Bila bermukim di kawasan yang sejuk, memiliki pemandangan indah dan kontur pegunungan seperti Cibinong, sangat sayang bila waktu santai hanya dihabiskan di rumah saja. Saya pikir, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Cibinong dan Sentul Selatan adalah dengan menggunakan Sepeda Gunung. Selain meningatkan kebugaran, sepeda juga bisa menjadi wahana yang dapay merambah ke pelosok wilayah dengan mudah dan menyenangkan.

Mountain Bike (MTB) merupakan jenis sepeda yang sangat populer saat ini. Kegunaannya tidak hanya terbatas digunakan bersepeda di daerah pegunungan (offroad), tetapi juga dapat/sering digunakan untuk kegiatan sehari hari (onroad). Beberapa kali saya menyaksikan karyawan kantor yang menggunakan sepeda gunung saat berangkat-pulang kerja di kawasan elite Sudirman,Jakarta. Di pakaian atau sepeda mereka sering terlihat tulisan/slogan “bike to work yang terkenal itu. Sepertinya menyenangkan So.. I want a bike too , uphill/downhill in sentul,west java and go to the office with my bicycle haha… I’m not sure with the last one, cycling from cibinong to central jakarta….?


Tulisan ini bertujuan untuk berbagi tips dalam merakit sepeda bagi pemula(termasuk saya). Semoga membantu teman-teman yang lain.

Ada dua(2) cara untuk memiliki sepeda, pertama adalah membeli sepeda yang sudah jadi di toko sepeda seperti RodaLink dan sejenisnya atau pusat perbelanjaan seperti Carefour, Giant dan Hypermart. Cara kedua adalah dengan merakitnya sendiri. Maksudnya memlih komponen sendiri dan dirakit sama teknisi dari toko sepeda tentunya :-). Mengapa harus dirakit oleh teknisi? Sederhana, ada penggunaan peralatan yang spesifik dan tentunya istri saya tidak yakin dengan kemampuan saya dalam merakit sepeda..hahahaha…..

Menurut pengalaman dari beberapa penggemar sepeda, merakit sepeda sendiri bisa jadi lebih mahal dibandingan bila beli jadi. Jadi kenapa memaksakan diri..? Well….. faktor kepuasan dan fleksibiltas dalam memilih komponen yang lebih baik menjadi alasan yang kuat kenapa saya tetap ingin merakit sendiri sepeda gunung tersebut.

Sebelum mulai merakit dan berbelanja di toko sepeda, ada baiknya kita membaca para pendapat para penggemar sepeda. Mesin pencari google dengan keyword ‘merakit+sepeda’ sepertinya sudah cukup memberikan informasi. Jangan lupa juga untuk mengunjungi forum sepeda seperti mtb-indonesia. sepedaku.

The steps:

1.Komponen penting

Menurut beberapa pengayuh sepeda yang sudah senior, ada beberapa komponen penting yang harus dipilih secara seksama. Baik dari segi kegunaan maupun harga. Komponen-komponen tersebut adalah Frame (rangka), Group Set (… i’ll tell u later what this animal…), Brake (rem) dan Fork (garpu depan). Ketiga item tersebut adalah komponen yang paling menguras anggaran, mempengaruhi kemampuan dan kenyamanan sepeda. Sedangkan komponen lainnya tidaklah terlalu mahal dan crusial. Oh iya hampir lupa, sebelum merakit sepeda pastikan dulu budget yang ingin kita belanjakan. Jangan terlalu asyik milih komponen dan tanpa sadar melewati angaran yang sudah ditentukan.

2. Frame

s-worksRencananya sepeda tersebut akan saya gunakan untuk jalan aspal biasa dan jalan offroad yang tidak terlalu berat, sehingga pilihan frame jatuh pada frane tiruan (generic) alumunium yang harganya dibawah Rp450.000,- Generic artinya frame tersebut dibuat di Taiwan Generic artinya frame tersebut palsu/tiruan yang dibuat tidak di pabrik aslinya, bisa dibuat di semarang, surabaya, dll, karena harga frame ‘original’ macam specialized atau Giant dll bisa sangat mahal. Frame buatan negeri gingseng ini Frame yang nggak tahu dibuat dimana ini cukup kuat dan ringan. Cukuplah untuk pemula.

Pilihan frame lain adalah frame-frame alumunium lain bikinan pabrik (brand) Indonesia, Polygon atau United. Frame United Dominate misalnya. Ringan, murah dan bentuknya juga keren. Kalo jeli dan rajin banyak frame asli bikinan dalam negri yang harganya masih murah dan mirip dengan frame generic.

3.Group set ‘Shimano Alivio’

alivioBinatang apa sih group set itu? dan mengapa begitu penting? group set adalah sekumpulan perangkat yang berfungsi mengendalikan dan menyalurkan energi kinetik pada sepeda. Group set shimano alivio terdiri dari Bottom Bracket (BB), Brake Lever (BL), v/Disc Brake (BR), Chain (CN), Chain Cassette (CS), Crabksets (FC), Front Derailleur (FD), Rear Freehub (FH), Front Hub (HB), Rear Derailleur (RD), Shift Lever (SL), dan Brake/Shift Levers(ST). Lebih jelasnya dapat melihat skrinsut. Bagi saya, pemilihan group set alivio shimano (8 tingkat) sudahlah cukup. Group set kelas menengah ini sepertinya cukup bila tidak digunakan untuk kompetisi atau uphill yang ekstrem. Bila ingin agak serius dapat menggunakan shimano deore (9 tingkat), selain opsi rasio kecepatan yang lebih banyak perangkat ini juga mempunyai bobot yang jauh lebih ringan dari alivio. Untuk kisaran harga, alivio sekitar Rp.1.200.000,-an sedangkan deore lebih mahal Rp.500.000,-an. Klik disini bila ingin melihat kategori lengkap dari group set shimano.

4.Fork.

rst GilaGarpu depan (Fork) sepeda gunung saat ini biasanya menggunakan suspensi kejut. Fungsinya untuk meredam getaran sehingga tangan kita tidak cepat lelah. Untuk bagian belakang biasaya tidak terlalu diperlukan, kecuali sepeda tersebut digunakan/dikategorikan untuk downhill. Lagipula suspensi belakang yang melekat ke frame harganya sangat mahal. Tipe suspensi yang saya gunakan adalah RST GILA, pemilihan ini atas saran teman, nggak tau deh kelebihannya. katanya cukup untuk mountain bike biasa..kekekekek…

5.Brake.

Kepinginnya sih menggunakan rem cakram yang keren itu, tapi budget tidak mencukupi. Akhirnya pake rem jenis V-Brake biasa, yang tentunya kebih ringan dari segi bobot dan biaya. Oh iya perangkat ini biasanya termasuk dalam group set bersama dengan hub (as roda).

Terakhir, bagi yang jarang memegang obeng dan tang. Sangat disarankan untuk meminta bantuan kepada teknisi toko untuk merakitkan sepeda. Berdasarkan pengamatan, memasasng jari-jari sepeda ternyata repot bo…..

cheers…….

Many thanks to:

Istriku(yg merelakan uang bonus untuk beli sepeda),Mas Purwoko-Ekspedisi Kompas (yang memberi saran dan daftar harga),Mertuaku,Kamurang bike shop (citeurep), Rumah kedua (very helpfull),MTB-Indonesia and of course google.

update: 28 januari 2008

karena banyaknya pertanyaan mengenai budgeting, jenis komponen, dll… dan keterbatasan waktu dan pengtahuan untuk membalasanya, maka silahkan baca kutipan berikut…

kalo tertarik bisa menanyakan komunitas (rata2 bukan klub-jadi lebih enak) yang ada di bogor, pasti ada.
coba gabung di 2 milis ini untuk bertanya
[email protected]
[email protected]

atau forum ini:
www.sepedaku.com

milis dan forum diatas juga bisa membantu untuk merakit sepeda.

update: 26 februari 2008

Setelah Merakit sepeda gunung dan mulai kecanduan..hampir bisa dipastikan laangkah berikutnya adalah …. UPGRADE

https://diditho.com/2008/02/26/merakit-upgrade-sepeda-gunung-2nd-step/

update : 11 Agutus 2010

Panduan untuk memilih / menentukan ukuran frame sepeda gunung

https://diditho.com/2010/08/10/menentukan-ukuran-frame-sepeda-gunung/

279 Comments Merakit Sepeda Gunung

  1. shonosulung

    lam knal y,,mas
    skedar info aja mas,,sya bru beli united venus xc77
    mo nanya ukuran ban luar yg cocok buat di jalan raya skalian bsa buat untuk offroad apa y,,mas ?
    sbelumx trims y

    Reply
  2. sanka

    salam kenal om….
    saya dari medan…rencana mau rakit sepeda..budget 4-5 juta…boleh minta option kira2 komponen apa saja yang dipilih dengan budget segitu tapi hasilnya maksimal.
    type nya pengen MTB cross country buat BTW juga..trus lebih spesifik masalah pilihan FRAME tinggi saya 175 cm, nyari warna hitam dan tarikan kabel bawah buat sekali2 bonceng anak..frame apa yang paling cocok?? mohon petunjuk pilihan komponennya mas…makasih banyak sebelumnya

    Reply
  3. BAROTO

    salam kenal oom didit saya mau ngerakit sepeda yang bisa buat jalan cepat jalan raya dan sekedar jalan pegunungan yg nggak bgt ekstrem , frame giantembo,grupset shimano deore XT yg masih kurang dan cocok kira 2 apa nich untuk melengkapi jd sepeda yg benar2 bisa nyaman dan pantas untuk roda pelek ban ,fork ,setport,hub bos ,anggaran masih 5jt lagi .thanks informasinya

    Reply
  4. ipul

    om, saya ada dana 2 jt an mau bngun mtb….mohon sarannya, d dgn dana segitu bs ndak d bngun,dmn cr toko yg hrga miring… makasih

    Reply
  5. degol

    mas moh0n bantuannya neh… saya pny sedepa senator mtb sizenya 24" jadul , mau saya upgrade kira2 dana 1,5 bisa g y?? sedang kan forknya mau saya pake RST 191 steertube 1" travel 80mm kira2 muat g ya?? terima ksh sebelumnya.. blz ke email saya aja mas. hehe

    Reply
  6. tezyjayansyah

    mas saya ini baru planning mau ngerakit MTB kira2 budgetnya abis berapa nieh and spek2 yang bagus dan terjangkau itu seperti ap yah mas thanks before

    Reply
  7. adit

    Klo saya beli fullbike tapi sudah enak dipake gan, habis sekitar 5jt trus diupgrade groupset dll, jadi sekitar 7jtan tapi sudah enak. Merek specialized hardrock.tokonya di slipi,kantor specializednya disana lengkap!

    Reply
  8. Yosi

    Mas, saya nubie di sepeda, saya punya polygon seri BTW, fork bawaan … sudah saya upgrade beberapa komponen (shifter, sproket, RD) menjadi alivio 9sp, trus rem disc bengal hydro …. cocok ga ya di pake MTB …
    trus sekarang sudah kena keracunan upgrade….

    Reply
  9. dadang harmanto

    Kk. Mau tanya mohon di jawab saya pake sepedapolygon broadway 3.0 kalo saya mai ganti fork depannya yang fork downhill bisa gak ya kalo ada merknya apa saya tahu seh ada fork merk rst harganya sampai 1.9 cuma kalo buat framenya cocok gak trus apa yang harus aku upgrade lagi ya klo buat downhill. Maksih ya kk. Bisa di jawabdi email aku kan kaka di [email protected]

    Reply
  10. BaroxSURABAYABIKE

    halo kang ditho, salam kenal ini dari surabaya, saya sebenarya mulai suka dengan sepeda mulai SMU-Kuliah sampai sekarang udah punya istri dan bekerja. Kebetulan 8 bulan yang lalu saya beli FOLDING BIKE, Nah ga atau neh sekarang kayaknya mulai kecantol suka sama MTB,HARDTRAIL Bike & pengen merakit sendiri. Bisa kasih tips ga urutan apa aja dulu yang musti saya buru/beli dulu kang? FRAM dulu, atau apa dulu?? m’lum dananya juga mepet, jadi itung2 sambil nabung lah.. nuhun kang mohon tips nya..-BAROX-

    Reply
  11. Ray

    Halo mas ditho,
    saya nemu artikel nya mas dari google nih, kebetulan saya juga kebingungan cara merakit sepeda gunung yang bener gimana.
    Makasi ya mas buat artikel nya!

    Reply
  12. Pimen

    Mas… Kalo speknya gini kira2 harga secondnya berapa? Crank set karo gear set shimano deore lx… Specialized s works m5 (ga ngerti bedanya asli atau nggak)… Fork rst gila-t6… Ban ralph schwalbe… Velg rigida…

    Makasi banyak mas…

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.