Beberapa waktu lalu, saya berniat untuk mengganti audio mobil standar bawaan pabrik yang sudah berumur dan mengeluarkan suara ‘menyedihkan’  :-& . Setelah mencari dari berbagai sumber ( referensi di milis, forum , pencarian paman google dan tanya-tanya ke toko audio) akhirnya bulan ini saya niatkan melakukan instalasi audio mobil dengan harga yang murah meriah (low budget) tapi dengan hasil yang cukup memuaskan.

SPL (Sound Presure) atau SQ (Sound Quality) nggak gitu penting buat saya, kuping saya nggak begitu sensitif , yang penting peremajaan sistem audio dan sedikit modifikasi (upgrade).

Setelah mempejari konsep wiring komponen audio mobil dengan membaca skema yang sederhana, akhirnya langkah berikutnya saya putuskan untuk mencari (hunting) komponen audio mobil. Konsentrasi pencarian saya fokuskan di Taman Puring (TamPur) dengan alasan Pasar Mobil Kemayoran (PMK),  dan Duta Mas Fatmawati (DTMF) terlalu jauh dari lokasi kerja saya. Plus, bila saya ke  Toko Variasi Audio Mobil di Pasar Palmerah, mereka  mematok harga lumayan tinggi untuk berbagai komponen audio,  yang tentunya juga sulit ditawar dibandingkan dengan TamPur. Dengan memanfaatkan satu (1) jam waktu makan siang, saya dapat leluasa pulang-pergi TamPur.

Alasan lainnya yang juga jadi pertimbangan utama saya memilih TamPur, karena di TamPur terkenal dengan barang jualan yang bisa ditawar ‘gila-gilaan‘. Sebagai saran, bila membeli produk apapun di TamPur, surveilah dulu di Internet, kemudian  tawarlah dengan sepertiga (1/3) atau setengah (1/2) harga, jangan takut, itu hal biasa di TamPur. Perlu diketahui, toko audio mobil di TamPur tidak hanya menjual barang bekas (second) banyak juga barang baru yang bisa ditawar dengan sadis! Sedikit tips untuk menawar komponen audio mobil , tawarlah langsung dengan setetenga (1/2) harga. Juga tanyakan apakah barang bekas, refurbis atau baru, menurut saya mereka jujur kok  🙂

Soal keamanan dan kenyaman, percaya deh nggak seseram cerita-cerita seperti Pasar Rumput atau Pasar Ular, apalagi tepat mepet disebelahnya ada kantor Polisi. Sebelum saya melakukan penawaran dan pembelian, saya bertanya-tanya keliling kios dulu selama dua (2) harian, dan ini tidak masalah bagi para pedagang di TamPur, nggak bakal dicuekin atau disewotin apalagi dipaksa-paksa. Paling cuma capek aja, karena keliling-keliling.

Beberapa komponen audio yang saya beli di TamPur sebagai berikut, saya sengaja sertakan status baru/bekasbukaan harga penjualnya , harga tawar saya dan hasil penawaran (deal), sebagai gambaran untuk anda. Syukur-syukur bisa menawar lebih murah lagi. Bener…tawar lagi saja, karena barang-barang berikut bisa saya tawar tanpa susah payah…

tag : [baru/bekas] :^O [harga penjual]  :)] [harga tawar]  :-bd [harga deal]

1. Speaker Pioneer (TS-G1643R) , 2 Way Speaker ,180 Wats Max Power
[baru] :^O [Rp 550.000] :)] [Rp 300.000]  :-bd [Rp 300.000]

TS-G1643R speakers are excellent choices to replace a bad set of factory 6-1/2″ speakers.  Their two-way design handles 160 watts max. power (30 watts nominal) and feature Pioneer’s extremely strong and lightweight IMPP™ Composite Cone Woofer, for improved sensitivity and reduced distortion.

You don’t get just basic, run-of-the-mill features either.  The Conex Damper delivers higher power handling and deeper bass, and the 1-3/16” Balanced Dome Tweeter with High-Energy Neodymium Magnet reproduces highs with great performance and musicality.

These speakers are designed with a shallow mounting depth for easy install into a wide variety of vehicles.  Speaker Grilles are included.

2. Tweeter dan CrossOver SoundStream
[sudah ada] :^O [ -] :)] [:-bd  [-]

Sebenarnya saya tidak membutuhkan komponen ini, karena speaker yang saya pilih merupakan tipe Coaxial yang memiliki tweeter built-in, lebih ‘aman dari ‘inceran’ jahil si kecil . Harusnya tweeter dikombinasikan dengan speaker mid bass. Karena speaker kecil ini sudah terpasang oleh pemilik mobil sebelumnya 😀 , saya biarkan saja tetap terpasang, yahhh… lumayanlah buat ‘ngangkat’ suara vokal.

1″ Horn Loaded Titanium Tweeter
Flush mount aluminum housing
Ferrofluid cooled
Neodymium magnet
12dB/Octave passive crossover included
Backed by one year manufacturer waranty
Rated Input Power: 120W
Impedence: 4ohm
Freq. Resp. 3KHz – 22KHz
SPL 94dB

3. Subwoofer LM 12 CC (12 inchi) (tanpa box)
[baru] :^O [Rp 450.000] :)] [Rp 300.000:-bd  [Rp 300.000]

Speaker Subwoofer ditujukan untuk menyalurkan suara frekwensi rendah (bass). Dapat diletakkan di bagasi.

Subwoofer 12″
Sensitivity 93,52 dB
Berat 4,16 kg
Diameter Tweeter 49,50 mm
Maximum Power 200 W
Impedancy 4 Ohm
Frequency 30 Hz- 2 kHz

4.Capacitor Bank 2 Farad
[baru] :^O [Rp 350.000] :)] [Rp 200.000]  :-bd [Rp 250.000]

Digunakan sebagai ‘penampungan’ sementara arus listrik yang akan digunakan untuk memberi daya pada Power Amplifier. Alat ini akan berfungsi seperti ‘tanki air’ , menerima arus langsung dari Accu kemudian disalurkan lagi ke komponen berikutnya (amplifier). Disarankan untuk memilih Capacitor Bank yang memiliki fitur pemutus arus bila Head Unit (HU) mobil dimatikan (biasanya dudukan kakinya ada tiga), hal ini untuk mencegah accu ‘terkuras’ ketika kondisi HU mati.

5.Power Amplifier a/d/s A.760.4
[baru] :^O [Rp 550.000] :)] [Rp 300.000]  :-bd [Rp 350.000]

Berhubung Subwoofer 12 inch dan speaker coaxial memiliki material yang tebal, maka  daya yang lumayan besar sangat dibutuhkan untuk ‘menggerakkan’ piranti tersebut, mau tidak mau saya harus memasang Power Amplifier 4 Channel. Rencananya dua (2) channel untuk speaker dan dual (2) lagi akan di bridge untuk subwoofer. Saya tidak menggunakan monoblock dengan alasan harga , space, daya dan kerumitannnya, plus kuping saya nggak begitu sensitif.

6.HeadUnit AVT AV R 6088
[bekas] :^O [Rp 700.000] :)] [Rp 350.000]  :-bd [Rp 400.000]

Head unit Meerk AVT , buatan China ini memiliki feature:

Flip-down and Detachable Panel
USB and SD Card
MP3 File/Folder Name Display
Compatible with CDDA/HDCD/VCD/SVCD/DVD/MP3/MP4/CD-R/RW, DVD-R/RW, DVD+R/RW, DVD-ROM
DVD Setup
Clock Display
NTSC/PAL Compatible
OSD (On Screen Display)
Seek and Preset Scan
45watts x 4 Channels Max Power Output
Bass/Treble/Balance/Fader Control
2-channels x 2V Line-out
Remote Control

Menariknya, semua barang yang saya beli bergaransi 6 bulan dengan nota yang menggunakan kop Buana Audio walaupun saya membelinya di dua (2) toko audio yang berbeda.

7. Instalasi

Berhubung instalasi audio mobil sangat erat dengan sistem kelistrikan, saya putuskan untuk menyerahkan pemasangan kepada instalatur di sebuah toko variasi di Pusat Onderdil Pasar Palmerah. Salah pasang bisa-bosa ECU mobil bisa ‘terbakar’ habis.

Setelah survey beberapa kali, akhirnya saya putuskan melakukan instalasi di Karunia Jaya Motor, Ps. palmerah Lt. III Blok B No 60 jakarta Pusat. Posisinya tepat di akhir tikungan jalan keluar dari area onderdil. Pemiliknya bernama Koh Hendry dan setting audio oleh  keponakannya yang dibantu oleh satu orang teknisi. Biaya Intalasi dan setting Rp 150.000 saja , diluar biaya kabel listrik, sekring, kabel data, kabel remote pemutus arus, RCA , socket dan Kotak Sub Woofer  dan penutupnya.

 

Note:
Gambar diambil dari berbagai sumber tanpa ijin :-p

11 Comments Instalasi Audio Mobil Murah Meriah

  1. -Fa-

    Jadi instalasinya gimana? 2 coax di belakang + 2 tweeter dpn + 1 sub dari amply semua?

    Bulan mei biasanya ada tumplek blek, bisa hunting2 lagi tuh…..:-)

    Reply
  2. -Fa-

    Coax belakang gak dari HU aj? biar suaranya geser ke depan dikit gak ditengah2

    Kok gk ad TVnya, kan jagorawi macet 🙂

    Reply
  3. supri

    wah belinya bijian ya… susahnya klo yang ga ngerti tentang audio ne gan kyk sy 🙂
    pengennya murah ga repot dan hasil bagus, ada ga ya bengkel audio sperti itu??

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.