Perlengkapan Sepeda Gunung

Beberapa bulan lalu saya memutuskan memiliki/merakit sepeda gunung untuk menyalurkan hobby berpetualang dan berolahraga. Ternyata saat ini saya sudah dalam fase kecanduan yang hebat. Walapun sendiri (solo), hampir tiap setiap minggu saya selalu bermain sepeda di bukit Hambalang.

Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Jadi berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill) dan kisaran harganya.

Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
Harga mulai: Rp.450.000,- an
Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
Harga mulai: Rp 95.000.- an
Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
(non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an
Rescue tools (allen key plus set).
Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
Harga mulai: Rp.25.000,- an
Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
Harga mulai: Rp.20.000,- an
Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
Harga mulai: Rp.20.000,-an
Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
Harga mulai: Rp.25.000,-an
Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
Harga mulai: Rp 12.000,-an
First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
Harga mulai: …
Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya :-). Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
Harga mulai: Rp 250.000,-an
Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
Harga mulai Rp 155.000,- an
Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
Harga mulai Rp 350.000,- an
Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan :-)
Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan? :-)
Penahan lumpur (mud fender).
Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
Harga mulai: Rp 35.000,- an
Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)
Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.

Harga mulai: Rp 100.000, -an

Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
Harga mulai: Rp 60.000, -an

145 Comments Perlengkapan Sepeda Gunung

  1. ony
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    :-)
    Salam kenal mas….
    saya pingin tahu alamat distributor asesoris atau perlengkapan sepeda gunung karena saya punya toko di daerah Denpasar akan tetapi saya merasa kesulitan untuk mencari distributor perlengkapan sepeda…???
    barang kali mas bisa bantu untuk mencarikan agen distributor yang siap ngirim ke bali dengan kwalitas bagus harga miring…. ^:)^ ^:)^
    Saya mohon bantuan dan kerja samanya mas…
    ini no HP saya : 081939818696 (Ony)

    Reply
  2. Pak Yan
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    >:D< Salam Kenal

    Saya punya minat menjadi Agen sepeda di Aceh, tepatnya di kota Bireuen. Saya sedang mencari distributor peralatan sepeda di jakarta atau di pulau jawa. Mungkin bisa bantu saya. Saya akan kejakarta pertengahan atau akhir oktober ini, tolong di SMS alamatnya ke no hp 0813 6068 0754.

    Reply
  3. Anddy Malfian
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    salam gowes
    mas aku termasuk newbie dalam dunia MTB, mau nanya dong kalo sepatu Exustar E-SM304 bisa gak dipake dengan pedal Shimano M-504W ? trus cleatnya pake tipe apa ?
    trims atas jawabannya…

    Reply
  4. Arie dagi;nk
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas ditho , saya mau tanya . berapa berat ideal sepeda gunung ?

    karena baru main sepeda saya mau tanya mengenai komentar mas mengenai sepeda yang saya rakit.
    frame pakai scott genius(generik) ukuran M ,rd dan shifter : sram x9. fd,cassete,chain : xt. crank :slx . rear shoch : dnm. frontshock : rockshox revolution uturn 120-150 .rim : mavix 325 .hub : novatec . break : xt hydro disc .steam : zoom dan handle bar :specialized.

    dengan berat total 14 kg. menurut mas ditho apakah sepedah tersebut sudah cukup baik dan ringan ? tolong berikan saran.

    kirim sarannya ke [email protected]

    Reply
  5. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    @arie: sulit juga untuk menentukan berapa kg yang baik? untuk XC dan AM, yang jelas makin ringan makin mahal. Selain frame aluminium, yang lumayan mengurangi berat itu termasuk Fork depan, gunakan yang menggunakan tekanan angin. ban dan ban dalam juga punya pengaruh besar.
    pengecualin untuk DH, bobot berat malah menguntungkan..

    Reply
  6. cakra hadimulya
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    +_ sy bersepeda ria 3thnan, buat jg kondisi aja sih. karena aktifitas training di dunia sport sudh pensiunan nih. biar tetap fit and fresh. lokasi genjot biasa wilayah danau ciberem, setu dan sekitarnya. asyik jg grup sy 20 org

    Reply
  7. arie dagi;nk
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    thx mas untuk info sebelumnya ,

    shock depan yg saya pakai sudah air pada saat ini , memang ada keinginan untuk mengganti frame yang ada walaupun lagi coba kumpulin dananya dulu. cuma yang membuat saya bingung adalah berapa berat yang harus saya dapatkan . karena conthnya pada saat ini frame patrol 512 berat hanya 3 kg, untuk harga saya masih ok . tapi frame second specilized beda berat hanya 0,40 kg beda harga sampai 6 jt . mana yang kira kira saya harus ambil ? pemakaian saya untuk xc dan am .

    apakah merk menjadi acuan utama dalam membeli frame ( lokal atau import ) 😕 ? karena saya ingin agar tidak usah beli frame lagi. dan ukuran rim berapa ya yang cukup ringan dan kuat , masalahnya berat saya 92 kg pada saat ini.

    saya tunggu sarannya mas ,

    Salam :-)

    Reply
  8. dean
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Mas ditho mau tanya kalau saya mau beli baju sepda yang tuisan scott+ bisa ngirim, harus kemana atau mungkin telp nya yang bisa saya hub. saya di sby,flx:03177574708. trims mas ditho.

    Reply
  9. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    @aie#122: kalo sudah pake fork air dan fram Al, sudah cukup. percaya deh, dengan spek segitu, banyak yang nggak begitu perduli dengan berat, nggak ada hubungannya dengan kesenangan bersepeda. kecuali mau jadi atlet untuk balapan

    @clean#123: wah harus nyari2 tuh, atau coba lihat website yang jualan online.

    Reply
  10. toko m sport
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Hallo bos ak buka toko olah raga baru dan aku mo nambah dengan alat alat sepeda termasuk helemnya…. please kasih tahu aku grosir alat sepeda yang harganya miring

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>