Untuk menjelaskan mengapa mengambil KPR (Kredit Perumahan Rakyat) lebih aman dan menguntungkan daripada menyewa kost atau apartemen, berikut adalah ilustrasi sederhana yang menyoroti beberapa keuntungan geograsif, kebebasan dan finansial memiliki rumah sendiri.

Indonesia Luas, dengan membandingan luas wilayah Indonesia dengan negara lain, negara kita masih memiliki wilayah dengan tanah yang luas.

A view of a backyard with a lot of trees and plants
A view of a backyard with a lot of trees and plants

Memilih area untuk membeli dan membangun rumah bisa dilakukan dengan mencari tempat di bebergai pelosok kota, desa dan wilayan Indonesia.

Kesan mahal biasanya karena kita hanya mencari lokasi yang ada di pusat kota saja atau dekat dengan tempat kerja. Paradigma ini yang sebenarnya harus diubah, lokasi rumah bisa saja ada di kota atau daerah lain karena mungkin akan kita tempati di hari tua atau memang kita punya rencana pindah ke tempat tersebut.

Beberapa kali saya menemui teman, rekan kerja yang berkarya di Jakarta tetapi memiliki atau melakukan pembelian rumah di Bandung atau Yogyakarta.

Investasi Jangka Panjang, dengan mengambil KPR, saya berinvestasi dalam properti yang nilainya cenderung meningkat seiring waktu.

Berbeda dengan kost atau mengontrak, di mana pembayaran bulanan tidak akan memberikan saya kepemilikan properti.

Kepemilikan Aset, Setelah KPR lunas, saya sepenuhnya memiliki rumah tersebut. Ini memberikan keamanan dan stabilitas finansial jangka panjang karena saya tidak perlu khawatir tentang biaya sewa yang terus meningkat.

Kepastian Tempat Tinggal, Memiliki rumah sendiri berarti saya tidak perlu khawatir tentang kenaikan harga sewa atau risiko harus pindah karena kontrak sewa tidak diperpanjang.

Penghematan Biaya dalam Jangka Panjang, Meskipun cicilan KPR bisa terasa besar di awal, dalam jangka panjang, memiliki rumah bisa lebih murah daripada terus-menerus membayar sewa yang bisa meningkat setiap tahun mengikuti nilai inflasi.

Bebas Renovasi, Sebagai pemilik rumah, saya memiliki kebebasan untuk merenovasi dan mengubah rumah sesuai keinginan tanpa harus meminta izin dari pemilik atau landlord.

Stabilitas dan Kenyamanan, Memiliki rumah sendiri memberikan rasa stabilitas dan kenyamanan psikologis karena saya tidak perlu berpindah-pindah tempat tinggal dan bisa lebih fokus pada pengembangan kualitas hidup di rumah Saya sendiri.

Pembangunan Ekuitas, Setiap kali saya membayar cicilan KPR, sebagian dari pembayaran tersebut mengurangi jumlah pokok pinjaman saya di Bank, yang berarti saya membangun ekuitas di rumah dan Ini bisa menjadi sumber kekayaan di masa depan.

Selain keuntungan dari segi finansial, mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga memiliki berbagai keuntungan dari segi non-material.

Stabilitas Emosional, Memiliki rumah sendiri memberikan rasa stabilitas dan kepastian, mengurangi kekhawatiran tentang masa depan tempat tinggal, memberikan perasaan aman dan nyaman.

Kenyamanan Pribadi, saya dapat mengatur rumah sesuai keinginan dan kebutuhan saya, menciptakan ruang yang sepenuhnya mencerminkan gaya hidup dan preferensi pribadi saya tanpa batasan dari pemilik atau landlord.

Kepuasan Pribadi, Ada perasaan kepuasan dan pencapaian ketika memiliki rumah sendiri. Ini bisa meningkatkan harga diri dan rasa bangga akan pencapaian saya di kehidupan.

Pengembangan Komunitas, Memiliki rumah sendiri sering kali berarti menjadi bagian dari komunitas yang stabil. Saya dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan tetangga dan berpartisipasi dalam kegiatan komunitas RT/RW.

Rasa Kepemilikan, Memiliki rumah sendiri memberi saya kontrol penuh atas properti. Saya dapat melakukan perubahan atau renovasi tanpa harus meminta izin dari orang lain, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas hidup saya.

Peningkatan Kualitas Hidup, Dengan rumah sendiri, saya dapat menciptakan lingkungan hidup yang sesuai dengan kebutuhan saya dan keluarga, meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Warisan Keluarga, Rumah yang saya miliki dapat menjadi warisan berharga bagi anak-anak atau keluarga di masa depan, memberikan stabilitas dan keamanan bagi generasi berikutnya.

Fleksibilitas dalam Mengembangkan Hobi, Memiliki rumah sendiri memungkinkan saya untuk mengembangkan berbagai hobi yang memerlukan ruang atau modifikasi khusus, seperti berkebun, memelihara hewan, atau memiliki ruang kerja kreatif.

Kebebasan dalam Mengatur Ruang, Saya memiliki kebebasan untuk merancang dan mengatur ruang sesuai kebutuhan keluarga, seperti menambah kamar, membuat taman, atau memiliki ruang bermain untuk anak-anak.

Meskipun KPR memiliki banyak keuntungan, penting untuk mempertimbangkan kemampuan finansial dan memastikan bahwa kita bisa memenuhi kewajiban cicilan bulanan sebelum memutuskan untuk mengambil KPR.

Bila dirasa berat dengan pengasilan sendiri, bisa dipertimbangan mengambil Kredit KPR menggunakan mekanisme double income suami istri.

Kenapa saya membuat artikel soal KPR ?

Ini lebih karena saat ini saya sangat prihatin dengan maraknya para influencer di media sosial dengan latar belakang tidak jelas yang menyarankan untuk tidak mengambil KPR.

Tidak mengambil KPR bagi saya sebuat nasihat yang buruk dan mengerikan!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.