Mengenal Wushu

Kehadiran seorang anak di sebuah keluarga merupakan berkat yang harus selalu disyukuri, dijaga dan talentanya sebaiknya dikembangkan sehingga ia bisa memiliki pengalaman hidup yang luar biasa,  bisa jadi berbeda dengan kedua orang tuanya.

Saya beruntung bisa mengenalkan Wushu lebih dini kepada si kecil, dimulai pada saat ia berumur 4 tahun.

Wushu, awalnya saya hanya mengenal istilah ini ketika pada beberapa tahun lalu ada cabang pertandingan Wushu di SEA GAMES.

Tidak disangka, percakapan mengenai Wushu akhirnya membawa si kecil yang baru duduk di kelas TK A ke salah satu pusat pelatihan Wushu dan melakukan latihan rutin beberapa hari dalam seminggu.

Di Kota Bogor yang sejuk, ternyata terdapat sanggar (sebut saja dojo ya..) wushu yang jaraknya dari rumah tidak terlalu jauh dan memiliki pelatih passionate dan penuh integritas, Gogi Gora Wushu Kids! Bagi saya, Wushu sepertinya keren! maka mulailah kami mendaftarkan si kecil di kelas wushu tiap hari minggu.

Apa itu Wushu ?

Definisi Wushu itu sendiri ternyata tergantung dari sudut pandang yang diambil. Meliputi Wushu dari aspek historis sebagai salah satu seni bela diri dari China dan Wushu sebagai salah satu cabang olahraga.

Secara historis, pada sekitar tahun 1960an pemerintah China mengumpulkan berbagai Master Kungfu untuk mensintesakan berbagai  jurus yang mereka miliki menjadi sebuah satu buah jurus yang seragam,  yang pada jaman modern ini kita kenal dengan nama Wushu.

Pada awalnya Wushu adalah seni bertempur atau bela diri yang aktifitasnya mencakup latihan fisik, pernafasan dan juga melibatkan pikiran. Saat ini, melalui Federasi Wushu Internasional, seni beladiri Wushu telah menjadi cabang olahraga modern yang dipertandingkan dalam berbagai kategori.

Sebenarnya terdapat ‘kebingungan’ akan istilah yang campur aduk antara ‘Kungfu‘ dan ‘Wushu‘.

Secara harifiah Wushu artinya seni bertempur atau bela diri, sedangkan dalam Bahasa Canton (Cantonese) Kungfu adalah kerja keras.

Tapi ya sudahlah…, bila anda masih menganggap bahwa seni bela diri itu Kungfu dan Wushu hanya sebuah cabang olahraga, coba sesekali ingat-ingat  atau tengok sejarahnya.

Dojo Wushu

Penyebutan Dojo sebenarnya kurang tepat, karena biasanya digunakan untuk menunjuk pada tempat latihan olah raga bela diri dari Jepang seperti Karate, Aikido dan Judo. Harusnya lebih tepat sih dengan istilah ‘sanggar’, tetapi karena lebih merujuk pada kegiatan seni, saya gunakan Dojo saja.

Dojo Wushu Gogi Gora Wushu Kids terletak di tengah kota Bogor, tepatnya di Jalan Gede 21, Padjajaran, Kota Bogor.

Lokasinya berdekatan dengan deretan Factory Outlet (FO) dan rumah makan cepat saji McDonald dan Papa Ron Pizza.

Mudah ditemukan karena memiliki papan nama besar dan selalu ramai akan aktifitas anak muda yang sering terlihat membawa toya, pedang , golok dan perlengkapan bela diri lainnya.

Kungfu Wushu

Aktifitas latihannya berbagai macam, tapi terbagi menjadi dua aktifitas besar, yaitu atifitas fisik dan aktifitas jurus tangan kosong atau dengan alat.

Dari pengamatan saya memperhatikan si kecil latihan, satu jurus biasanya diselesaikan dalam berbagai seri latihan, tidak sekali selesai.

IMG_5404 (1024x683)

Bagi orang dewasa mungkin menjemukan, tetapi bagi anak kecil latihan tersebut sangat bagus untuk melatih kedisiplinan dan persistensi. Porsi latihan fisiknyapun lumayan intens, scout jump 50x merupakan makanan sehari-hari.

Beberapa anak yang berbakat biasanya akan memeliki kesempatan untuk menjadi atlet daerah yang bisa memiliki kiprah di tingkat nasional maupun internasional, ya internasional!

Dojo ini banyak melahirkan atlet-atlet yang berprestasi.

Atlet Wushu Indonesia

Memilih aktifitas untuk dijadikan sebuah hobi seringkali membutuhkan figur atau tokoh yang bisa dijadikan idola. Lalu sebenarnya siapa saja sih atlet wushu Indonesia yang bisa dijadikan panutan atau idola ?

Jangan kaget loh! ternyata ada beberapa atlet wushu Indonesia yang berprestasi di dunia internasional.

Lindswell Kwok

Foto Lindswell Kwok di ambil dari Kompas.Com

Lindswell Kwok

Perempuan kelahiran Medan, 24 September 1991 ini adalah seorang atlet wushu indonesia yang berasal dari Medan , Sumatera Utara.

Namanya mulai terkenal semenjak berita kemenangannya di nomor Taiqijuan SEA Games XXVIII (2015) menjadi Headline utama Harian Kompas.

Bila ingin lebih tahu mengenail Lindswell silahkan ikuti aktfitasnya di facebook atau instagram.

Gora dan Gogi Nebula

Mereka adalah kakak adik dengan selisih empat(4) tahun. Sejak umur 6 tahun Gora dan Gogi dilatih berbagai olahraga bela diri cukup keras oleh ayahnya.

Pada masa remaja kedua kakak beradik ini sudah menjadi atlet wushu nasional yang memliki prestasi di dunia internasional.

Berikut beberapa prestasi mereka diturnamen kelas dunia (internasional)

  • Gora, Gold World Champiion in Taiji Quan Dong Yue World Championship, Xi An China 2007
  • Gogi, Bronze Asiah Wushu Championshipin Sword, Macau 2008
  • Gogi, Gold World Wushu Championship in Sword, Beijing 2007
  • ..

Saat ini, presetasi mereka sepertinya akan diteruska oleh anak-anak mereka. Lihat saja si kecil Zoura! Prestasinya sudah mendunia di usia dini, juara 5 pada “World Wushu Junior Championship 2014 yang diselenggarakan di Turki.

juara 5 world wushu championship 2014, turki

juara 5 world wushu championship 2014, turki

Siap untuk menjadi Kungfu Wushu ?

End

Referensi

Wiki Kungfu Wushu (Id)
Wiki Kungfu Wushu (En)
Gogi and Gora Wushu Team
Is Wushu The Same as Kungfu ?

4 Comments Watcha! Menjadi Kungfu Wushu

  1. Ricka
    Google Chrome 47.0.2526.106 Google Chrome 47.0.2526.106 Windows 8.1 Windows 8.1

    Halo, boleh minta alamat emailnya? saya Ricka dari PT Valuklik ingin menawarkan kerjasama, terimakasih

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *