Kehabisan Bandwith dan Tren Blog

Dua bulan terakhir ini saya mendapat kejadian yang cukup mengejutkan. Blog ini kehabisan quota bandwith dua kali (2X). Ketika Blog/website dihost di suatu layanan share hosting atau dedicated hosting (VPS) biasanya perusahaan layanan hosting akan memberikan paket yang memiliki quota bandwith. Bila batasan tersebut tercapai, makan blog/website tersebut akan memberikan pesan “Bandwith Limit Exeeded“. :-t

Kehabisan quota belum bukan kejadian yang sering saya alami, sesekalinya kehabisan bandwith disebabkan tulisan blog mengenai kelakuan Roy Suryo yang mengirim pesan teks pada malam hari. Ini kejadian sekali seumur hidup, sedangkan yang terjadi belakang ini tidak dipicu oleh kejadian khusus.

Setelah menginformasikan ke penyedia layanan hosting, blog ini pun dapat kembali menampilkan kontennya. Terimakasih untuk pihak tadulako atas penambahan (2x) bandwithnya yang diluar paket. :-bd

Penasaran, saya pun menelusuri apa penyebab utama blog ini bisa memakan bandwith begitu besar. Apakah ada file gambar yang besar atau lainnya?  FYI, blog ini sudah menggunakan plugin WordPress Super Cache untuk mengantisapasi terkurasnya resources server dan eksekusi jquery besar-besaran pada platform wordpress. Semua gambar pun di host di layanan seperti flickr dan picasaweb.

Setelah saya cermati ternyata memang ada kenaikan traffic (hit) pada blog ini pada beberapa bulan terakhir, sepertinya dimulai dibulan Januari 2010. 😕 Bulan Juni 2010 yang masih berjalanpun sudah melampai bulan April dari segi Halaman (pages) yang diakses.

Ditengah-tengah hingar-bingar jejaring sosial (facebook,myspace,dll) dan layanan micro blogging seperti twitter (lokal:koprol), blog ini justru mengalami peningkatan traffic. Disamping masalah quota bandwith, bagi pemilik blog hal ini bisa disebut anugrah (blessing). Nggak ada pemilik blog yang nggak senang kalo blognya dikunjungi banyak orang.

Awalnya saya mengira traffic blog ini akan flat (biasa saja), akibat dari makin meningkatnya tren jejaring sosial dan micro blogging. Ternyata justru yang terjadi sebaliknya. Dikarenekan jarang yang menulis blog, akhirnya terjadilah seleksi alam. Beberapa blog yang masih aktif (kalau tidak mau disebut bertahan) akhirnya memiliki kesempatan dikunjungi lebih besar. Entah lewat mesin pencari macam google, yahoo maupun bing atauoun dari link di facebook maupun twitter.

Ketika saya telusuri statistik dari Google Analytic dan WordPress, blog ini mengalami peningkatan hit cukup banyak dari mesin pencari dengan  keyword tertentu dan juga link dari facebook.

Pernah baca di suatu blog, “bahwa blog itu tidak untuk semua orang“, Menulis blog membutuhkan usaha yang lebih besar dibanding menulis status di facebook ataupun 140 karakter di tweeter.

So…., Bagi para blogger, ini lah kesempatanmu…., :D/ nggak ada (jarang) yang ngeblog lagi, maka ngeblog lah sekarang! “Penuhi” Internet dengan konten yang baik dan bermanfaat.

Seperti ketika bermain saham, ketika saham lagi jatuh-jatuhnya dan mencapai titik terrendah disitulah baiknya kita mulai berinvestasi.

Happy Blogging <:-P

1 Comment Kehabisan Bandwith dan Tren Blog

  1. Haikalajadeh
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    haikalajadeh.blogspot.com Blogwalking seminggu sekali ya..sama2 bookmark
    haikalajadeh.blogspot.com Blogwalking twice a week.. we same bookmark 🙂

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *