Fami

Beberapa minggu lalu saya meminta secara pribadi file (berkas) GPS Trek NuRA ( Rindu Alam baru / ekstensi ) dan TW3 (Telaga Warna 3).

Sempat sekali merasakan trek NuRA ini, dan hanya Fami yang bawa GPS saat itu, sekalian saja TW3 saya bagi ke pembaca blog ini. Thanks Fa!

Dit, ini trek NuRA (+ kondangan) & TW3.

Yang NuRA diawal-awal ada yg bolak-balik, itu karena nyari kacamata yg jatuh. Jatuhnya ternyata di turunan tanah pertama setelah nanjak dulu dari mang Ade.

Trus waktu itu turunnya lewat jalur kondangan. Jalur kondangan itu ada di ngehe 1, kalo gak salah sebelum masjid belok kanan. Jalannya turunan beton, tapi abis itu nanjak. Jalan besar kok, mobil bisa lewat. Di ujung jalur kondangan masuk kebun teh lagi n nanti nyambung turunan makadam ngehe 1. Kalo dari ngehe 1 turunnya lewat jalur tanah (sebelah kiri, bukan yg kanan, yang full makadam), ketemu jalur kondangan sebelum pertigaan jalur tanah & makadam, yg ada saungnya juga.

Yang TW 3 gak bawa GPS, cuma bawa HP n lupa dinyalain. Gw nyalain setelah di tanjakan tanah terakhir di dalam hutan tw 3. Jalur masuknya sih sama kayak TW1-2. Gerbang TW yg dibawah Rindu Alam, nanjak aspal dikit trus nanjak makadam. Nanjak sampai atas, tempat biasanya kita potong jalur turun yg pendek di kebun teh. Di awal turunan potong itu ambil jalan kiri, nyusurin lereng jadinya. gak brapa jauh nanti jalannya turun ke kanan trus datar ke kiri n masuk hutan. Di hutan ikutin jalan, banyak akar & banyak drop off kecil.

Keluar hutan ambil jalan ke kanan. Di tempat keluar hutan itu ada tempat parkiran sepeda n bisa liat lapangan sepakbola & menara tegangan tinggi di kiri. Jalur kanan keluar hutan jalanannya turun terus, jalan di pinggir lereng. Di tengah turunan panjanggggggg…..hati-hati ada pipa air pralon (cuma 1 kok), jangan dilompatin, kecuali ya bisa lompat…he….he…. Nah lepas turunan bisa ambil kiri lewat lapangan bola, atao lewat makadam ke arah bumi perkemahan. Bisa juga ambil kanan/ lurus, jalan datar sebelum turun lagi meliuk-liuk ketemu makadam sedikit ketemu jalur kiri makadam (bukan lap bola) tadi.

Ketemu aspal bisa ambil kiri (turun) atau lurus (turun dikit). Kalo kiri ketemu jalan besar, Raya Puncak. Kalo lurus ketemu bumi perkemahan…. lupa namanya. Gw lewat yg buper ini.

Jalur selanjutnya terserah mo lewat mana, banyak jalannya soale udah masuk daerah perumahan Cilember dsb.