Bengkel Bubut Sarinande

Merawat dan melakukan modifikasi pada kendaraan roda empat (mobil) seringkali membutuhkan tindakan pada komponen yang terbuat dari besi (metal).

Tindakan pada komponen besi tentunya harus dengan mesin khusus dan seringkali harus melibatkan mesin bubut.
Sarinande Workshop

Mesin bubut sangat banyak manfaatnya untuk perawatan dan modifikasi kendaraan. Mulai dari meratakan piringan rem cakram yang tidak rata, meratakan plat kopling, membuat adapter PCD velg (rim) dari lubang empat (4) ke lima (5) dan sebaliknya, dan juga untuk membuat center ring bagi kendaraan yang menggunakan velg non standard.

Salah satu bengkel bubut yang sangat terkenal akan reputasinya adalah Bengkel Bubut Gelora Teknik Sarinande, atau orang-orang sering menyebutnya dengan nama ‘Sarinande‘.
Sarinande Workshop

Bengkel ini terletak di Jl. R.S Fatmawati No.36 Jakarta Selatan. Telepon (021) – 7694296. Lokasinya tepat setelah Pasar Mede bila berkendara dari arah perempatan TB Simatupang.

Beberapa hari lalu, saya ‘terpaksa’ berkunjung kembali ke bengkel bubut ini. Pergantian velg ke ukuran 17 inchi menyebabkan setir mobir bergetar pada kecepatan 120 km keatas.

Bagi pemilik mobil yang mengganti velgnya ke ukuran lain, wajib menambahkan ‘spacer‘ atau sering juga disebut ‘ring‘ atau ‘center ring‘ agar velg dan dudukan roda dapat ‘bertemu’ dengan baik.

Dengan menambahkan / mengisi celah antara velg dan dudukan dengan material besi (metal), niscaya gejala stir bergetar pada kecepatan tinggi akan hilang.
Center Ring

Biayanya tidak mahal, untuk satu (1) ban biayanya sebesar Rp 50.000,- (ukuran kecil) dan Rp 75.000 (ukuran besar). Waktu pengerjaan untuk keempat ban terhitung cepat, bila tidak ada antrian berarti, bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari satu (1) jam.

Sampai saat ini, saya sudah tiga (3) kali menggunakan jasa teknisi di Sariande untuk mengilangkan getar di kemudi dan saya sangat puas dengan hasilnya.

Gelora Teknik Sarinande sangat direkomendasikan! (..ini bukan iklan..)

Foto lainnya di Flickr

6 Comments on Bengkel Bubut Sarinande

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>