Saat ini sepertinya kita sering membaca atau mendengar istilah Internet Of Things (IoT) yang sering disebut-sebut di seminar atau ruang publik sebagai masa depannya dunia.

Penjelasan Wiki Indonesia masih sangat minim, hanya menyebutkan “konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus”

Sehingga membuka peluang pejelasan turunan IoT yang bervariasi , Beragamnya penjelasan IoT oleh berbagai pihak seringkali malah menambah kebingungan dan menjadikan istilah IoT menjadi absurd.

Ya jualan ‘kecap’, biasalah di negeri yang jualan cuap-cuap masih laku karena masyarakatnya jarang membaca secara holistik, mendalam dan kultur diskusi egaliter yang minim.

Bagi saya sendiri, yang pekerjaan sehari-harinya sangat dekat dengan unsur teknologi yang terhubung (connected), selalu membayangkan IoT dengan visualisasi mobil yang dilengkapi dengan berbagi sensor.

Sensor untuk mencari rute terdekat menggunakan Google Maps yang tampil di dashboard, peringatan habis bahan bakar yang langsung menunjukkan lokasi POM bensin yang terkoneksi dengan database Shell Indonesia, sampai dengan indikator ganti oli dan kampas rem yang terhubung ke server pusat Toyota.

Semuanya menggunakan backbone internet melalui jaringan data GSM.

Nah, kali ini saya menemukan penjelasan IoT yang sangat lengkap dan mudah dicerna dalam bentuk visual infografis yang sumbernya dari Postscapes. Semoga bermanfaat.

iot

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *