Operator Selular Harus Tanggungjawab

Berkaitan dengan maraknya keluhan pelanggan selular :)] mengenai konten premium, apakah anda pernah mendapatkan pesan  singkat dari TELKOMSEL (tulisan di layar) dengan tulisan seperti dibawah ini ?

Siapa Bilang NSP Mahal ? Buktikan sendiri, hanya Rp. 500. Caranya tekan *992# pilih NSP GOPEK BERHADIAH & dptkan kesempatan mendpt 12 unit Vario, 21BB dan 121jt

Menurut anda, siapakan pengirim (penyedia) pesan singkat ini ? konten provider atau operator selular ? 8->

Bila dilihat dari nama pengirim yang tertera di layar sepertinya resmi dari operator selular bukan ? Hemmm..tunggu.., apabila pengirim di layar bisa diakali (spoof)…, okelah bukan dari operator resmi, tapi perhatikan isi pesan singkatnya.

…Caranya tekan *992# pilih…. :-??

Apakah ini kode (cara)  umum yang sekarang digunakan oleh konten provider untuk menjaring pelanggan ? dengan menggunakan tanda bintang ( * ) dan pagar ( # ) ? Seingat saya, dulu…, untuk mendaftar konten premium , biasanya menggunakan kata ‘REG’ dan ‘UNREG’ sebagai fasilitas untuk keluar dari layanan.

Setelah berdiskusi dengan rekan yang menerima pesan singkat ini, sepertinya operator selular juga punya peranan untuk memuluskan perangkap konten premium kepada pelanggannya. Dengan sistem pembagian profit 60% (oprator) : 40% (konten provider), atau 50% : 50% , tentunya bisnis konten premium ini bisa jadi tambang emas  bagi operator.

Disengaja atau tidak, disadari atau tidak 8-> ,  memberikan fasilitas registrasi konten premium menggunakan kode yang biasa digunakan oleh operator untuk kepentingan pengecekan pulsa, transfer pulsa atau layanan customer service lainnya, pastinya kurang etis dan cenderung menjebak.

Bukan hanya konten provider yang harus bertanggungjawab, operator selular harusnya juga! :-”

Terimakasih!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *