Untitled
Beberapa bulan sebelumnya saya sempat menulis pengalaman menggunakan jasa parkir mobil inap di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.

Liburan tahun baru kemarin, kami sekeluarga dengan pedenya mblusak-mblusuk mencari parkir mobil inap, dan ternyata setelah muter-muter nggak karuan,  parkir mobil inap bandara telah pindah ke area perkantoran Bandara Soekarno Hatta.

Bagi yang masih menemukan area parkir inap bandara di Terminal 1, dan 2 (mungkin juga 3) , jangan salah, itu hanyalah parkiran biasa yang ditongkrongi orang-orang yang tidak jelas, yah… mirip juru parkir liarlah.

Bila anda bertanya ke satpam, pasti langsung di arahkan ke area parkir inap yang berlokasi di area perkantoran Bandara Soetta.

Menemukan area parkir mobil inap di area perkantoran cukup mudah, bila anda mengendari kendaraan dari arah Terminal 1 dan 2 , area perkantoran tidaklah jauh, ikuti saja petunjuk jalannya. Setelah anda melewati Kantor Pos di sebelah kiri , Minimarket Indomart dan Warung  Es Teler 77 disebelah kanan, beberapa meter kemudian anda akan menemui area parkir mobil inap resmi Bandara Soekarno Hatta di sebelah kiri.

Tempatnya luas, tapi sayang tidak ada atapnya.

Setelah anda menaruh mobil di area ini, anda akan diberi karcis parkir dan diminta mencantumkan nomor telepon (handphone) yang bisa dihubungi. Pada karcis tersebut juga tertera nomor telepon selular yang ditulis tangan…

0821 1031 7040

Untitled

Pada awalnya, kami sedikit khawatir mengenai transportasi ke Terminal 1 yang pastinya sangat jauh, eh ternyata pihak penyedia jasa parkir mobil  inap menyediakan sarana trasportasi gratis berupa mobil minibus Toyota Avansa warna putih. Keren!

Setelah sampai Terminal 1, tidak lupa kami memberi tip pada sang supir Toyota Avansa Putih.

Empat (4) hari kemudian , setelah kami menginjakkan kaki kembali ke Bandara Soekarno Hatta dan menyelesaikan urusan bagasi, kami kembali khawatir mengenai  transportasi ke arean parkir inap, kami lalai menanyakan prosedur penjemputan.

Satu-satunya harapan adalah nomor telepon yang ditulis tangan pada karcis, eh ternyata ini nomor resmi parkir mobil inap bandara.

“Parkir mobil inap bandara, selamat sore, ada yang bisa dibantu?” begitulah sambutan  pertama nomor yang kami hubungi.

Segera kami beritahukan lokasi kedatangan kami, dan pihak pengelola dengan sigap menjawab akan menjemput kami di area yang telah kami sebutkan, oh iya tentunya kami informasikan juga ciri-ciri pakaian yang kami kenakan.

Tidak lama kemudian, Toyota Avanza Putih telah berhenti di depan kami…

Untitled

Setelah sampai di area parkir, masuk ke mobil, menyalakan mesin mobil dan berkendara ke arah ke pintu gerbang keluar parkir inap, petugas resmi menambahkan informasi mengenai durasi inap dan biaya yang harus kami bayar.

Pada karcis tersebut tertera 103 jam ( 4 hari lebih) dan biaya yang dikenakan Rp 206.000,- . Artinya tiap jam kami dikenakan biaya inap sebesar Rp 2000,-.

Bagi kami, biaya yang ditangggung sangatlah murah bila dibandingkan dengan kami harus menggunakan dua (2) buah taksi dari arah Bogor.

Update 11 Februari 2014.

Parkir inap bandara telah berpindah ke tempat yang lebih permanen, lokasinya bersebelahan dengan yang sebelumnya (bekas pool taksi). Bedanya tempat yang sekarang sudah dilengkapi dengan kanopi dan peralatan yang lebih memadai.

Letaknya tepat disebelah (sebelum) parkir inap yang bekas pool taksi, berada di seberang kantor resor polisi bandara Soekarno Hatta.

Update 16 Juli 2014.

Beberapa hari lalu, pada bagian komentar post ini ada yang menanyakan peta lokasi Parkir Inap Bandara. Simak peta dari Google Maps di bawah ini :

43 Comments Parkir Inap Bandara, Pindah!

  1. andy Nurrahman

    kebetulan saya mau ke luar kota jumat pagi pkl 4.00,, apakah untuk shuttle bus / mobil pengantar ke terminal-terminal keberangkatan tetap stanby pak? mohon info dan pengalamannya.

    Reply
  2. Oloan Siagian (Bang Olie)

    Big tq atas info nya, karena pada bulan Juni 2013 sy & kel hendak liburan selama 4 harian, memang lebih baik pndaraan sendiri. Tq

    Reply
  3. Oky

    Thanks infonya mas. Smlm saya jg konfirmasi ke CS Angkasa Pura di 021 5505179 (saya dpt itu dr sebuah blog, lupa namanya) kalau semua parkir inap hanya ada di tempat yg mas tulis ini.

    Alhamdulillah sdh dpt info dr tulisan ini. Salam.

    Reply
  4. yanus

    Tambahan info…kalau pulang dan pergi di terminal 3, ada baiknya parkir inap di terminal 3 karena disana juga ada tempat parkir inap, pengelolanya sama spt yg diinfokan penulis, tapi yg di terminal 3 ada canopy nya. Biaya juga sama 2.000/jam

    Reply
  5. Anie

    Makasih info nya Pak, baru pertama parkir inap di T2, biasanya di T3, btw, sekarang nomor telepon pick up nya udah di print gak ditulis tangan lagi, tapi di print, dan bulan desember nanti pindah lagi ke lokasi baru yang ada atap nya 🙂

    Reply
  6. jacky

    bulan anuari apakah parkir Inap T2 masih di eks pool taksi, atau pindah kemana ya.,,,rencana saya mau pakai parkir inap dan rencana datang jam 2 Pagi,. apakah mobil yg antar dari parkir inap melayani antar ke T2..

    terima kasih

    Reply
  7. Leopold S

    Terima kasih banyak mas informasinya.
    Sangat berguna. Apakah mas ngedrop keluarga dulu di terminal baru ke parkir inap?
    Saya ini sekeluarga ber-enam, khawatir kalau shuttle ke terminalnya terbatas.
    makasihmas ya

    Reply
    1. diditho

      lebih efisien ngedrop dulu pastinya. apalagi bila banyak koper dll. kalau tidak, juga nggak masalah, mobil antar jemputnya avanza/zenia dan tidak terlalu padat.

      Reply
  8. padmiarso M. Wijoyo

    Makasih Mas Dhito dan Mas Yanus, informasinya sangat berguna, kebetulan besok pagi saya mau parkir inap di terminal 3.

    Reply
  9. Donny

    Pak Ditho kalau dari arah keluar gerbang tol (dari bdg /Jkt)harus belok kiri utk masuk kawasan terminal bandara atau lurus. Sekiranya lurus gampang mencarinya atau sulit .

    Terima Kasih
    Maret 2014

    Reply
  10. Donny

    Pak Ditho kalau dari arah keluar gerbang tol (dari bdg /Jkt)harus belok kiri utk masuk kawasan terminal bandara atau lurus. Sekiranya lurus gampang mencarinya atau sulit pak.
    Kebetulan saya mau ke terminal 2

    Terima Kasih
    Maret 2014

    Reply
    1. diditho

      bila dari arah gerbang tol, lurus saja, tidak masuk terminal. Nanti ketemu bunderan, nah itu ambil yang lurus, itu menuju area perkantoran.

      Reply
  11. yanti

    Bang ty dong. Minggu dpn sy rencana mau parkir inap. Berangkat dr terminal 3. Kedatangan di terminal 2. Sebaiknya dmn sy inapkan kendaraan sy? Dari yg saya baca dr testimonial Bp, parkir inap yg resmi itu hanya yg di gedung dan lokasi parkir terminal 3. Yg ada dilokasi parkir terminal 1 &2 tdk resmi. Apa betul keadaan masi demikian? Mohon infonya yaa. Thx

    Reply
    1. diditho

      Terminal 3 masih ada, untuk Terminal 1 dan 2 sebaiknya menggunakan fasilitas parkir inap yang baru, di bekas pool taksi seberang kantor polisi resor bandara.

      Fasilitasnya sudah oke, ada antar jemput dan parkirannya ada kanopinya.

      Reply
  12. CaCa

    Parkir inap di terminal 3 masih ada ga mas? kebetulan sekeluarga mau traving keberangakatan dn kedatangan melalui terminal 3

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.