Virtualisasi Terbaik (Desktop)

Bekerja dengan beberapa Sistem Operasi (Operating System) (OS) menjadi tidak terhindarkan untuk saya. Dulu sih hanya sekedar untuk hobi dan iseng saja, tapi saat ini saya benar-benar menggunakannya untuk kerja.

Ini semua, gara-gara aplikasi Business Explorer (BeX) SAP 7 (NetWeaver) yang tidak mendukung Microsoft Office 2010 x64 (64 bit). Menurut SAP Notes, dukungan baru akan diberikan pada tahun 2013! waduw… keburu kiamat kali ya…

Daripada downgrade aplikasi di komputer kantor lebih baik saya menggunakan solusi Virtualisasi saja. Sebenarnya apa sih Virtualisasi itu ? Singkatnya virtualisasi itu adalah menjalankan OS lain (Client) diatas OS yang sekarang kita gunakan (Host). Tidak seperti Dual Boot dimana OS dijalankan bergantian , dipilih pada saat menjalankan komputer, Virtualisasi memungkinkan kita menjalankan beberapa Client OS pada komputer Host kita.

Beberapa aplikasi virtualisasi yang terkenal adalah WMware, Hyper-V, Virtual PC, Parrarells dan masih banyak lainnya . Beberapa sudah saya coba ‘cicipi’, dan pilihan saya jatuh pada VirtualBox yang sebenarnya ada di bawah ‘radar’ (baca:bayang-bayang) aplikasi virtualisasi yang saya sebutkan sebelumnya. Alasan utama saya memilih VirtualBox adalah karena aplikasi ini dapat menjalankan vitualisasi dengan sangat gegas pada komputer desktop dan memiliki dukungan OS yang sangat beragam (Windows,Linux,OSX,Solaris,OpenBSD).

Saya sudah menggunakan VirtualBox semenjak masih dikelola mandiri oleh para pendirinya yang berasal dari Jerman, yup! VirtualBox didirikan oleh perusahaan Jerman Innotek GmbH. Kemudian, aplikasi gratis (free) dengan sumber terbuka (opensource) ini dibeli oleh Sun Microsystems, karena Sun dibeli oleh Oracle, ya akhirnya sekarang memakai embel-embel Oracle VirtualBox. Menurut saya aplikasi ini mengalami perkembangan yang sangat mengesankan, fitur terus bertambah dan pengelolanya selalu memperbaiki bugs dengan cepat.

6 Comments Virtualisasi Terbaik (Desktop)

  1. Fami
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    VirtualBox…. ah terlalu banyak masalah buat gw. Mulai dari setting network yg agak susah sama jamnya bermasalah (ini yg penting banget). Detik ke detik suka berhenti, jadi jam gak sinkron sama jam di hostnya. (VirtualBox sblm diambil oracle). Cepat sih memang.

    gw pilih Hyper-V aja 🙂

    Reply
  2. -Fa-
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Masih versi 3.0.6 sih (tahun 2009 akhir)
    Kalau buat desktop sih gak terlalu masalah….. tapi kenapa gw masih pakai virtual pc buat yg desktop ya (dibandingin sm yg versi 4)…ha….ha…. lupa alasannya :-))

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *