Speedometer.Beberapa waktu lalu, jarum speedometer (pengukur kecepatan) pada mobil all new corolla (anc) 97 yang saya kendarai tiba-tiba bergerak meloncat-loncat seperti tupai. Tak lama kemudian bergerak normal kembali, selang beberapa waktu kejadian tersebut terulang kembali, jarum speedometer kembali meloncat-loncat.

Pada awalnya, saya abaikan gejala ini, sampai beberapa hari kemudian alat penunjuk kecepatan (speedometer) tersebut tidak bergerak sama sekali ketika mobil digunakan.

Segera saya bertanya ke milis ANC,  kuat dugaan hal ini karena kabel speedometer telah putus. Bertanya ke milis/komunitas adalah cara terbaik untuk menghemat waktu, menambah wawasan dan terlebih tidak perlu takut dibohongi montir.

Pada mobil All New Corolla (ANC) , kabel speedometer terbagi menjadi dua bagian (atas-bawah), sehingga kita harus memastikan bagian mana yang putus. Cara memeriksanya cukup mudah, bongkar saringan udara dan periksa kabel yang ada di bawahnya. Akan terlihat kabel 2 bagian yang dipisahkan oleh drat, buka (putar) dratnya dan periksa kabel mana yang putus. Setelah itu segera ganti!

Ngomong-ngomong kenapa alat penunjuk kecepatan ini harus segera diganti? kan tidak akan membuat mobil mogok ?

Bikin mogok atau mengurangi performa sih nggak, tapi tanpa speedometer pastinya odometer yang harusnya menjadi patokan maintenance (mengganti oli, dll) tidak akan berjalan.

5 Comments Ciri Speedometer Akan Segera Putus

  1. Robert Molle

    Wah mas didith paling mantab menjelaskannya…. makasih mas.. btw boleh minta bantuannya gak mas? Kalau di om jimmy bisa ngirim spare part ANC ke luar kota gak ya?

    Reply
  2. agung

    Salam kenal om diditho..
    saya newbi pengguna ANC juga dari cibinong.
    kabel speedo saya awalnya cuma gerakan tidak konstan dia gnka 40 km/jam kalo di atas itu normal.
    kemaren setelah nyuci mobil, iseng2 bersihin debu di daerah mesin, eh pas jalan ternayta speedo ga bergerak. apa ada hubungannya dengan aktifitas di sekitar ruang mesin ya?

    kalo mau bongkar kabel speedo, kan buka saringan udara ya? btw yang mana sih saringan udara ? hahaha maklum belum pernah bongkar. kl boleh kasih foto posisinya n cara bongkarnya.

    makasih banyak sebelumnya.

    Reply
  3. Dody

    Tanya Om, mobil yg sama, punya saya ANC SEG 97 Automatic, sy merasa Speedometer ANC sy tdk normal lari belum kenceng2 amat tp speedometer sdh menunjukkan 100 KM/jam dan kalo ngerem jarum speedometer turunnya lama, apa itu gejala hrs ganti kabel speedometer, dan kalau hrs ganti harganya kisaran brp ya.?

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.