Tips Bersepeda (1)

membungkuk Dari acara Bike Clinic beberapa waktu lalu di Bentara Budaya Jakarta, beberapa point/hint mengenai Safety Riding dan tips bersepeda agar nyaman dan selamat. Sangat benguna bagi para newbie yang akan melakukan aktivitas Bike to Work, Bike to School atau Offroad perdana.  Semoga bermanfaat… oh iya.. materi dibawakan oleh Pak Jati dan kawan-kawan.

Gambar di atas adalah contoh posisi bersepeda yang kurang tepat.. badan terlalu membungkuk dan sudut kaki terlalu lurus…

1. Safety Riding

Dimulai sebelum menggenjot sepeda. Artinya  persiapan sudah dilakukan sebelumnya. Pastikan kondisi sepeda baik dan terawat, gunakan alat keselamatan seperti helm dan lampu penerangan bila bersepeda malam hari. Kondisi sepeda yang baik didapat dari perawatan rutin yang kita lakukan sendiri atau dengan bantuan mekanik sepeda. Bersihkan sepeda dari lumpur/tanah maupun air hujan dan beri pelumas pada bagian yang bergerak. Jangan menyemprot dengan tekan air tinggi pada bagian-bagian bergerak seperti Bottom Bracket maupun Hub.

2.Cleat

Gunakan cleat pedal untuk mendapatkan kayuhan yang efisien. Kayuhan yang efisien artinya mengayuh tidak dengan patah-patah, harus dapat membuat pola melingkar yang smooth. kayuh kotak-kotak terjadi bila tidak mengunakan cleat. Untuk penggunaan cleat juga dibutuhkan sepatu khusus. Percaya atau tidak, dengan cleat efisiensi bisa mencapai 50 persen! Pengalaman teman saya yang beru mencoba menggunakan cleat, ternyata mudah dan tidak begitu menakurkan, yah…paling jatuh bentar.. 🙂

3.Posisi Tubuh

Posisi tubuh yang baik adalah tidak terlalu membungkuk. Posisi membungkuk terjadi bila ukuran Frame sepeda terlalu besar atau jarak stem/stang terlalu jauh. Posisi membungkuk akan mengakibatkan tangan cepat kram dan lelah.

4. Posisi Kaki

rame oi.. Posisi kaki ketika mengayuh sepeda  harus dalam posisi/bentuk ideal, caranya dengan mengatur ketinggian seat postl. Posisi ideal yang dimaksud adalah , ketika kaki pada pedal diayunkan, ketika mencapai posisi pedal paling bawah , kaki agak menekuk sedikit membentuk sudut sedikit saja. Bila Kaki menekuk terlalu banyak maka seatpost telalu rendah dan dapat mengakibatkan keram pada paha depan, bila sudut kaki lurus atau hapir lurus, berarti seatpost terlalu tinggi dan dapat mengakibatkan keram pada betis belakang bawah… atau kebalik ya??? hehe ya gitu deh…

Segitu dulu aja, sori cuma sedikit.., soalnya udah pulang duluan sebelum acara kelar.

to be continue…

10 Comments Tips Bersepeda (1)

  1. bejo
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mas mau tanya
    saya mau beli sepeda biar gak ribet beli yg langsung jadi
    tapi bingung,katanya yang frame alloy(almunium) tu ada masa pakai sekitar 5th benar gak sih?(rugi tho beli mahal mahal cuman dipake 5th)

    Reply
  2. ramaikkonen
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    mas mau tanya…cleat apaan??
    oia..mau tanya lagi..itu toko2 sepeda yg di bogor dya nerima bwt reseller ga ya??
    grazie.

    Reply
  3. ramaikkonen
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Sana Jaya dan Kamurang Bike deket2an ya mas??
    buka tiap hr ga ya??apa di tlp aja??
    yg pnya baik kan ya??hehehehehe

    Reply
  4. Pingback: Tips Bersepeda | Ribitsity

  5. employee recognition
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    I don't want to build any muscles. I'm just planning to lose weight. I can't swim very well so i can either run or cycle. Is cycling effective in losing weight. Or does it help you build up calf muscles.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *