About.Me

Father, Son and a Dog

Father, Son and a Dog

Nama lengkap saya Sumpono Banuardi Nugroho, panjang banget bukan…? mungkin karena terlalu panjang, keluarga dan teman-teman saya memanggil saya dengan nama panggilan Didit.

Entah dari mana nama panggilan didit itu, yang jelas ketika masih kecil, mungkin umur 7 tahun dan saya sudah mulai bisa mengingat, ketika telepon rumah berdering ibu saya selalu memanggil dengan sebutan “Dit

“Dit…, didit…”, ada telepon ucap Ibu memanggil.

Lalu kenapa pula nama blog ini ‘diditho.com‘ nah berikut cerita singkatnya. Pada suatu hari, pastinya di tahun 1998, saya sedang ngobrol dengan teman dari kampus LPK Tarakanita, namanya Komala Sari. Pada siang yang terik itu, dikelilingi para mahasiswi perempuan (semuanya perempuan!), Komala Sari memanggil saya dengan sebutan “Didito”

“Hei Didit, didito ” Ujarnya.
“Didito?” Tanyaku denga heran.
“iya Didito itu didit dalam bahasa Jepang, harus diakhiri dengan ‘O‘” Ujarnya dengan santai

Jadi, ketika saya mulai menulis blog sekitar tahun 2004, saya menggunakan diditho.com.

Masa Kecil

Walapun memiliki nama Jawa, sebenarnya saya lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, dahulu disebut dengan Ujung Pandang, sehingga saya sama sekali tidak memiliki logat Jawa, tetapi cukup mengerti bila ada percakapan dengan Bahasa Jawa.

Lahir dan menikmati masa kecil sampai dengan kelas 2 SD di Ujung Pandang membuat saya selalu kangen dengan masakan khasnya, Coto Makassar, Ikan Palu Mara dan Konro Bakar. Bila ada dinas luar kota ke Makassar, biasanya saya tidak perlu berpikir dua kali.

Tontonan televisi yang saya ingat ketika masih menempati rumah di komplek Gunung Sahari (komplek dosen IKIP, sekarang UNJ) adalah Boneka Si Unyil (original), Aneka Ria Safari, The A Team dan Hunter. Sangat menyenangkan bila ketemu teman dan masih bisa bercirita banyak mengenai acara tv yang hanya ada di satu stasiun televisi (karena memang wakti itu saluran televisi cuma satu, TVRI!)

Masa Bermain – Kuliah

*nanti dulu ya ngantuk..

Masa Berkarya dan Berkeluarga

Untuk ini, silahkan menyimak blog ini yang dimulau pada bulan Maret 2005 sampai sekarang, atau cek LinkedIn

Best Regards,
Didit

Terimakasih!