Pindah Domain, Mengembalikan Traffic Blog

from net to comBlog ini sebelumnya menggunakan domain diditho.net, tentunya saat ini saya telah memindahkan seluruh konten blog ke diditho.com .

Sebelum memutuskan mengganti nama domain, pertanyaan besarnya bukan pada masalah teknis cara memindahkan, tapi pada seberapa sukses saya mengembalikan traffic (baca: kunjungan) seperti blog sebelumnya ?

Saya sebenarnya tidak begitu peduli dengan traffic, saya cuma suka menulis dan berbagi. Mau dibaca banyak atau tidak, itu tidak masalah, yang penting ada satu atau dua pembaca blog yang terbantu.

Pertanyaan sebelumnya lebih pada rasa penasaran saya saja, apabila mengganti nama domain,  berapa minggu, bulan atau bahkan tahun yang dibutuhkan untuk mengembalikan traffic situs ke pencapaian sebelumnya ?

Atau malah blog dengan alamat baru tersebut tidak bisa mencapai pencapaian sebelumnya ?

Ketika beralih dari diditho.net ke diditho.com, saya tidak menggunakan teknik Redirect. Jadi ini murni pindah ‘rumah’ tanpa teknik redirect (pengalihan).

Maksudnya begini, dengan teknik Redirect 301 Moved Permanently, anda dapat mengarahkan secara otomatis URL lama (diditho.net) berserta child pathnya ke domain yang baru.

‘diditho.net/adapanya/nih’
bisa langsung menuju
”diditho.com/adapanya/nih”

Bila anda berencana bermigrasi atau mengganti domain, sebaiknya anda melakukan teknik ini. Saya tidak melakukan karena saya benar-benar sudah tidak ingin menggunakan domain .net lagi.

Lalu apakah saya berhasil mengembalikan traffic seperti pencapain sebelumnya ? bila ya berapa lama ?

Bila dilihat dari chart diatas, Yup! Saya telah berhasil mengembalikan traffic blog ini seperti pencapaian sebelumnya, saya membutuhkan waktu 6-7 bulan atau 42 minggu saja. Sadar bahwa kunjungan ke blog saya mayoritas berasal dari mesin pencari, kuncinya adalah dengan memperbaiki link-link di situs ini yang masih mengarah ke .net dan juga dengan tetap menulis blog post baru secara periodik dan persistent.

3 Comments Pindah Domain, Mengembalikan Traffic Blog

  1. Wibawa Utama
    Firefox 39.0 Firefox 39.0 Windows XP Windows XP

    Meski postingan sudah lama tetapi masih relevan untuk saya yang masih pemula.

    Bagaimana cara menghapus keywords dari ‘rumah yang lama (.net) ‘ dari indeks mesin pencari. Maksud saya apakah mesin pencari akan memunculkan ‘rumah baru’ ketika keywords nya dicari?
    Atau kedua ‘rumah’ dimunculkan?

    Reply
    1. diditho
      Firefox 39.0 Firefox 39.0 Windows 8 x64 Edition Windows 8 x64 Edition

      nanti akan hilang sendiri dan situs baru akan terindeks, bila mau diarahkan secara otomatis, bisa menggunakan cara 301 redirect permanent

      Reply
  2. Pingback: wisata 1 Hari di Jakarta

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *