Beberapa bulan lalu saya memutuskan memiliki/merakit sepeda gunung untuk menyalurkan hobby berpetualang dan berolahraga. Ternyata saat ini saya sudah dalam fase kecanduan yang hebat. Walapun sendiri (solo), hampir tiap setiap minggu saya selalu bermain sepeda di bukit Hambalang.

Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Jadi berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill) dan kisaran harganya.

Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
Harga mulai: Rp.450.000,- an
Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
Harga mulai: Rp 95.000.- an
Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
(non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an
Rescue tools (allen key plus set).
Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
Harga mulai: Rp.25.000,- an
Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
Harga mulai: Rp.20.000,- an
Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
Harga mulai: Rp.20.000,-an
Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
Harga mulai: Rp.25.000,-an
Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
Harga mulai: Rp 12.000,-an
First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
Harga mulai: …
Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya :-). Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
Harga mulai: Rp 250.000,-an
Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
Harga mulai Rp 155.000,- an
Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
Harga mulai Rp 350.000,- an
Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan 🙂
Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan? 🙂
Penahan lumpur (mud fender).
Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
Harga mulai: Rp 35.000,- an
Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)
Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.

Harga mulai: Rp 100.000, -an

Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
Harga mulai: Rp 60.000, -an

146 Comments Perlengkapan Sepeda Gunung

  1. Syafa'at

    Assalamualikum.
    Hebat banget yang punya Forum ini,,,, Aku Acungi Jempol.
    Saya Penggemar sepeda Gunung dan paling hobi banget buat bersepeda, apalagi kalu ada temennya tapi sayang sejak aku pindah ke jakarta aku enggak punya bersepeda sama sekali, aku pengen cari temen buat maen sepeda kalu hari libur.
    saya pengemar sepeda merk United, tapi Polygon juga siech,,,, tapi enggak begitu banget.
    tolong cariin temen maen sepeda dunk om,,,,,
    daerah aku siech Jakarta Selatan, tepatnya daerah Pasar Rumput Manggarai,
    dulu aku pernah maen sepeda lumayan lama, kira" 3 tahun lah… itu aku jalani sejak kelas 1 SMk sampai kelas 3 SMK terus aku lanjutin sampai sekarang ini…. dulu aku siech pakai sepeda balap, cuman sekarang udah ganti ke sepeda gunung yang seperti aku jalanin ini…..
    sekai lagi aku monta tolong banget buat cariin temen buat maen sepeda biar rame……….
    aku juga minta maap karena aku udah lancang nulis kayak gini, tapi maksud aku hanya itu aja kok,
    thanks banget pokoknya buat kalian semua

    Reply
  2. makemac

    assalamu'alaikum,,

    waaah,, para senior,, saya mau nanya donk. saya kan baru punya sepeda niyh, saya mau beli aksesorisnya,,
    boleh minta tolong gak, di drill down in items nya, kegunaannya, gambarnya, sama harganya. dan kira2 saya bisa dapet di mana ya buat daerah jakarta yang best price shop?
    saya yakin ini pasti berguna jg buat beginner seperti saya..

    tolong di tanggapi ya..

    wassalamu'alaikum

    Reply
  3. harris daroesman

    tanya dong mas
    saya ingin beli sepeda buat kerja
    jarak rumah ke ktr kira2 7 km
    jalannya aspal tapi banyak tanjakan
    sepeda jenis apa yang cocok buat saya
    trus harganya kisaran berapa
    terimaksih advisnya
    salam
    harris

    Reply
  4. ofik

    om tanya neh? aku kan pakai polygon cozmic dx 2.0 mau ganti ama merk giant, kira-kira yang sejenis dengan cozmic giant tipe apa ya om?

    Reply
  5. isoer

    halo om didit, sepeda saya polygon quatro,mau tanya kalo pas kecepatan gir 7 kenapa kok ada suara gemeretak dan putaran gak lancar,gimana sih cara setting girnya,makasih

    Reply
  6. putra

    aduh om…makaaassssiiih banget atas infonya…om kalo mau beli sparepartnya di jakarta yang harganya lumyan murah diaman ya? terus kalo saya mau bikin versi tricycle (sperti yang ada di web saya – please check)bisa ga pake gir transmission..mohon info nya langsung ke email saya ya om….

    Reply
  7. tyan

    ooom aQ mo nnya nie..apa sih kelebihan dan kelemahan dri sepada yang peke brake disc system?????? cz rencannya aQ mO beli sepeda Wymcycle yg Road champ XT!!!!! !!!!!

    tQ b4

    Reply
  8. Kaswadi Bai

    Salam Kenal Mas Diditho, Saya juga penggemar Spd gunung, tinggal di Klp2 Dpk. Goes sering sendirian dr Dpk ke Bogor, pulang naik kreta. Bisa gabung donk mas didit. Dpk lewat Cimanggis-Cibubur-Cibinong-pinggir tol, Citereup-Sentul-Sentul City-nyebrang kolong toll-offroad-Bogor-Stasiun saya tempuh (+-)3 jam. Kita bisa ketemuan di OKI bike kali ? Tgl. 13/06/09

    Wassalam.

    Reply
  9. den,s

    sya pormula dan inngin sekali bergabung di sini mas
    di mana mungkin ada informasi club-club sepeda yg ada
    di sukabumi mohon info nya kalau ada yang taudri temen temen di sini

    Reply
  10. Ujang K

    Om didit ada tempat belanja online ga buat semua keperluan gowesnya..maklum jauh sekali dari jakarta ni..di kaltim

    Reply
  11. Abah Sandjaya

    Aku baru upgrade dari mechanical ke hydraulic brake. Banyak partsnya yang terpaksa gak kepake. Hub depan belakang Formula 32 lubang. Rotor brake Bengal 7" calliper Zoom. Rotor brake depan beserta calliper Maxpro. Kalo ada yang minat boleh hubungi saya. Ato ditukar RD Shimano SLX, aku mo ganti R/D Shimano DEORE M 530 ku. Barang-barang second tersebut belum lama kepake masih muluuuus. Yang minat boleh hubungi via email atopun sms HP 0816710562

    Reply
  12. romeo

    halo akang akang, mas mas, abang abang coba deh lihat dipikir, inimah pikiran saya aja ya gini:" pake saja barang yang ada ga usah napsu napsuan liat barang baru langsung ijo, yang penting bagaimana caranya keluar keringat dengan menggunakan sepeda yang ada, betul lho kangmas, saya juga sampai saat ini pake sepeda buatan dalam negri santa cruz dan scot wah enak betul, hehehe …. becanda atuh, hidup patrol !!!"

    Reply
  13. budibianco

    halo smua. pingin punya speda. berhubung yg baru harganya cukup mahal. nyari yang seken. tadi di ps rumput lihat cozmic warna ijo.3.8 jt. belum nego. kira2 kisaran berapaan ya? ada yg tau kira2 tahun berapa yah. karena yg baru kayaknya dah beda. trus mo nanya bedanya discbrake yg biasa ama hidrolik apa yah?

    Reply
  14. m-riva'i

    selamat pagi mas…… teruskan bersepedanya, tapi jangan lupa untuk buat tip -tip buat temen – temen yang yunior tentang bersepeda yang benar terutama daerah yang berbukitan atau daerah yang mempunyai resiko yang besar…..trimk

    Reply
  15. suwito ym

    salam kenal… mas tolong dong kalo mo kulakan aksesoris sepeda hrs hub siapa?atau ada toko/penjualan yg bisa langsung kita beli.siapa tau hobi jadi hoki kaya' mas didit( soalnya disemarang mahal2 ) hub/sms/email ya mas,tak tunggu lho. 087832359533.thanks mas,sukses selalu.

    Reply
  16. Pingback: 5 Hal Buruk Ketika Bersepeda Offroad - diditho{dot}net

  17. herlambang tigor

    harga garpu depan punya sepeda balap yang harga nya murah tapi keren punya product apa ya

    Reply
  18. hudaokee

    mas didit…GPS yang rekomended buat sepeda apa yaa…rekomended juga buat kantong. murmer gitulah. trus masalah batere gimana…biasanya kan ga tahan lama tuh…kalo naek sepeda kan bisa seharian tuh…
    mohon share pengalamanya….

    thanks yaa

    Reply
  19. yayan

    mas,boleh dong info nya.klo saya mau buka usaha jualan spare part sepeda,tempat belanjanya yang murah di mana ya??klo ada yang di sekitar bekasi aja.ato jabodetabek jg boleh..
    thanks ya..
    yayan

    Reply
  20. herry

    mas..aku boleh tau alamatnya dong…..saya mau beli asesories helm , baju , sarung tangan, celana. thanks sblmnya

    Reply
  21. indiana jods

    Salam boz, ane newbie, pen gowes lagi..
    kalo untuk tinggi badan 162 cm, frame ukuran brapa y cocoknya? thx..

    Reply
  22. amars

    mas aku tertarik sama perlengkapan sepedanya murah2, tp aku di makassar mas kalo aku mau beli gmn ya caranya lewat apa ya mas………..makassih

    Reply
  23. cosmobikers

    hi,

    ada info terbaru untuk para bikers ne. Ada majalah baru yang baru diterbitkan di Jakarta.

    Majalah baru tersebut bernama “CosmoBikers”.

    Sekilas mengenai "Cosmobikers" :

    Majalah khusus sepeda dan sepeda motor, CosmoBikers (CB), terbit mulai 25 Juni 2010.Majalah setebal 180 halaman, full colour, yang diterbitkanoleh PT. Terra Internasional, ini, akan memasuki pasar di dalam dan luarnegeri. Majalah baru ini diluncurkan di Jakarta.

    CosmoBikers, yang untuk terbit satu kali dalam tiga bulan, menampilkan gaya hidup para pengguna sepeda, sepeda motor, dan mengupas dunia bikers beserta pernak-perniknya, dengan gaya bahasa yang ringan memikat serta padat foto.

    Demikianlah kilasan mengenai Cosmobikers.

    Join us on Facebook: http://www.facebook.com/eclixshop#!/pages/COSMOBI

    Bergabunglah bersama CB di IIMS, 23 Juli – 1 Agustus, bertempat di PRJ Kemayoran dan di Car Free Day 25 Juli 2010.
    Dapatkan harga special untuk majalah dan merchandise CB.

    Dapatan Majalah Cosmobikers di aksara bookstore, beberapa toko sepeda dan motor serta di Indomart atau hubungi +6285692977821.

    Terima kasih.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.