Pada saat ini, jika anda membeli komputer desktop atau notebook baru, hampir bisa dipastikan sistem operasi yang terpasang secara default di perangkat tersebut adalah Windows 8 buatan Microsoft.

Bagi pengguna komputer veteran seperti saya ini, yang sudah  terbiasa dengan tampilan Graphic User Interface (GUI) Windows 7,XP, 98, 95 atau yang sering juga disebut dengan tampilan “Classic Desktop”, tampilan “Metro” ala Windows 8 sangatlah tidak nyaman.

Walaupun saat ini ada Windows 8.1 yang ‘janjinya’ memunculkan kembali fasilitas ‘Start’ di kiri bawag, tapi entah kenapa saya selalu gagal dalam mengupdate ke versi tersebut, entahlah mungkin ada masalah lisensi yang tidak saya pahami.

Setelah mencari dan mencoba beberapa solusi untuk mengembalikan pengalaman “Desktop Classic”, akhirnya saya menemukan aplikasi ampuh yang dapat mengubah pengalaman Windows 8 menjadi windows 7.

Aplikasi tersebut bernama Start8 yang diproduksi oleh Startdock.
Tujuan utama dari pemilihan tersebut ada di beberapa  hal berikut ini:

1. Tampilan awal layar komputer setelah proses boot harusnya langusng ke desktop, bukan ke menu ‘Start’ Metro dalam bentuk tile.
2. Pada sebelah kiri bawah layar, pastinya harus ada tombol ‘Start’.
3. Pada menu ‘Start’ terdapat fitur search yang gesit seperti versi Windows sebelumnya

Walaupun aplikasi ini harus ditebus dengan harga $4.99 atau sekitar Rp 60.000,- , termasuk layak bangetlah menurut saya! Terpenting adalah navigasi desktop saya kembali menjadi produktif.

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *