Sampai saat ini, pendidikan Sekolah Katholik tetap menjadi salah satu pilihan beberapa orang tua yang saya kenal yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya.

Selain persepsi soal kualitas, ada hal lainnya yang cukup unik dibicarakan diantara para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di Sekolah Katholik.

Proses pendaftaran di sekolah Katholik, selalu membuka topik diskusi, perbincangan dan pencarian informasi tambahan mengenai aspek biaya.

Sering dianggap mahal, karena biaya anak mengenyam pendidikan di Sekolah Katholik, sang orangtua menanggung atau dikenakan biaya komponen pembiayaan struktur organisasi pendidikan yang kompleks, aktivasi aktifitas yang menunjang nilai-nilai dan prinsip yang harus ditanamkan, dan operasional sumber daya yang harus dikelola oleh sekolah tersebut.

person standing near brown concrete wall

Seringkali biayanya lebih besar atau sama dengan biaya kuliah.

Sekolah Katholik

Oleh sebab itu, mencari dan merencanakan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Katholik butuh persiapan dan perencanaan yang matang, dan juga kadang harus dilakukan jauh-jauh hari sama seperti saat kita akan menyiapkan dana pendidikan kuliah.

Biaya

Tahun 2023 ini, kebetulan kami memiliki pengalaman mengantarkan anak kami, Constantine Barinda Nugroho untuk mencari Sekolah Menengah Atas yang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin diambil, tujuan hidup kedepan, pengalaman yang ingin dicapai dan juga pastinya biaya yang sesuai dengan kemampuan orang tuanya.

Memilih pendidikan Katholik untuk jenjang SMA lebih pada keinginan kami memperkenalkan dunia pendidikan Katholik ke anak kami, sama seperti kedua orang tuanya yang mengenyam pendidikan di Kolese Gonzaga Jakarta dan Regina Pacis Bogor.

Pada saat mengantarkan anak kami ke beberapa sekolah Katholik untuk mengikuti proses pendaftaran dan ujian masuk, kami bertemu dengan teman-teman seangkatan SMA dan SMP yang juga sedang mengantarkan anaknya ke jenjang SMA.

Jadinya seperti reuni kecil dan bisa kembali bertemu dengan anak Tarakanita dan Santa Ursula membuka cerita lama soal masa pacaran antar sekolah 🙂 ehemm …

Di saat-saat itulah akhirnya kami bertukar informasi mengenai biaya sekolah di berbagai tempat. Berdasarkan obrolan tersebut berikut adalah kisaran biaya masuk Sekolah Katholik di tahun 2023 dan 2024.

Perlu diberi catatan tersendiri bahwa biaya di Sekolah Katholik bervariasi, tidak semuanya seragam. Beberapa Sekolah Katholik bisa jadi menerapkan biaya berbeda untuk tiap orang tua tergantung dari berbagai hal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan biaya sekolah antar calon murid atau orang tua adalah, penghasilan keluarga, yang biasanya diperkuat dengan indikator lain seperti dimana tempat tinggalnya, ukuran rumah, mobil motor yang dimiliki dan juga indikator harta benda lainnya.

Bagi saya, hal ini menjadi sisi positif beberapa sekolah Katholik, yang kaya mensubsidi yang miskin atau kurang mampu, walaupun juga banyak sekolah Katholik yang menerapkan biaya yang sama rata ke semua calon didik.

Berikut Biaya masuk Sekolah Menengah Atas Katholik tahun 2023 dan 2024, berdasarkan perbincangan santai antara orang tua :

SMA Theresia, uang masuk rata 35 juta dan perbualan sekitar 2 jutaan perbulan. Orang tua hanya diberi waktu satu hari untuk melunasi pembayaran tahap pertama.

SMA Kanisius, uang masuk 150 sampai 200 juta, dan yang mendapat prioritas yang berasal dari SMP Kanisius, untuk tahun 2023 hanya menyisakan dua kelas untuk pendaftar luar.

SMA Gonzaga, uang masuk ada yang kena 55 juta dengan SPP 4.5 juta perbulan. Orang tua bekerja sebagai Manager di sebuah perusahaan besar nasional.

SMA Gonzaga, uang masuk ada yang kena 50 juta dengan SPP 4 juta perbulan. Orang tua bekerja sebagai pro hire di sebuah BUMN, dan Ibu dirumah.

SMA Gonzaga, seorang alumni curhat, bahwa ia dikenakan biaya masuk 65 juta, itu juga sudah termasuk diskon alumni.

SMA Sedes Sapientiae Bedono, Ambara, uang masuk 20 juta, uang sekolah 1,5 juta perbulan dan uang asrama 1.9 juta perbulan

SMA DeBritto. Yogyakarta, Info teman seorang manager, uang masuk 35 juta, hampir 2 juta perbulan untuk SPPnya.

SMA lainnya menyusul ya, masih proses mendaftar sekolah lainnya.

Selamat hunting ya, semoga mendapat tempat yang sesuai.

Bagi para orangtua dan juga anak, harap diingat dan direnungkan juga, perjalanan sang anak masih panjang, tidak atau belum mendapatkan sekolah SMA idaman atau favorit karena sesuatu atau berbagai hal bukanlah akhir dari segalanya.

green and white chairs near green wall

*Bila ingin berbagi informasi biaya masuk sekolah lainnya, silahkan isi bagian kolom komentar, pastinya akan sangat membantu yang lain.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.