulai: Rp 250.000,-an
Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
Harga mulai Rp 155.000,- an
Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
Harga mulai Rp 350.000,- an
Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan :-)
Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan? :-)
Penahan lumpur (mud fender).
Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
Harga mulai: Rp 35.000,- an
Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)
Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.

Harga mulai: Rp 100.000, -an

Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
Harga mulai: Rp 60.000, -an

145 Comments Perlengkapan Sepeda Gunung

  1. bayuwhy
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    top bgt… jangan keasikan gowes sendiri Om, harus sama komunitas… saya pernah jatuh pas main MTB dan robek di lengan, masuk UGD dan dapet 23 jahitan, ngga kebayang deh kalau saya gowes sendiri siapa yang nolongin…
    hydropacknya bisa dikurangi dikit tuh… buatan Boogie Rp 70.000 + water bladdernya Rp. 80.000

    Reply
  2. fauzy
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    saya pengen tau apa maksud /arti dari istilah d bawah ini :
    a.All Mountain h.Road Bike
    b.Dirt Jump i.Hard Tail
    c.DH j.Downhill
    d.Road Racing k.MTB
    e.Cross Country l.Hamanten
    f.XC m.Dual Suspension
    g.Freeride n.Quad Suspension
    kirim infonya ke : [email protected]

    Reply
  3. Dinie Iswara
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Hi,aku liat foto sarung tangannya,btw dijual ngga tuh,aku lg cari buat tmn2 biker nich…tolong kasitau harga grosirnya klo emang jual,email aja,makasi ya….

    Salam,

    Dinie

    Reply
  4. Jaya di Kusumah
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Saya bikin tas buat bawa unit sepeda dengan 2 langkah dan 2 langkah bila perlu operasional dan siap jinjing.(tanpa ritzliting artinya bebas macet dan kendala rusak/jebol). kesatu lepas ban depan, kedua kendorkan stang dan buat sejajar dengan frame, ketiga turunkan sadle (kalau perlu), keempat lepas pedal (kalo perlu). Kalau tidak dipakai bisa digulung gedenya separohnya sleeping bag. Harganya Rp 150.000 ,- Bisa dibeli di "ADAT Custom & Accesories bicycle" jalan raya Jombang kiri jalan masuk dari jalan elang bintaro kekiri arah stasiun sudimara(arah menuju GPG)

    Oks. Informasi bahan dan pemakaian sudah teruji keliling indonesia.

    Reply
  5. M. Rahmady
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Halo Mas Didit,
    Saya Mo Tanya untuk perlengkapan Sepeda gunung diatas kalo di Surabaya dimana aja bisa Saya dapatkan?…Harga Murah Kualitas Bagus.
    Terima Kasih.

    Reply
  6. George Wanda
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Gw gaya hidupku udah bergantung dengan sepeda walaupun perkengkapan tidak selengkap kalian tpi gw tettap berpetualnag dimedan yang berat gw asli Papua…………………………….berikut foto ku…
    Selamata kenal mas…sukses untuk kamu

    Reply
  7. fadly
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    om saya mau nanya….skarang-skarang ini saya lagi suka dengan sepeda gunung dan saya blom punya,saya ingin tanya di mana toko trelengkap sepeda gunung yang berada di bekasi ato di jakarta.
    terima kasih

    Reply
  8. miekk
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    cak didit, Mo nanya nih soale q bingung mo bli frame . frame polygon DX cosmic (Rp 1.200.000) tu bagus ndak ? klo d bandingin ma S work yg kta cak didit cm 450rb pdhl di sini (Malang, jatim) hargax 850rb ? aq masih pemula cak . satu lg, barang" polygon tu bagus g seh ? soale d kepala saya tu mikir klo polygon g awet" amat . matur sembah suwon cak didit.

    Reply
  9. uut
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    saya coba bantu jawab cak miekk……
    setau saya frame cozmic utk polygon udh bagus banget. kl beli 1 set bike ajah mahal. wajarlah kl frame nya mahal. Tinggal tipe cozmix nya apa dulu nih, kan macem2. kl masalah frame S-Works generic/ "aspal" buatan lokal harganya berkisar 350rb – 800rb saya udh survey ndiri. frame s-works original bisa sampe 4-6jtaan ato malah bisa lebih. about frame, kl mo beli mesti diperhatiin generic/ originalnya: 1. las2annya, kl ori biasanya pake shock bukan las. tp ada juga yg di-las, 2. stripping menyatu ma cat (extra hati2 nih, bisa menipu), 3. cat yg halus, 4. jgn lupa cek frame number, cak miekk kl beli frame polygon ori ada sertifikatnya hrsnya.

    semoga bermanfaat

    Reply
  10. ERY
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas, Bisa tolong gak u ngerakit sepeda apa aja partnya + harganya ( sampe jd 1 sepeda ),Maaf masih pemula, Frame kayaknya mau pake Giant, atau yg lebih bagus apa ? Dan tlg dong rekomendasi toko yang murah partnya. Sy di JAKARTA. Thanks ya…

    Reply
  11. rafiq
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mas aku mu jualan acesories gitu seperti yang mas tampilkan di web ini. bisa bantu gak mas untuk sorce atau aku harus beli dari mas Thanx.
    no hp ku: 081927700062/085272345454

    Reply
  12. quns
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mohon pencerahannya bos…
    kalo tas/kantong buat bawa MTB (misal nya naek pesawat) bisa dibeli dimana ya

    thnaks alot…

    untuk infonya bisa sms ke no. hpku : 08997860752

    Reply
  13. Pingback: Fez Lounge » Blog Archive » copy-an perlengkapan bersepeda

  14. fuad
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    saya punya sepeda merk kona pahoehoe rem masih menggunakan V-brake, apakah kalau saya beli cakram seperti diatas apakah sudah cukup aman karena pengalaman pernah pakai yang seharga 1 jutaan cakramnya panas dan macet ( belum hydrolik ). Thank' for your information.

    Reply
  15. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    kalo pake cakram, hal penting yang perlu diperhatikan masalah kaliper dan rotor (disc) yang harus dari satu brand. Misal pake kaliper shimano, rotornya juga shimano. Kaliper Hayes , rotornya juga Hayes. hal ini dikarenakan perbedaan bahan pad.

    rem panas dan macet juga bisa terjadi karena gaya mengerem kita yang terlalu ekstrim, harus ada jeda. jangankan sepeda, motor dan mobil saja juga bisa terbakar remnya

    Reply
  16. Syafa'at
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Assalamualikum.
    Hebat banget yang punya Forum ini,,,, Aku Acungi Jempol.
    Saya Penggemar sepeda Gunung dan paling hobi banget buat bersepeda, apalagi kalu ada temennya tapi sayang sejak aku pindah ke jakarta aku enggak punya bersepeda sama sekali, aku pengen cari temen buat maen sepeda kalu hari libur.
    saya pengemar sepeda merk United, tapi Polygon juga siech,,,, tapi enggak begitu banget.
    tolong cariin temen maen sepeda dunk om,,,,,
    daerah aku siech Jakarta Selatan, tepatnya daerah Pasar Rumput Manggarai,
    dulu aku pernah maen sepeda lumayan lama, kira" 3 tahun lah… itu aku jalani sejak kelas 1 SMk sampai kelas 3 SMK terus aku lanjutin sampai sekarang ini…. dulu aku siech pakai sepeda balap, cuman sekarang udah ganti ke sepeda gunung yang seperti aku jalanin ini…..
    sekai lagi aku monta tolong banget buat cariin temen buat maen sepeda biar rame……….
    aku juga minta maap karena aku udah lancang nulis kayak gini, tapi maksud aku hanya itu aja kok,
    thanks banget pokoknya buat kalian semua

    Reply
  17. makemac
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    assalamu'alaikum,,

    waaah,, para senior,, saya mau nanya donk. saya kan baru punya sepeda niyh, saya mau beli aksesorisnya,,
    boleh minta tolong gak, di drill down in items nya, kegunaannya, gambarnya, sama harganya. dan kira2 saya bisa dapet di mana ya buat daerah jakarta yang best price shop?
    saya yakin ini pasti berguna jg buat beginner seperti saya..

    tolong di tanggapi ya..

    wassalamu'alaikum

    Reply
  18. makemac
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    untuk infonya kalau tidak di post di forum ini bisa langsung k email saya aja di [email protected]

    Reply
  19. harris daroesman
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    tanya dong mas
    saya ingin beli sepeda buat kerja
    jarak rumah ke ktr kira2 7 km
    jalannya aspal tapi banyak tanjakan
    sepeda jenis apa yang cocok buat saya
    trus harganya kisaran berapa
    terimaksih advisnya
    salam
    harris

    Reply
  20. isoer
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    halo om didit, sepeda saya polygon quatro,mau tanya kalo pas kecepatan gir 7 kenapa kok ada suara gemeretak dan putaran gak lancar,gimana sih cara setting girnya,makasih

    Reply
  21. putra
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    aduh om…makaaassssiiih banget atas infonya…om kalo mau beli sparepartnya di jakarta yang harganya lumyan murah diaman ya? terus kalo saya mau bikin versi tricycle (sperti yang ada di web saya – please check)bisa ga pake gir transmission..mohon info nya langsung ke email saya ya om….

    Reply
  22. tyan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    ooom aQ mo nnya nie..apa sih kelebihan dan kelemahan dri sepada yang peke brake disc system?????? cz rencannya aQ mO beli sepeda Wymcycle yg Road champ XT!!!!! !!!!!

    tQ b4

    Reply
  23. Kaswadi Bai
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Salam Kenal Mas Diditho, Saya juga penggemar Spd gunung, tinggal di Klp2 Dpk. Goes sering sendirian dr Dpk ke Bogor, pulang naik kreta. Bisa gabung donk mas didit. Dpk lewat Cimanggis-Cibubur-Cibinong-pinggir tol, Citereup-Sentul-Sentul City-nyebrang kolong toll-offroad-Bogor-Stasiun saya tempuh (+-)3 jam. Kita bisa ketemuan di OKI bike kali ? Tgl. 13/06/09

    Wassalam.

    Reply
  24. Abah Sandjaya
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Aku baru upgrade dari mechanical ke hydraulic brake. Banyak partsnya yang terpaksa gak kepake. Hub depan belakang Formula 32 lubang. Rotor brake Bengal 7" calliper Zoom. Rotor brake depan beserta calliper Maxpro. Kalo ada yang minat boleh hubungi saya. Ato ditukar RD Shimano SLX, aku mo ganti R/D Shimano DEORE M 530 ku. Barang-barang second tersebut belum lama kepake masih muluuuus. Yang minat boleh hubungi via email atopun sms HP 0816710562

    Reply
  25. romeo
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    halo akang akang, mas mas, abang abang coba deh lihat dipikir, inimah pikiran saya aja ya gini:" pake saja barang yang ada ga usah napsu napsuan liat barang baru langsung ijo, yang penting bagaimana caranya keluar keringat dengan menggunakan sepeda yang ada, betul lho kangmas, saya juga sampai saat ini pake sepeda buatan dalam negri santa cruz dan scot wah enak betul, hehehe …. becanda atuh, hidup patrol !!!"

    Reply
  26. budibianco
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    halo smua. pingin punya speda. berhubung yg baru harganya cukup mahal. nyari yang seken. tadi di ps rumput lihat cozmic warna ijo.3.8 jt. belum nego. kira2 kisaran berapaan ya? ada yg tau kira2 tahun berapa yah. karena yg baru kayaknya dah beda. trus mo nanya bedanya discbrake yg biasa ama hidrolik apa yah?

    Reply
  27. m-riva'i
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    selamat pagi mas…… teruskan bersepedanya, tapi jangan lupa untuk buat tip -tip buat temen – temen yang yunior tentang bersepeda yang benar terutama daerah yang berbukitan atau daerah yang mempunyai resiko yang besar…..trimk

    Reply
  28. suwito ym
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    salam kenal… mas tolong dong kalo mo kulakan aksesoris sepeda hrs hub siapa?atau ada toko/penjualan yg bisa langsung kita beli.siapa tau hobi jadi hoki kaya' mas didit( soalnya disemarang mahal2 ) hub/sms/email ya mas,tak tunggu lho. 087832359533.thanks mas,sukses selalu.

    Reply
  29. Pingback: 5 Hal Buruk Ketika Bersepeda Offroad - diditho{dot}net

  30. hudaokee
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mas didit…GPS yang rekomended buat sepeda apa yaa…rekomended juga buat kantong. murmer gitulah. trus masalah batere gimana…biasanya kan ga tahan lama tuh…kalo naek sepeda kan bisa seharian tuh…
    mohon share pengalamanya….

    thanks yaa

    Reply
  31. yayan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mas,boleh dong info nya.klo saya mau buka usaha jualan spare part sepeda,tempat belanjanya yang murah di mana ya??klo ada yang di sekitar bekasi aja.ato jabodetabek jg boleh..
    thanks ya..
    yayan

    Reply
  32. cosmobikers
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    hi,

    ada info terbaru untuk para bikers ne. Ada majalah baru yang baru diterbitkan di Jakarta.

    Majalah baru tersebut bernama “CosmoBikers”.

    Sekilas mengenai "Cosmobikers" :

    Majalah khusus sepeda dan sepeda motor, CosmoBikers (CB), terbit mulai 25 Juni 2010.Majalah setebal 180 halaman, full colour, yang diterbitkanoleh PT. Terra Internasional, ini, akan memasuki pasar di dalam dan luarnegeri. Majalah baru ini diluncurkan di Jakarta.

    CosmoBikers, yang untuk terbit satu kali dalam tiga bulan, menampilkan gaya hidup para pengguna sepeda, sepeda motor, dan mengupas dunia bikers beserta pernak-perniknya, dengan gaya bahasa yang ringan memikat serta padat foto.

    Demikianlah kilasan mengenai Cosmobikers.

    Join us on Facebook: http://www.facebook.com/eclixshop#!/pages/COSMOBI

    Bergabunglah bersama CB di IIMS, 23 Juli – 1 Agustus, bertempat di PRJ Kemayoran dan di Car Free Day 25 Juli 2010.
    Dapatkan harga special untuk majalah dan merchandise CB.

    Dapatan Majalah Cosmobikers di aksara bookstore, beberapa toko sepeda dan motor serta di Indomart atau hubungi +6285692977821.

    Terima kasih.

    Reply
  33. ony
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    :-)
    Salam kenal mas….
    saya pingin tahu alamat distributor asesoris atau perlengkapan sepeda gunung karena saya punya toko di daerah Denpasar akan tetapi saya merasa kesulitan untuk mencari distributor perlengkapan sepeda…???
    barang kali mas bisa bantu untuk mencarikan agen distributor yang siap ngirim ke bali dengan kwalitas bagus harga miring…. ^:)^ ^:)^
    Saya mohon bantuan dan kerja samanya mas…
    ini no HP saya : 081939818696 (Ony)

    Reply
  34. Pak Yan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    >:D< Salam Kenal

    Saya punya minat menjadi Agen sepeda di Aceh, tepatnya di kota Bireuen. Saya sedang mencari distributor peralatan sepeda di jakarta atau di pulau jawa. Mungkin bisa bantu saya. Saya akan kejakarta pertengahan atau akhir oktober ini, tolong di SMS alamatnya ke no hp 0813 6068 0754.

    Reply
  35. Anddy Malfian
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    salam gowes
    mas aku termasuk newbie dalam dunia MTB, mau nanya dong kalo sepatu Exustar E-SM304 bisa gak dipake dengan pedal Shimano M-504W ? trus cleatnya pake tipe apa ?
    trims atas jawabannya…

    Reply
  36. Arie dagi;nk
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas ditho , saya mau tanya . berapa berat ideal sepeda gunung ?

    karena baru main sepeda saya mau tanya mengenai komentar mas mengenai sepeda yang saya rakit.
    frame pakai scott genius(generik) ukuran M ,rd dan shifter : sram x9. fd,cassete,chain : xt. crank :slx . rear shoch : dnm. frontshock : rockshox revolution uturn 120-150 .rim : mavix 325 .hub : novatec . break : xt hydro disc .steam : zoom dan handle bar :specialized.

    dengan berat total 14 kg. menurut mas ditho apakah sepedah tersebut sudah cukup baik dan ringan ? tolong berikan saran.

    kirim sarannya ke [email protected]

    Reply
  37. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    @arie: sulit juga untuk menentukan berapa kg yang baik? untuk XC dan AM, yang jelas makin ringan makin mahal. Selain frame aluminium, yang lumayan mengurangi berat itu termasuk Fork depan, gunakan yang menggunakan tekanan angin. ban dan ban dalam juga punya pengaruh besar.
    pengecualin untuk DH, bobot berat malah menguntungkan..

    Reply
  38. cakra hadimulya
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    +_ sy bersepeda ria 3thnan, buat jg kondisi aja sih. karena aktifitas training di dunia sport sudh pensiunan nih. biar tetap fit and fresh. lokasi genjot biasa wilayah danau ciberem, setu dan sekitarnya. asyik jg grup sy 20 org

    Reply
  39. arie dagi;nk
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    thx mas untuk info sebelumnya ,

    shock depan yg saya pakai sudah air pada saat ini , memang ada keinginan untuk mengganti frame yang ada walaupun lagi coba kumpulin dananya dulu. cuma yang membuat saya bingung adalah berapa berat yang harus saya dapatkan . karena conthnya pada saat ini frame patrol 512 berat hanya 3 kg, untuk harga saya masih ok . tapi frame second specilized beda berat hanya 0,40 kg beda harga sampai 6 jt . mana yang kira kira saya harus ambil ? pemakaian saya untuk xc dan am .

    apakah merk menjadi acuan utama dalam membeli frame ( lokal atau import ) 😕 ? karena saya ingin agar tidak usah beli frame lagi. dan ukuran rim berapa ya yang cukup ringan dan kuat , masalahnya berat saya 92 kg pada saat ini.

    saya tunggu sarannya mas ,

    Salam :-)

    Reply
  40. dean
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas ditho mau tanya kalau saya mau beli baju sepda yang tuisan scott+ bisa ngirim, harus kemana atau mungkin telp nya yang bisa saya hub. saya di sby,flx:03177574708. trims mas ditho.

    Reply
  41. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    @aie#122: kalo sudah pake fork air dan fram Al, sudah cukup. percaya deh, dengan spek segitu, banyak yang nggak begitu perduli dengan berat, nggak ada hubungannya dengan kesenangan bersepeda. kecuali mau jadi atlet untuk balapan

    @clean#123: wah harus nyari2 tuh, atau coba lihat website yang jualan online.

    Reply
  42. toko m sport
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Hallo bos ak buka toko olah raga baru dan aku mo nambah dengan alat alat sepeda termasuk helemnya…. please kasih tahu aku grosir alat sepeda yang harganya miring

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>