Opera Mini On Nokia E61

server compressionSetiap hari saya menghabiskan waktu di transportasi umum selama 4 jam. Bagi kebanyakan komuter, aktivitas di bus atau kereta api adalah tidur. Saya tidak bisa tidur di angkutan umum walaupun bus tersebut memiliki fasilitas Air Conditioner dan berkonfigurasi tempat duduk 2-2 yang nyaman (i love shuttle sentul). Read a book or surfing the Internet with my cell phone (nokia E61) are certainly became my habit on a public bus.

Layar lebar dan kemampuan 16 Mb screen colour dari Nokia E61 membuat saya betah mengakses Internet dimana saja dan kapanpun. Permasalahannya adalah tagihan telepon selular yang meroket (Rp 10,-/kb) , damn you gsm!

Pada suatu pertemuan dengan pihak luar di kantor, saya mendapat informasi bahwa ada browser/aplikasi yang dapat mengakses internet dengan stream data yang jauh lebih efisien(baca:kecil) dibandingkan browser pada umumnya, it’s OperaMini.

OperaMini ternyata bukan hanya sekadar browser mobile biasa. Salah satu fitur utama adalah stream data yang kecil dari hasil kompresi situs web yang diakses. Apakah OperaMini melakukan kompresi? Let’s find out…. Format dan content Situs web yang akan kita lihat pada OperaMini dikirim dahulu ke server Opera di berbagai lokasi di dunia. Untuk wilayah asia server yang melakukan kompresi terletak di Taiwan. Setelah dilakukan kompresi , content situs tersebut kemudian dikirim ke browser OperaMini di telepon selular kita. Hasilnya cukup mengagumkan, situs web http://mobile.nytimes.com hanya menghabiskan stream data 1/3 dibanding browser internal nokia E61.

Hasil benchmak dengan situs http://mobile.nytimes.com (both images mode:ON) :

1.mobile.nytimes.com

new york times

2.Data stream ‘Nokia Internal browser’

Nokia's Internal Browser

3.Data stream ‘OperaMini On Nokia’

OperaMini

4 Comments Opera Mini On Nokia E61

  1. enda
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Di Thailand kebetulan akses gprs dihitung per waktu, 20 jam = Rp 25 ribu, jadi ga terlalu mahal.

    Cuma tetep pake mobile, walaupun pake operamini, masih ga nyaman hehe.

    Selain mobile.nytimes.com dimana nyari alamat url untuk mobile lainnya ya?

    Reply
  2. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    reuters juga punya web untuk mobile mobile.reuters.com. kalo pake mobile phone nokia , browse ke bagian katalog, download aplikasi reuters yang menggunakan adobe flash lite, lebih asik 🙂 .

    Untuk CNN, kunjungi eu.handmark.com dengan mobile phone, download aplikasinya (J2ME).

    paling tidak tiga situs mobile news tersebut yang sering saya kunjungi.

    🙂

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *