Aplikasi Gratis Terbaik 2010 untuk 2011

mahkota romawi.PNGBerikut adalah beberapa aplikasi desktop gratis pilihan yang saya gunakan di tahun 2010 dan tetap akan saya gunakan di tahun 2011 beserta sedikit review. Tentunya saya tidak akan menuliskan semua aplikasi favorit saya, hanya beberapa yang paling memberi kesan saja sehingga sepertinya akan saya gunakan terus sepanjang tahun ini.

 

1.Recuva

Recuva1.pngPernah dengan tidak sengaja menghapus berkas di komputer ? entah itu berkas di harddisk atau media penyimpanan portabel lain seperti usb drive, sd card dan sejenisnya? Jangan khawatir, Recuva akan mendapatkan dan mengembalikan berkas anda walaupun sudah menghilang dari RecycleBin! Tidak hanya terbatas pada desktop, aplikasi ini dapat mengembalikan berkas dari media peyimpanan yang anda gunakan di gadget anda seperti handphone, MP3 player, Kamera Digital, dan lain sebagainya.

Hati-hatilah ketika anda menyimpan gambar atau video yang sifatnya ‘pribadi’ di gadget seperti handphone, walaupun anda sudah menghapusnya, aplikasi gratis ini dapat mendapatkan kembali berkas tersebut.

2.7zip

7zfm.png7Zip adalah aplikasi kompresi/dekompresi gratis yang memiliki sumber kode terbuka (opensource). Saya sangat menyukai dukungan kompresi/dekompresi yang sangat beragam , mulai dari 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM. Untuk pilihan dekompresi saja , mendukung format ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR and Z .

Walaupun gratis, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mumpuni, seperti kompresi terproteksi (password) dengan algoritma AES 256 yang sangat kuat dan juga  tentunya integrasi dengan Windows Shell.

Menurut situs resminya, aplikasi ini dapat melakukuan kompresi 2-10% leboi baik dari PKZip dan WinZip. Bila kompresi dilakukan dengan format 7z, akan lebih baik 30%-70% dibandingkan versi zip.

3.KeePass Password Safe

main_big.pngBanyaknya  account di komputer pribadi,  server,  juga makin bertambahnya situs jejaring sosial, mengakibatkan makin membengaknya jumlah user dan password yang harus di maintain (bukan diingat loh…). KeePass Password Safe adalah aplikasi gratis, ‘ringan’ dan memiliki sumber terbuka (opensource) yang berguna untuk memanage account-account tersebut dengan mudah dan aman.

Dengan aplikasi ini, kita dapat menyimpan seluruh account ke dalam sebuah database yang dilindungi dengan sebuah password (master key). Database tersebut juga terlindungi dengan algoritma enkripsi terbaik saat ini, AES dan Twofish.

4.FBackup

fbackup.pngSering tidak disadari bahwa membuat cadangan (backup) berkas di komputer adalah tindakan yang sangat penting. Perangkat penyimpanan semacam harddisk, ssd, sd card dan lainnya suatu ketika pasti akan rusak, dan kita tidak akan tahu kapan malapetaka itu terjadi. Tindakan backup yang rutin dapat menyelamatkan berkas yang mungkin kita bangun dan akan butuhkan seumur hidup. Prosedur backup yang paling umum adalah memindahkan berkas ke media penyimpanan lain. FBackup merupakan aplikasi favorit saya untuk melakukan pekerjaan ini, mudah, fiturnya lengkap, serbaguna dan terpenting gratis! Aplikasi ini dapat berjalan di Windows 7, Vista, XP, 2000 dan  2008/2003/2000 Server (32 dan 64-bit).

Fitur FBackup yang saya sukai adalah schedule dan memiliki fitur pemeriksaan berkas apa yang bertambah (Diff Backup). Untuk aplikasi gratis, rasanya belum ada yang bisa mengalahkan fitur FBackup.

Happy New Year 2011

4 Comments Aplikasi Gratis Terbaik 2010 untuk 2011

  1. Pingback: Sistem Operasi Windows dan Aplikasi windows | Yosi407

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *