evotech performance frame sliderMengendarai motor dengan mesin multi silinder dan kapasitas cc (cubical centimeter) besar memiliki resiko yang lebih dibandingkan dengan mengendarai motor produksi masal pabrikan lokal yang kapasitas mesinnya dibatasi agar sesuai dengan market dan regulasi umum berkendara dan pajak di Indonesia.

Tenaga yang berlimpah dan bobot yang biasanya diatas 200 kg membutuhkan pengamanan ekstra dari sisi cara berkendara mapun dari sisi kelengkapan motor itu sendiri.

Menghancurkan motor seharga Sedan Honda Brio baru pastinya bukanlah sesuatu yang menyenangkan, dibanggakan atau bisa diterima dengan lapang dada.

Motor Jatuh dan Baret

35098642724_f5de40f2f8_k

Kawasaki Ninja 650 versi tahun 2017

Beberapa bulan lalu ketika mengeluarkan motor Kawasaki Ninja 650 dari garasi dengan cara mundur, pijakan kaki saya tiba-tiba tidak kuat karena ada perbedaan ketinggian pijakan yang saya tidak antisipasi sebelumnya.

 

Motor mulai miring perlahan dan tak tertahankan jatuh rebah dalam gerakan lambat menimpa saya di sisi sebelah kanan. Dasar memang kurang latihan, segala kekuatan yang dikeluarkan tidak ada artinya untuk membuat motor tesebut tetap berdiri tegak.

Ajaibnya saya tidak terluka sama sekali karena sepertinya pihak pembuat motor sudah memperhitungkan hal ini.

Motor akhirnya berada dalam posisi tidur rebah tapi tumpuannya ditopang oleh bagian khusus di footstep  yang berbentuk bulat. Sepertinya tonjolan kecil berbentuk bulat di bagian bawah footstep punya maksud tersendiri sebagai tumpuan motor bila dalam kondisi rebah.

Bagaimana dengan fairing ? Memmm.. karena jatuhnya pelan, fairing hanyak baret. Tetapi yah lumayan baretannya tidak bisa hilang dan beberapa area stiker juga terkelupas.

Hal yang paling memalukan sebenarnya terjadi ketika saya berusaha sekuat tenaga untuk mengangkat motor tersebut kedalam posisi tegak, tiga kali (3x) mencoba dengan kekuatan ngeden yang maha dashsyat, tetap saja ‘kuda besi’ besi itu tetap dalam posisi rebah.

Butuh bantuan orang dewasa lain untuk membantu mengangkat motor tersebut ke posisi tegak.

Semenjak hari itu saya mulai berhati-hati saat memindahkan motor tanpa bantuan tenaga mesin, sebisa mungkin tidak boleh miring, semua harus dilakukan dalam posisi tegak.

Untuk mengantisipasi kerusakan lebih lanjut pada body, fairing, rangka, aksesori dan komponen motor, akhirnya saya mulai mencari berbagai macam informasi tambahan dengan bantuan paman di Google.

Salah satu topik yang selelau muncul adalah perlindungan motor menggunakan spare part after market tambahan bernama frame slider.

Frame Slider adalah salah satu komponen atau sparepart after market tambahan yang vital untuk ‘menyelamatkan’ kerusakan parah ketika motor jatuh dalam posisi diam maupun bergerak.

Evotech Performance

Pencarian frame slider untuk motor Kawasaki Ninja 650 keluaran tahun 2017 bukan perkara mudah. Mungkin karena termasuk keluaran baru, spare part tersebut tidak tersedia di toko , bengkel biasa dan resmi maupun toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Kalaupun ada hanya spesifik untuk motor sejenis keluaran tahun sebelumnya, yang mana pastinya tidak bisa plug and play.

Ketika belum ada di market Indonesia, saya pun melakukan pencarian di eBay, Amazon dan AliExpress. Sempat ada harapan ketika frame slider yang dimaksud ada di Amazon, sayangnya seller tersebut tidak bisa melakukan shipping ke Indonesia.

Saya sempat melupakan misi pencarian frame slider tersebut selama beberapa minggu, sampai pada akhirnya saya iseng-iseng lagi memasukkan keyword pencarian “frame slider kawasaki ninja 650 2017”.

Setelah pindah beberapa halaman, akhirnya saya sampai pada situs e-Commerce yang dikelola oleh perusahaan di Inggris dan dijalankan di platform Shopify. Hemm.. , saat itu saya sama sekali belum pernah berbelanja di platform e-Commerce Shopify.

Nama situs yang menarik perhatian saya adalah Evotech Performance. Dengan menggunakan batuan filter pada navigasi utamanya, saya dapat menemukan spare part khusus untuk Kawasaki Ninja 650 2017 , tentunya frame slider juga ada di hasil filter tersebut.

evotech performance

Pertamakali saya berinteraksi dengan layanan e-Commerce Shopify, tidak ada keraguan sedikitpun untuk langsung melakukan transaksi di situ ini. Selain situs sudah dilengkapi dengan koneksi SSL (HTTPS), lainnya yang membantu saya untuk yakin langsung bertransaksi adalah notifikasi di sebelah kanan bawah yang memberi informasi rating situs ini.

Selain itu ada promo free shipping dari United Kingdom (UK) ke Indonesia. Uhuy..!!

Setelah memilih frame slider yang dimaksud, akhirnya saya memasukkan informasi identitas diri dan alamat pengiriman. Untungnya pembayaran membolehkan dilakukan melalui PayPal, menambah rasa aman bertransaksi karena saya tidak harus memasukkan infromasi kartu kredit ke pihak ketiga.

ketika status pembayaran PayPal disetujui, sistem situs Evotech Performance langsung memberikan notifkasi yang sesuai mengenai status pembayaran, selang beberapa saat dilanjutkan dengan informasi shipping yang bisa dilacak.

Sayangnya informasi shipping hanya bisa dilacak terakhir pada saat barang dipindahtangankan ke ekspedisi Internasional menuju Indonesia. Selebihnya tinggal berharap – harap cemas saja.

Sekitar seminggu, akhirnya barang tersebut sampai juga dirumah, dibungkus rapi dan memiliki komponen lengkap sesuai dengan informasi di situs maupun penunjuk pemasangan yang bisa kita unduh juga di situs Evotech Performance.

img_20171021_084852698335178.jpgimg_20171021_084637978281560.jpgimg_20171021_084626908394800.jpg

Pada situs tracking shipping juga akhirnya diberikan status ‘delivered’ dan dicantumkan juga sejarah perjalanan barang tersebut.

track 1

Tahapan Berikutnya adalah Pemasangan

Memasang frame slider membutuhkan kunci momen (torque wrench), atau setidaknya bila tidak menggunakan kunci dengan pengukur kekuatan sebaiknya diserahkan saja ke montir yang sudah terbiasa melepas dudukan mesin bawaan pabrik dengan silinder bawaan frame slider after market ini.

Di Bogor, ada satu bengkel khusus moge ( motor gede ) yang lumayan terkenal, DANNE MOTOR. Pemiliknya ramah dan montirnya cekatan. Berikut hasil akhir pemasangan frame slider Evotech Performance di Motor Kawasaki Ninja 650 2017.

Tidak membutuhkan waktu lama, mungkin sekitar 10 menit, frame slider bisa terpasang dengan baik.

img_20171021_120052479190854.jpgimg_20171021_115950436412362.jpg

Semoga membantu … , selamat berkendara and please be safe.

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *