Pada salah satu event di TED , Tom Wujec dmenyajikan penelitian mengejutkan yang melihat jauh ke dalam permainan “Marshmallow Challenge“.

Translated into Indonesian by Antonius Yudi Sendjaja  •  Reviewed by Wahyu Perdana Yudistiawan

Beberapa tahun yang lalu, di TED, Peter Skillman memperkenalkan tantangan konstruksi yang bernama tantangan marshmallow.

Gagasannya cukup sederhana. Empat orang dalam satu tim harus membuat bangunan yang dapat berdiri setinggi mungkin dengan 20 batang spageti 91 cm perekat, 91 cm tali dan sebuah marshmallow.

Marshmallow itu harus ada di paling atas.

Dan walaupun terlihat sederhana, sebenarnya hal ini cukup sulit karena memaksa orang untuk bekerja sama dengan cepat. Sehingga saya berpikir bahwa ini adalah ide yang menarik dan saya memasukkannya ke dalam sebuah lokakarya desain. Dan benar-benar sukses. Dan sejak itu, saya telah melakukan sekitar 70 lokakarya desain di seluruh dunia bersama para siswa, disainer, dan arsitek, bahkan CTO yang masuk dalam daftar 50 besar majalah Fortune, dan ada sesuatu di dalam pelatihan ini yang mengungkapkan pelajaran mendalam tentang dasar dari kerjasama, dan saya ingin membagikan beberapa di antaranya kepada anda.

Jadi, biasanya, sebagian besar orang mulai dengan mengorientasikan diri dengan tugasnya. Mereka saling berdiskusi, lalu menetapkan seperti apa bangunannya, mereka memperebutkan posisi pimpinan, lalu menghabiskan beberapa saat merencanakan, mengorganisasi.

Mereka membuat sketsa dan menyiapkan spageti. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya memasang batang-batang spageti menjadi bangunan dan akhirnya saat waktunya hampir habis, seseorang mengambil marshmallow, dan dengan hati-hati menaruhnya di atasnya, dan mereka mundur, dan Hore! mereka mengagumi hasil karya mereka.

Namun yang benar-benar terjadi, sebagian besar adalah “Hore” itu berubah menjadi “Aduh,” karena berat dari marshmallow itu menyebabkan seluruh bangunan melengkung dan ambruk.

Ada beberapa orang yang lebih banyak memperoleh saat-saat “aduh” dibandingkan yang lainnya dan di antara yang terburuk adalah lulusan terbaru dari sekolah bisnis.Mereka berbohong, menipu, perhatian mereka terganggu, dan mereka menghasilkan struktur yang sangat lemah.

Dan tentu saja ada kelompok yang banyak memperoleh “Hore!” dan, di antara yang terbaik, adalah anak-anak yang baru lulus TK.  Dan hal ini cukup menakjubkan. Seperti yang dikatakan Peter, tidak hanya mereka menghasilkan struktur tertinggi, namun juga struktur yang paling menarik.

Jadi pertanyaan yang ingin anda ajukan adalah:

Bagaimana mungkin? Mengapa? Ada apa dengan mereka?

Dan Peter suka mengatakan bahwa,

“Tidak ada anak yang menghabiskan waktu untuk menjadi CEO dari PT Spageti.”

Benar. Mereka tidak menghabiskan waktu memperebutkan posisi pimpinan Namun ada alasan yang lainnya. Dan alasan itu adalah para siswa sekolah bisnis dilatih untuk menemukan rencana tunggal yang benar. Dan melaksanakannya. Lalu yang terjadi adalah, saat mereka menaruh marshmallow di puncaknya, mereka kehabisan waktu, dan apa yang terjadi?

Terjadi krisis. Terdengar akrab, benar?

Hal berbeda yang dilakukan anak-anak TK adalah mereka mulai dengan marshmallownya dan membangun prototip, prototip yang berurutan dan selalu menaruh marshmallow di puncaknya, sehingga mereka memiliki banyak waktu untuk memperbaiki prototip yang lemah. Dan disainer mengenali tipe kerja sama ini sebagai dasar dari proses secara berulang.

Dan pada setiap versinya, anak-anak mendapatkan umpan balik langsung tentang apa yang dapat digunakan dan yang tidak.

Jadi kemampuan untuk bermain dengan prototip benar-benar penting, sekarang marilah kita lihat bagaimana kinerja tim-tim lainnya. Jadi nilai rata-rata keseluruhan adalah 20 inci, siswa sekolah bisnis, sekitar setengahnya, pengacara, sedikit lebih baik, namun tidak banyak, anak-anak TK, lebih baik dari sebagian besar orang dewasa. Siapa yang terbaik? Untungnya, arsitek dan insinyur.

Bangunan tertinggi yang pernah saya lihat adalah 39 inci. Mengapa? Karena mereka mengerti prinsip segitiga dan pola-pola geometri yang saling menguatkan adalah kunci dari kestabilan struktur sebuah gedung.

Jadi CEO, sedikit lebih baik dari rata-rata. Namun inilah hal yang menarik Jika anda memasukkan seorang pengurus administrasi dalam tim ini, hasilnya jauh lebih baik.

Ini luar biasa. Anda tahu, anda hanya melihat-lihat dan berkata “Oh, tim itu akan menang.” Anda dapat meramalkannya. Mengapa? Karena mereka memiliki kemampuan khusus untuk memfasilitasi. Mereka mengatur prosesnya, mengerti prosesnya.

Dan tim manapun yang sanggup mengatur dan menaruh perhatian penuh dalam pekerjaan akan meningkatkan kinerja tim secara signifikan. Kemampuan khusus dan kemampuan untuk memfasilitasi adalah gabungan yang menyebabkan sukses besar. Jika anda memiliki 10 tim yang bagus, anda mungkin akan memperoleh sekitar lima bangunan yang berhasil berdiri.

Dan saya mencoba melakukan sesuatu yang menarik. Saya berpikir, marilah sedikit bertaruh. Jadi saya menawarkan perangkat lunak senilai 10.000 dolar kepada tim yang menang. Lalu menurut anda apa yang terjadi dengan para siswa disain ini? Bagaimana hasilnya? Inilah yang terjadi.

Tidak satupun tim berhasil membangunnya.

Jika ada yang berhasil membangun, katakanlah bangunan setinggi 1 inci mereka dapat membawa pulang hadiahnya.

Sehingga, bukankah ini hal yang menarik bahwa pertaruhan yang besar memiliki pengaruh yang kuat.

Kami melakukannya lagi dengan para siswa yang sama. Apa yang terjadi menurut anda? Kini mereka mengerti pentingnya perancangan. Sehingga tim yang sama berubah dari tim yang sangat buruk menjadi salah satu tim terbaik. Mereka menghasilkan bangunan tertinggi dalam waktu tersingkat. Jadi inilah pelajaran yang penting bagi kita tentang sifat dasar dari dorongan dan kesuksesan.

Anda mungkin bertanya: Mengapa ada orang yang menghabiskan waktu merancang tantangan marshmallow? Dan alasannya adalah, saya membantu menciptakan perangkat digital dan proses untuk membantu membuat mobil dan permainan video dan efek-efek visual.

Dan apa yang dilakukan tantangan marshmallow adalah membantu mereka mengenali asumsi-asumsi tersembunyi. Karena, jujur saja setiap proyek memiliki marshmallownya sendiri, bukan?

Tantangan ini menyediakan pengalaman secara umum, bahasa bersama, posisi bersama untuk membangun prototip yang benar. Sehingga, inilah pentingnya pengalaman dari pelatihan sederhana ini.

Dan bagi anda yang tertarik dapat mengunjungi marshmallowchallenge.com. Ini adalah sebuah blog di mana anda dapat melihat bagaimana cara membangun marshmallow. Ada petunjuk-petunjuk untuk membuatnya. Ada contoh-contoh aneh dari seluruh dunia tentang bagaimana orang-orang memelintir dan menyesuaikan sistem ini. Ada juga rekor dunia di dalam pekerjaan ini.

Dan pelajaran dasarnya,saya percaya adalah disain benar-benar merupakan olahraga berat, yang mengharuskan kita menggunakan semua indra kita, dan menggunakan kemampuan berpikir terbaik kita, perasaan dan tingkah laku kita pada tantangan yang sedang kita jalani.

Dan kadang-kadang, prototipe kecil dari pengalaman ini adalah yang kita perlukan untuk membuat kita berubah dari “aduh” menjadi “hore”. Dan kita dapat membuat perubahan besar.

Terima kasih banyak.

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.