Flying FoxBeberapa bulan lalu, diberitakan adanya korban jiwa karena kecelakan pada saat melakukan aktifitas Flying Fox disebuah tempat hiburan di daerah Puncak, Jawa Barat. Pemberitaan ini sempat membuat saya ketar-ketir, karena ‘si kecil’ sedang kecanduan bermain Flying Fox. Walaupun saya pernah mengikuti kegiatan outdoor yang menggunakan peralatan memanjat (climbing), tetap saja saya harus mencari informasi lebih untuk memastikan keselamatan anak saya.

Untuk menyakinkan aktivitas Flying Fox yang diselanggarakan tersebut benar-benar aman (red:berdasar pengalaman pribadi), sebaik pastikan beberapa hal berkut ini:

1. Menggunakan peralatan outdoor dengan merek : Petzl

Yup! saya harus menyebutkan merek! puluhan tahun lalu (duh, ketahuan deh umurnya) saya sudah mengenal merek ini (Petzl), terutama untuk Descender, Ascender, Helmet dan lain-lain. Sampai saat ini saya hanya percaya sama merek Petzl!

Pernah menonton Film Cliffhanger ? yang dibintangi Sylvester Stallone ? Pada file tersebut ada adegan dimana Descender (cmiiw) merek Petzl patah! Nah..saat itu adegan tersebut menjadi pembicaraan hangat dan yang sangat marah pihak Petzl tentunya! karena kejadian tersebut hampir tidak mungkin terjadi (red:claim Petzl) pada peralatan sekaliber Petzl.

Peralatan merek Petz tersebut , yang diadegankan patah pada film tersebut, bisa menahan beban sampai beberapa ton! yup! Hampir semua (saya nggak bisa bilang semua) peralatan Petzl mencantumkan beban yang dapat ditangunggnya, rata2 dalam hitungan ton.

Jadi sekali lagi pastikan Petzl. Peralatan ini dibuat untuk kegiatan outdoor Profesional.

2.Menggunakan Harnest Full Body, (Harnest seluruh badan)

Ada dua tipe harnest yang umum digunakan; pertama (1) harnest yang hanya digunakan di pinggang (pinggang dan paha) dan kedua (2) yang digunakan di seluruh badan (Full Body).

Bagi sebagiam besar pemanjat tebing, harnest full body tidaklah nyaman karena mengganggu gerakan dan mungkin berbahaya bila ada hentakan jatuh yang dapat mematahkan tulang punggung karena harnest menahan beban seluruh tubuh (melewati/menggunakan) punggung juga.

Bagi anak-anak atau orang dewasa yang bermain Flying Fox, menurut pendapat pribadi justru harus menggunakan harnest Full Body, ini karena anak kecil sering melakukan gerakan yang tidak terduga dan tidak disadari sepenuhnya. Penggunaan harnest pinggang cukup ‘mengerikan’ karena peluang untuk lolos/lepas dari kuncian menjadi lebih besar di banding harnest Full Body.

Bila ada hentakan dikarenakan momentum jatuh, harnest Full Body tidak berbahaya karena jarak yang tidak terlalu tinggi dan beban anak yang cukup ringan.

 3.Menggunakan tali luncur ganda (double)

Inti dari segala permainan outdoor adalah Safety! keamanan! Jadi pastikan tali yang digunakan untuk meluncur jumlahnya ada dua(2) dan tersusun bertingkat dengan menggunakan dua buah roller juga. Walalupun jarang terjadi, ini dimaksudkan agar bila tali yang digunakan putus! masih ada satu tali lagi yang tersisa.

Catatan : Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis, berdasar pengalaman pribadi. Penulis tidak menanggung segala resiko atau dampak dari penerapan, penggunaan saran ini oleh pembaca (anda). Resiko ada di tangan anda!

Oh iya, saya juga bukan agen atau dibayar Petzl

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.