Business Intelligence (BI) merupakan topik atau istilah yang cukup hangat diperbincangkan di dunia bisnis maupun teknologi informasi. Seringkali kita mendengarkan istilah ini diucapkan pada seminar maupun tertera pada artikel ilmiah. Sialnya pengertian business intelligence pada bidang bisnis dan teknologi informasi sangatlah berbeda.

BI in Business != BI in Information Technology. Business Intelligence pada dunia bisnis tidak sama dengan business intelligence pada dunia teknologi informasi.

Pada tulisan kali ini akhirnya saya dapat memberikan contoh perbedaan istilah business intelligence pada dunia bisnis dan teknologi. Hal ini berkat salah satu sesi pada salah satu acara kantor yang menghadirkan pembicara dari dunia perbankan, mantan Marketing Director Citibank Indonesia  yang secara jenaka dapat mendeskripsikan pengertian business intelligence di dunia bisnis.

Pengertian business intelligence di dunia teknologi sangat mudah dideskripsikan, lihat saja halaman wikipedia berikut .

Sedangkan untuk pengertian business intelligence di dunia bisnis, simaklah cerita humor berikut… (saya sedikit modifikasi agar bisa ditulis)

Suatu hari di sebuah hutan yang rindang dan luas, seorang anak menantu (sebut saja anak menantu satu) berjalan bersama dengan ibu mertuanya. Tiba-tiba sang ibu mertua terperosok ke dalam sebuah danau yang dalam. Seketika itu juga sang anak menantu pertama menolong sang ibu mertua.

Hari berikutnya, sang ibu mertua memberikan sebuah sedan BMW kepada sang anak menantu pertama.

Beberapa minggu kemudian, sang ibu mertua kembali berjalan menikmati keindahan hutan dengan anak menantu lainnya (sebut saja anak menantu dua). Tiba-tiba sang ibu mertua kembali terperosok ke dalam sebuah danau yang dalam, danau yang sama. Seketika itu juga sang anak menantu kedua menolong sang ibu mertua.

Hari berikutnya, sang ibu mertua memberikan sebuah SUV BMW kepada sang anak menantu kedua.

Beberapa minggu kemudian, sang ibu mertua kembali berjalan menikmati keindahan hutan dengan anak menantu lainnya (sebut saja anak menantu ketiga). Tiba-tiba sang ibu mertua kembali terperosok ke dalam sebuah danau yang dalam, danau yang sama…

Saat itu, sang anak menantu ketiga hanya melihat saja (tidak memberi bantuan) kepada sang ibu mertua tersebut. Akhirnya sang ibu mertua tenggelam dan pergi meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Hari berikutnya,  sang anak menantu ketiga mendapatkan sebuah mobil sedan sport LAMBORGHINI AVENTADOR terparkir rapi di garasi rumahnya. Pada kaca depannya terdapat sebuah kertas dengan tulisan

“Mobil ini untukmu” tertanda bapak mertua.

Business Intelligence dalam dunia bisnis ? semoga anda bisa menggambarkan dengan versi anda sendiri ..#hahaha

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *