Baru-baru ini saya mendapat kesempatan (fasilitas kantor) untuk berkerja di lingkungan Windows Vista Business Edition. Pertama kali menggunakan Windows Vista lumayan bingung juga 🙂 , tapi dengan cepat saya jadi jatuh cinta dengan beberapa fiturnya.

curhat MODE=ON
Btw.. tulisan ini lahir dari kekosongan waktu sesudah jam kantor…., kalo ditanya ngapain masih di kantor? well gara-gara proses server yang lama banget untuk menjalankan DTS dan membuat CUBE (6 jam J …. and still working) jadinya nggak bisa ngapa-ngapain, karena mostly semua kerjaan saya bergantung banget sama server tersebut. Resources servernya lagi fully booked, makanya nongkronginnya setelah jam kerja, kalo nggak.. wah… yang nggak bisa kerja bisa satu unit sendiri 🙂
curhat MODE-OFF

nggak bisa kerja, bosen internet, nggak bisa pulang (satpam server:mencegah LOCK) ….. daripada bengong mendingan nyeritain fitur Vista….

1.Gadget

Pada tampilan sebelah kanan dektop vista terdapat fitur yang bernama gadget. Gadget ini merupakan berbagai jenis aplikasi kecil yang dikembangkan oleh komunitas. Aplikasinya lucu-lucu dan menyenangkan. Ada kalender, laporan cuaca, meteran processor, note..dll banyak deh..

2.Aero

Fitur Aero itu bertujuan untuk menampilkan efek transparansi pada beberapa jendela. Selain itu memberikan efek 3 dimensi. Fitur ini dibangun diatas lingkungan Windows Presentation Foundation (WPF). Mensyaratkan NetFramwork 3.0 yang terintall default diVista.

3.Search

Nah ini dia fitur yang sangat membantu dalam pekerjaan. Tidak perlu lagi mengingat letak file, struktur folder, nama aplikasi. Cukup ketikkan beberapa huruf atau kata dan fitur search vista akan memberikan output aplikasi,file,history..dlll yang masuk dalam range huruf/kata yang anda ketikkan. Fitur ini menghasilkan output pencarian dengan sangat cepat, tanpa tombol eksekusi langsung menampilkan hasil pencarian setelah kita menekan tuts! Jantung fitur ini adalah service “SearchIndeks” yang berjalan secara default pada boot pertama. Bila dirasa terlalu membebani kerja komputer, fitur ini bisa dimatikan.

4.Disk Management

Untuk melakukan partisi pada versi windows sebelumnya kita diharuskan (baca:paksa) untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Acronis atau Partition Magic. Dengan Disk Management Vista, membuat partisi menjadi sangat mudah.
1: Masuk ke menu Disk Management
2: Kecilkan partisi yang sudah ada,
3: Buat partisi pada space yang kosong tersebut.
Selesai…Begitu mudah…

5.ReadyBoost

Seringkali aktifitas yang saya lakukan di komputer kantor membutuhkan cadangan memori yang lumayan besar. Memori 2 GB yang tertanam di komputer sering tidak cukup. ReadyBoost adalah fitur pada vista yang bisa mengutilisasi perangkat sejenis USB drive untuk digunakan sebagai cadangan memori.

Klik kanan icon USB drive anda, pilih properties dan pilih tab ReadyBoost

Segitu dulu untuk malam ini, sudah jam 9 malam, prosess server belum selesai…, ditinggal saja….
cerita berikutnya menunggu prosess server lain waktu.

Terimakasih!

13 Comments Fitur Windows Vista (1)

  1. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    selama versinya business edition atau ultimate harusnya sih memungkinkan. yang perlu diperhatikan kalo pake versi home atau basic, fitur aeronya tidak ada. oh iya untuk menjalankan fitur aero ada syarat kartu garfis minimal.

    Reply
  2. Nofie Iman
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Vista memang bagus dan ada perkembangan pesat dibandingkan pendahulunya. Tapi, saya melihat ada kecenderungan sistem operasi saat ini makin menghabiskan resources untuk feature yang mungkin tidak terlalu bermanfaat.

    Reply
  3. Esther
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Pak, mau tanya nih, disk management vista itu dimana ya, saya juga baru make vista business nih, masih kagok, biasa pake XP, saya mau ubah ukuran partisi, partisi saat ini C = 40, D = 120, pingen ubah C jadi 60 gitu bisa gak ya…

    Tx tuk bagi pengalamannya ya….

    Reply
  4. masliliks
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    ultimate?bussiness?home?basic?
    woalah mas, disekem sama produsennya koq mau. itu ada OS laen yang punya fitur sama dengan 1 harga, nda ada perbedaan fitur khekhekhek

    * maap, tadinya mbaca yang njenengan dapet sms dari "you know who" tapi ini yang malah menarik untuk dikomentari
    kali yang masalah sms itu lak 68% komen pasti kesana semuwa =))

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.