www.microsoft.comUntuk pertama kalinya, saya merasakan masalah pada penggunaan Windows Vista Business Edition. Masalah bukan pada performansi, tapi lebih ke featurenya.

Notebook Kantor yang saya gunakan berjalan di atas lingkungan Windows Vista Business Edition Service Pack 1 (this SP1 really boosting performance… :-)).

I think Business Edition suitable for running developer application such as Visual Studio 2008 Express Edition, SQL server , etc.. and surely more than enough. But How about video editing?

Beberapa hari terakhir ini saya diharuskan melakukan editing file video Format MPEG-2 yang di hasilkan oleh Handycam SONY DCR-SR82E. Disinilah permasalahan dimulai.


Editing awal yang dimaksud hanyalah sebatas pemotongan frame pada durasi tertentu, no fancy video editing. Windows Moview Maker bawaan windows tentunya menjadi pilihan pertama (menunggu Pinnacle Studio Ultimate 11).

Saya jalankan aplikasi Windows Moview Maker, Ketika file tersebut saya drag and drop ke bagian editor, ternyata tidak bisa tampil di bagian Video. Hanya Audionya saja yang bisa di tangani.

Gambar layar hitam dengan suara saja… 🙁

Usut punya usut. Ternyata , Windows Moview Maker pada Windows Vista Business Edition tidak memilki codec MPEG-2. Codec tersebut hanya ada di Windows Vista Home Premium Edition dan Ultimate Edition.

  1. Imported MPEG files doesn’t play
  2. Plugins for Media Player

Gosh!!!!…Tahu gitu mendingan minta Vista Ultimate Edition sama kantor heheh…. Atau mungkin lebih baik bila hanya ada 2 edisi Vista saja, Seperti Windows XP (home dan Pro).

Solusi:

  1. convert Video Dengan Super
    1. Masalah: file video besar dan banyak (2 GB per file)
    2. Nggak rekomendasi.
  2. Install Codec dari papajohn (Virual Dub MPEG2)
    1. Belum nyoba…, ada yang sudah nyoba?
    2. Lagipulableum nemu link Downloadnya .
    3. ada codec lainnya???
  3. Keputusan untuk membeli Pinnacle Studio Ultimate 11 ternyata benar juga, harusnya codec MPEG-2 bisa ditangani.
    1. Yup…. pilih alternatif ini saja walau agak lama nunggu shippingnya.

what a day….pfffff…

5 Comments MPEG-2 Editing, Vista Business Edition Hit The Wall

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.