Bila bermukim di kawasan yang sejuk, memiliki pemandangan indah dan kontur pegunungan seperti Cibinong, sangat sayang bila waktu santai hanya dihabiskan di rumah saja. Saya pikir, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Cibinong dan Sentul Selatan adalah dengan menggunakan Sepeda Gunung. Selain meningatkan kebugaran, sepeda juga bisa menjadi wahana yang dapay merambah ke pelosok wilayah dengan mudah dan menyenangkan.

Mountain Bike (MTB) merupakan jenis sepeda yang sangat populer saat ini. Kegunaannya tidak hanya terbatas digunakan bersepeda di daerah pegunungan (offroad), tetapi juga dapat/sering digunakan untuk kegiatan sehari hari (onroad). Beberapa kali saya menyaksikan karyawan kantor yang menggunakan sepeda gunung saat berangkat-pulang kerja di kawasan elite Sudirman,Jakarta. Di pakaian atau sepeda mereka sering terlihat tulisan/slogan “bike to work yang terkenal itu. Sepertinya menyenangkan So.. I want a bike too , uphill/downhill in sentul,west java and go to the office with my bicycle haha… I’m not sure with the last one, cycling from cibinong to central jakarta….?


Tulisan ini bertujuan untuk berbagi tips dalam merakit sepeda bagi pemula(termasuk saya). Semoga membantu teman-teman yang lain.

Ada dua(2) cara untuk memiliki sepeda, pertama adalah membeli sepeda yang sudah jadi di toko sepeda seperti RodaLink dan sejenisnya atau pusat perbelanjaan seperti Carefour, Giant dan Hypermart. Cara kedua adalah dengan merakitnya sendiri. Maksudnya memlih komponen sendiri dan dirakit sama teknisi dari toko sepeda tentunya :-). Mengapa harus dirakit oleh teknisi? Sederhana, ada penggunaan peralatan yang spesifik dan tentunya istri saya tidak yakin dengan kemampuan saya dalam merakit sepeda..hahahaha…..

Menurut pengalaman dari beberapa penggemar sepeda, merakit sepeda sendiri bisa jadi lebih mahal dibandingan bila beli jadi. Jadi kenapa memaksakan diri..? Well….. faktor kepuasan dan fleksibiltas dalam memilih komponen yang lebih baik menjadi alasan yang kuat kenapa saya tetap ingin merakit sendiri sepeda gunung tersebut.

Sebelum mulai merakit dan berbelanja di toko sepeda, ada baiknya kita membaca para pendapat para penggemar sepeda. Mesin pencari google dengan keyword ‘merakit+sepeda’ sepertinya sudah cukup memberikan informasi. Jangan lupa juga untuk mengunjungi forum sepeda seperti mtb-indonesia. sepedaku.

The steps:

1.Komponen penting

Menurut beberapa pengayuh sepeda yang sudah senior, ada beberapa komponen penting yang harus dipilih secara seksama. Baik dari segi kegunaan maupun harga. Komponen-komponen tersebut adalah Frame (rangka), Group Set (… i’ll tell u later what this animal…), Brake (rem) dan Fork (garpu depan). Ketiga item tersebut adalah komponen yang paling menguras anggaran, mempengaruhi kemampuan dan kenyamanan sepeda. Sedangkan komponen lainnya tidaklah terlalu mahal dan crusial. Oh iya hampir lupa, sebelum merakit sepeda pastikan dulu budget yang ingin kita belanjakan. Jangan terlalu asyik milih komponen dan tanpa sadar melewati angaran yang sudah ditentukan.

2. Frame

s-worksRencananya sepeda tersebut akan saya gunakan untuk jalan aspal biasa dan jalan offroad yang tidak terlalu berat, sehingga pilihan frame jatuh pada frane tiruan (generic) alumunium yang harganya dibawah Rp450.000,- Generic artinya frame tersebut dibuat di Taiwan Generic artinya frame tersebut palsu/tiruan yang dibuat tidak di pabrik aslinya, bisa dibuat di semarang, surabaya, dll, karena harga frame ‘original’ macam specialized atau Giant dll bisa sangat mahal. Frame buatan negeri gingseng ini Frame yang nggak tahu dibuat dimana ini cukup kuat dan ringan. Cukuplah untuk pemula.

Pilihan frame lain adalah frame-frame alumunium lain bikinan pabrik (brand) Indonesia, Polygon atau United. Frame United Dominate misalnya. Ringan, murah dan bentuknya juga keren. Kalo jeli dan rajin banyak frame asli bikinan dalam negri yang harganya masih murah dan mirip dengan frame generic.

3.Group set ‘Shimano Alivio’

alivioBinatang apa sih group set itu? dan mengapa begitu penting? group set adalah sekumpulan perangkat yang berfungsi mengendalikan dan menyalurkan energi kinetik pada sepeda. Group set shimano alivio terdiri dari Bottom Bracket (BB), Brake Lever (BL), v/Disc Brake (BR), Chain (CN), Chain Cassette (CS), Crabksets (FC), Front Derailleur (FD), Rear Freehub (FH), Front Hub (HB), Rear Derailleur (RD), Shift Lever (SL), dan Brake/Shift Levers(ST). Lebih jelasnya dapat melihat skrinsut. Bagi saya, pemilihan group set alivio shimano (8 tingkat) sudahlah cukup. Group set kelas menengah ini sepertinya cukup bila tidak digunakan untuk kompetisi atau uphill yang ekstrem. Bila ingin agak serius dapat menggunakan shimano deore (9 tingkat), selain opsi rasio kecepatan yang lebih banyak perangkat ini juga mempunyai bobot yang jauh lebih ringan dari alivio. Untuk kisaran harga, alivio sekitar Rp.1.200.000,-an sedangkan deore lebih mahal Rp.500.000,-an. Klik disini bila ingin melihat kategori lengkap dari group set shimano.

4.Fork.

rst GilaGarpu depan (Fork) sepeda gunung saat ini biasanya menggunakan suspensi kejut. Fungsinya untuk meredam getaran sehingga tangan kita tidak cepat lelah. Untuk bagian belakang biasaya tidak terlalu diperlukan, kecuali sepeda tersebut digunakan/dikategorikan untuk downhill. Lagipula suspensi belakang yang melekat ke frame harganya sangat mahal. Tipe suspensi yang saya gunakan adalah RST GILA, pemilihan ini atas saran teman, nggak tau deh kelebihannya. katanya cukup untuk mountain bike biasa..kekekekek…

5.Brake.

Kepinginnya sih menggunakan rem cakram yang keren itu, tapi budget tidak mencukupi. Akhirnya pake rem jenis V-Brake biasa, yang tentunya kebih ringan dari segi bobot dan biaya. Oh iya perangkat ini biasanya termasuk dalam group set bersama dengan hub (as roda).

Terakhir, bagi yang jarang memegang obeng dan tang. Sangat disarankan untuk meminta bantuan kepada teknisi toko untuk merakitkan sepeda. Berdasarkan pengamatan, memasasng jari-jari sepeda ternyata repot bo…..

cheers…….

Many thanks to:

Istriku(yg merelakan uang bonus untuk beli sepeda),Mas Purwoko-Ekspedisi Kompas (yang memberi saran dan daftar harga),Mertuaku,Kamurang bike shop (citeurep), Rumah kedua (very helpfull),MTB-Indonesia and of course google.

update: 28 januari 2008

karena banyaknya pertanyaan mengenai budgeting, jenis komponen, dll… dan keterbatasan waktu dan pengtahuan untuk membalasanya, maka silahkan baca kutipan berikut…

kalo tertarik bisa menanyakan komunitas (rata2 bukan klub-jadi lebih enak) yang ada di bogor, pasti ada.
coba gabung di 2 milis ini untuk bertanya
[email protected]
[email protected]

atau forum ini:
www.sepedaku.com

milis dan forum diatas juga bisa membantu untuk merakit sepeda.

update: 26 februari 2008

Setelah Merakit sepeda gunung dan mulai kecanduan..hampir bisa dipastikan laangkah berikutnya adalah …. UPGRADE

https://diditho.com/2008/02/26/merakit-upgrade-sepeda-gunung-2nd-step/

update : 11 Agutus 2010

Panduan untuk memilih / menentukan ukuran frame sepeda gunung

https://diditho.com/2010/08/10/menentukan-ukuran-frame-sepeda-gunung/

279 Comments Merakit Sepeda Gunung

  1. gama

    salam kenal om saya dari Jogja,mau minta tolong ni om?
    saya mahasiswa semester 3. lagi seneng genjot sepeda,gara-gara kmaren pinjem sepeda temen genjot dari jogja pe Magelang walaupun badan and pantat pada sakit tp sekarang malah ketagihan pengen genjot lg.rencananya mau nyerakit sepeda(cross country) tp ga tau apa2 soal sepeda.bisa bantu saya kasih speknya om? budgetnya 2 juta
    tolong kirim ke E-mail saya ya om.
    makasih om sebelumnya.
    maaf dah nyerepotin.

    Reply
  2. Iman

    Salam kenal buat mas Dit…
    Saya Iman di Bandung. Om, saya pengen maen ke rumah Om, tapi dari Bandungnya, saya pake sepeda. Boleh ngak Om ? hehehe… ntar disana kita genjot bareng2. Sekalian aku cari temen baru…
    Klo saya mah pake sepeda mah bukan hobi, tapi kepaksa, ngak punya kendaraan lain, apalagi saya lagi nganggur, hehehe…
    Salam kenal buat " Tukang Genjot " se-Indonesia

    Reply
  3. Eriek

    Halo om Didit!
    salam kenal. tadi sedang googling tentang sepeda. tertarik kembali menaiki sepeda dan ingin coba merakit sepeda sendiri. makasih infonya om. kapan-kapan mampir lagi deh kemari. hehehe 😀

    Reply
  4. jony

    lam kenal mas..
    merk sepeda element seri attack bgs g cih mas..?
    ktna built-up taiwan..
    toko sepeda dijogja yg oke dmn ya mas..
    thank jawabanya..

    Reply
  5. Ady

    Mas Dit saya tinggal di lampung tp rumah di kedunghalang, Bogor dan baru ingin beli sepeda gunung. Saya agak bingung milih karena banyak model dan merk. Saya sempat liat di Rodalink sepeda polygon collosus yg harganya dari yang 4 juta sampai 50 an juta. tapi saya naksir yang harganya terjangkau sekitar 6,5 jutaan. Yang jadi masalah tinggi saya hanya 158 cm saja.Kira2 frame atau roda ukuran berapa yang cocok untuk saya supaya kaki saya tidak harus jinjit2 atau bahkan nggantung. Mungkin mas ada saran dengan spec dan merk yang cocok untuk saya pergunakan dan budget yang ada. Thanks atas sarannya

    Reply
  6. diditho

    ukuran ban mtb yang umum itu berdiameter 26 inchi, lebarnya bisa 1,95 inchi , 2,1 inchi sampai 2,25 inchi. untuk amannya pilih yang 2,1 inchi saja.

    untuk frame cari yang 14 inchi, maksimal banget 15 inchi.
    kalo soal jinjit sih bisa diatur dari seat post, no problem, yang penting ukuran frame.
    kalo soal merek mendingan langsung hunting ke toko sepeda gunung..

    semoga membantu

    Reply
  7. Pingback: Fez Lounge » Blog Archive » copy-an cara merakit sepeda

  8. sipon

    om, kalo frame generic tu bahannya apa ya? alumunium bukan? ringan ato tidak? misalnya: specialized. bagaimana jika dibandingkan dg frame polygon premier. ringan mana dan bagus mana. (aku mo ganti frame premier ku dg yg frame generic)
    mohon sarannya ya om. makasih banget.

    Reply
  9. diditho

    frame generic rata-rata berbahan alumunium, pastinya ringan. soal seringan apa, pastinya bermacam2, tergantung besar framenya juga. di toko sepeda gunung biasanya ada timbangannya.

    Reply
  10. audy

    mas..
    saya tertarik mountain biking, specialized downhill sedari kecil (meski saya belum pernah memiliki sepeda dari dulu) dan terlupakan sampe saya sudah berkeluarga, hehehe

    ada advice untuk saya yang newbie ?
    terima kasih
    best regards

    Reply
  11. phyjok

    Mas diditho,
    Salam kenal nih saya newbie mau minta advicenya untuk bangun sepeda.
    Saya bingung nih mau bangun sepeda, hasil survey harga2 sudah pada naik semua ya…
    Saya punya budget 3 jt pengennya pake frame UNITED Nuckleus…bisa minta tolong bikinin spec n harga lainnya dengan sesuai budget

    terima kasih
    best regards

    Reply
  12. 69 Biker

    lagi nyari komponen dibawah ini, ada yg masih punya ???

    Component Group Shimano Deore XT/CODA
    Brakeset Shimano Deore XT V-Brake brakes, Shimano Deore XT levers
    Shift Levers Shimano Deore XT RapidFire SL
    Front Derailleur Shimano Deore XT top-swing, bottom-pull/clamp-on 35.0mm
    Rear Derailleur Shimano XTR GS
    Crankset CODA Tarantula SL, 22/32/44 teeth

    Reply
  13. ridwana

    mas….bisa minta tolong aku punya sepeda merk araya model lama (kata penjualnya sih), yang aneh framenya berbentuk kotak persegi (bukan besi bulat). Emang merk Araya ngeluarin jenis tersebut ya??? kalo boleh tau tuh buatan taun kapan???? terimakasih…

    Reply
  14. niza

    mau nanya om
    spesifikasi sepeda macam di bawah ini gimana komentarnya trimakasih sebelumnya:
    Frame : Alloy Biaxial frame
    Front Fork : Top Gun SCT08
    Handle Bar : Rise Steel Black
    Handle Stem : Steel Black Ahead
    Head Set : Ritchey LB Plus
    Handle Grip : Velo Kraton
    Saddle : Selle Royale Rio
    Seat post : Alloy micro adjust Black
    Clamp : Alloy clamp with QR
    Chain Wheel : Suntour NEX110 48T
    Pedal : Steel Cage PP Body
    BB Set : Semi Catridge CH48
    Chain : KMC Z50
    Free Wheel : Shimano TZ07
    Shifting : Shimano RS43
    Front Derailleur : Shimano C051
    Rear Derailleur : Shimano TX30
    Tyre&Tube : Kenda TRAVELITE (K847) 26" X1.95 Black AV
    Rim : Araya GP710 SAT
    Spoke : Stainless
    hub : Formula Alloy F&R QR
    Brake Lever : Tektro
    Brake : Tektro Alloy V-brake
    Others : Bottle & Alloy Cage
    Colours : Black/ Blue, Black/ fox Gray

    Reply
  15. Laksono

    Cak Didit, salam kenal dr Laksono Surabaya. Menarik juga ya komunikasi biker jadi pingin nanya. Mhn opsi kalau frame merek RIDGE DEER 17", tp group set Shimano 200GS udah rada rusak, utk modifikasi kira2 diganti apa ya?

    Salam Genjot…

    Reply
  16. Santoso

    Salam kenal mas Diditho, senang saya baca artikel anda, pengnjuga ikut maen sepeda, kalau boleh tau clubnya dimana ?
    Thanks

    Reply
  17. rucky

    kang didit, sy nwby bgt dialam sepeda, ada bbrapa hal yg ingin saya sampaikan dan minta pendapat atau info ttng alam persepedaan..
    1. impian sy adl mempunyai tk speda. tp dgn konsep custom build as per request, yg jadi masalah, sy ga tau nyari suplyer frame dan bike parts kemana… skalanya ga harus gede, krn sy cek di bbrp situs, suplyernya itu skala gde alias whole sale..
    2. impian sy jg dan rekan2 tuk bikin sebuah majalah atau setidaknya tabloid yg khusus MTB, katanya dulu sempet ada ( ato malah masih, sy aja ga gaul x..)
    yg sy rasakan, alangkah lebih mudah utk mengakses info melalui media cetak mengingat tdk semua kalangan bisa berkutat terus didepan komputer..pertanyaanya adalah,
    syarat pendirian sebuah usaha media cetak itu apa saja ( mengingat kan kang didit berkecimpung didunia jurnalisti)
    nuhun ya kang, n maap nanyanya panjang teuing..heheh
    ps, kali dirasa jawabnya terlalu panjang, kang didit boleh japri ke saya
    thaks,

    regards,
    Rucky

    Reply
  18. Pingback: Fox 32 R terpasang, Selesai Sudah… - diditho{dot}net

  19. PEUTEUY

    mas didit saya mau tanya nih
    saya punya budget 3,5 juta bisa ga dapetin giant seri anthem?
    tolong dijawab ya mas
    saya udah pengen banget nih naek sepeda buat XC / AM

    Reply
  20. PEUTEUY

    mas yang bangun sepeda hampir 2 tahun berapa tuh abisnya kira – kira boleh tau ga?kalo sempet jawab ya ok thanks hatur nuhun

    Reply
  21. hermanto

    Mas Didit saya pemula yang ingin merakit sepeda dan saya mau tanya,dimana mas Didit beli Frame merk Specialized-s-works (generic),sepertinya harganya terjangkau oleh saya,tolong di balas ke email saya mas

    Reply
  22. diditho

    kalo soal frame, minggu lalu saya ke 3 toko sepeda, sepertinya tipe itu sudah jarang. kalo soal frame lainnya dengan harga terjangkau sih masih banyak .

    Reply
  23. Ben

    halo mas Didit..
    saya masih newbie baru punya MB second tapi gatau frame nya type apa kayanya sich poligon single frame,group set shimano alivio, Fork depan saya RST 156. saya ingin meng"upgrade" fork depan saya dengan yang ber suspensi. pemakaian untuk B2W dan mungkin offroad ringan. kira2 ada gambaran yang kisaran harganya 600 ribuan.
    mohon pencerahannya ya mas…
    thanx

    Reply
  24. Aans

    om, namya nih….aku newbie…sekarang punya Element Adventure United Dallas, apa bisa di Upgrade…..apa mampu Element tsb di Upgrade….takutnya…kemampuanya baik dari gegi frame dan lainya…kalah dengan Upgrade an nya, ( dari Segi harga Element lebih murah dari harga Upgradenya)….. ada solusi nya…om….trims

    Reply
  25. tommy utomo

    pak'e saya punya alivio 1 set tapi gak ada hubnya, mo tak lepas 700rb kondisi apik baru 2 bulan pakai, tak jual coz upgrade ke shimano slx… yang kepengen bisa kontak ke 0811853309 yo..

    Reply
  26. Jamil01

    Mas, mo tanya dong klo di daerah pemda cibinong saya bisa hub siapa ya buat ikut2 kong kow n sharing soal sepeda.

    Reply
  27. anto

    hallo mas saya pemain baru di bidang genjot menggenjot, saya punya dana 2,5 jt mau beli sepeda yang enak di bawa ke kantor. menurut mas apa yg cocok, sesuai dengan bujet saya.

    tks
    ———————————-

    Reply
  28. yuddi

    maz mbok diberi tahu ke kami yang di luar daerah jadwal event2 mtb di p jawa kami pengen ikutan gabung dg temen2 biker di p jawa……………thank's

    Reply
  29. Michael

    salam kenal mas didit….
    banyak info tentang bagian2 dari sepeda MTB yg aku dapat dari blog ini…
    Saya kemarin baru membeli sepeda mtb baru, untuk memulai hobby yg sudah lama ditinggalkan bersepeda ria (semasa SD-SMP, sdh pakai derail, tp blum suspensi), sekarang dah umur 30 & tinggi 178cm…hehehehe
    saya beli yg sudah jadi united/exotic….harganya 2.3jt, speknya:
    Frame :MTB 26" Suspension Steel 425 MM
    Fork :Down Hill suspension Fork 26" AL Crown & Blade
    BB/Parts :Shimano BB-UN26
    C/Wheel :Shimano FC-M341L
    Caliper :AL Mechanical Type
    Disc BRK :stainless Steel
    F/Derail :Shimano FD-M330-6
    R/Derail :Shimano RD-TX51
    SFT/LVR :Shimano ST-EF60 21 Speeds
    RIM :AL/CNC 26" Twin Hole A/V Double Wall, W/Eyes
    Free Wheel :Shimano, MF-TZ07-7

    memang hanya untuk sekedar hobi saja, yg mo aku tanyakan adalah…sepeda ini full sus, dan rencana aku mo main ke gunung2…krn sepeda ini beli sdh dalam kondisi siap pakai, maka apakah msh ada/tidak komponen yg masih perlu diupgrade untuk tingkat keamanan, kenyamanan.

    Maaf nanya ngerepotin mas, krn liat mas didit sering balas/tanggapin post2 yg lain. dan aku jagonya di ngerakit komputer, jadi kalu ngerakit sepeda tanya ahlinya saja…

    kalau mas didit berkenan bisa di replay ke [email protected] tempat/track lintasan yg kira2 tidak terlalu extrim.

    trimakasih mas didit…

    Reply
  30. darta

    trims Atas Bantuan teman-teman disini, saya jadi mengerti tentang perakitan sepeda… Tapi ditempat saya di Aceh sepertinya saya tidak menemukan bengkel sepeda yang lumayan bagus, terutama untuk komponen/part sepeda. Ada gak yang bisa bantuin saya. Mas Didit trims atas ulasannya mengenai sepeda.!!!

    Reply
  31. Eddy Zheng

    Salam Kenal Om Didit,

    saya newbie juga, kepingin tahu jarak posisi seat dengan handlebar yang nyaman berapa jauh/derajat, karena sepeda united Venus Xc77 yg saya pkai terasa agak jauh dari handlebar, terimakasih om.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.