KOMPAS - Fun Bike 2011

Beberapa tahun belakangan ini (2011-2009) kegiatan sepeda dalam bentuk fun bike (sepeda santai) sepertinya telah menemukan momentumnya. Saya tidak menghitung ada berapa kegiatan fun bike tiap bulannya untuk di wilayah Jabotabek saja, yang jelas, paling tidak sedikitnya ada satu kegiatan untuk tiap bulannya, CMIIW. Momentum bersepeda juga bisa kita lihat dari makin maraknya iklan produk yang menggunakan sepeda (aktivitas bersepeda) sebagai salah satu komponen iklan tersebut.

Banyak perusahaan juga berlomba menciptakan event fun bike untuk memperkenalkan produk baru atau memperkuat image produk yang sudah ada.

Makin sering fun bike seharusnya membawa keuntungan bagi pihak penyelanggara dan peserta, jangan satu pihak saja yang diuntungkan dan lainnya merasa dirugikan (dimanfaaatkan). Penyelenggara punya kepeentingan menyampaikan ‘pesan’ sedangkan peserta punya kepentingan bersenang senang bersama keluarga dan bila beruntung bisa dapat door prize.

Jadi, menurut saya, untuk mendapakan iklim yang baik antara peserta, penyelenggara dan ekosistem bersepeda secara umum, fun bike itu seharusnya…

1. Menyediakan kaos (T-Shirt) atau Jersey Sepeda  yang layak

Jersey City Ward Tour

“Yaah….dapat saringan tahu…”, begitulah celetukan beberapa teman yang ikut funbike. Saringan tahu = kaos yang jelek deh pokoknya, tipis banget, sekali pake, habis itu kalo nggak jadi lap meja, saringan membuat tahu, ya dibuang saja.

Dibanding jersey sepeda, menurut saya lebih baik kaos t-shirt yang layak saja sebagai seragam peserta dan panitia, peluang bisa digunakan kemudian hari di berbagai waktu dan tempat lebih besar, sehingga logo yang disablon di kaos bisa lebih sering terlihat.

Lagipula, berdasar survey kecil-kecilan, kaos t-shirt lebih sangat diminiati dibanding jersey sepeda.

Tapi, ingat! kaos t-shirt yang layak loh…. bukan kelas ‘saringan tahu’ atau kampanye partai politik!

Dengan attribute yang layak, peserta senang, sponsor dan panitia pun girang!

2. Meneyediakan Makanan dan Minuman yang pantas (layak) untuk ganjel perut

california burger

Bersepeda, apakah itu santai, jarak pendek atau cuma beberapa menit tetaplah merupakan kegiatan yang menyita waktu, pikiran dan fisik.

Untuk mencapai kesenangan bersepeda tersebut, peserta tetaplah harus bangun pagi, menyiapkan sepeda, mengurusi anggota keluarga dan juga berkendara atau bersepeda ke tempat acara. Bayangkan bila snack yang disajikan panitia tidak sesuai harapan (bayangan) bila dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan untuk membeli tiket/karcis. Peserta pastinya kecewa dan percayalah… kabar buruk lebih cepat menyebar …..

Panitia penyelenggara sebaiknya mencari sponsorship atau kerjasama dalam menyelenggarakan funbike, entah berupa sponsor uang atau kerjasama / barter dengan produsen produk makanan yang dapat diberikan langsung ke peserta.

3. Memiliki Rute pendek ,tidak mendaki dan tempat start-finish yang sama

Keluarga Sepeda

Namanya juga funbike, bersepeda bersenang-senang yang pastinya diikuti peserta dari segala usia dengan berbagai jenis sepeda. Sepeda roda dua, satu atau tiga pasti ikut. Jadi…pastikan rutenya pendek (bisa ditempuh segala jenis sepda), tidak ada tanjakan dan usahakan memilih rute yang memutar.., kembali lagi ke tempat asal (start).

Rute memutar ini sangat penting bagi yang membawa satu keluarga (Bapak,Ibu, Anak atau Cucu) yang pastinya membutuhkan tempat menaruh kendaraan , titik kumpul, kepastian dan rasa aman bagi anggota keluarganya.

4. Memiliki Doorprize dengan nilai premium

H. Eller Music School

Penyelenggara sebaiknya memiliki beberapa doorprize dengan nilai premium. Tidak harus yang terlalu mewah, tetapi dapat disesuaikan dengan tema acara dan cukup premium dimata peserta. Misalnya sepeda gunung kelas premium seperti GIANT Trance (sorry sebut merek) bila temanya tentang lingkungan hidup.

Pastinya, doorprize premium tersebut akan menarik minat peserta yang ditargetkan pihak penyelenggara.

Beberapa doorprise ‘kecil’ yang jumlahnya lebih banyak tentunya juga harus diadakan , karena akan sedikit mengobati kekecewaan peserta yang tidak mendapat doorprize utama dengan nilai premium tersebut.

5.Mengusung tema yang segmented dan dekat dengan kelestarian lingkungan

Pollution

Bersepeda (saat ini) adalah ‘anak kandung’ dari olahraga, kesenangan dan kesadaran lingkungan. Sepeda yang identik dengan ‘kemiskinan’ mungkin sudah tidak relevan lagi untuk saat ini, walalupun masih ada yang bersepeda karena faktor ekonomi, tetapi disengaja atau tidak media massa saat ini telah memposisikan bersepeda sebagai gaya hidup, paling tidak untuk Indonesia.

Pada akhirnya , dengan jangkauan pengunaan sepeda ke kelas menengah keatas maka sebaiknya tema acara sepeda juga dapat lebih dari hanya acara sepeda senang-senang saja. Kesadaran akan pentingnya lingkungan dapat dijadikan tema atau ‘membungkus’ tema utama  acara fun bike, dapat dipastikan selain memiliki citra positif, minat peserta juga akan tetap tinggi.

Funbike juga sebaiknya memiliki tema yang spesifik, dengan sasaran yang segmented tersebut, peserta yang ikut juga akan lebih ‘militan‘ dan sejalan dengan temanya. Sehingga sasaran penyelenggara dapat lebih fokus dan mudah dieksekusi.

6.Jangan gratis, tetapi tiket dengan harga ‘terjangkau’

rockies tickets.1.rm.031609

Walaupun penyelenggara funbike mendapatkan sponsor besar dan banyak, sehingga dari hitungan matematis tidak membutuhkan peserta membeli tiket, sebaiknya peserta tetap diharuskan untuk membeli tiket/karcis.

Dengan membeli tiket, maka kemungkinan peserta untuk tetap datang pada hari H akan tetap besar dibandingkan bila tidak membeli tiket sama sekali. Tiket/karcis dengan harga ‘wajar’ akan memberi ikatan langsung kepada peserta, selain doorprize yang menarik tentunya.

7.Memiliki panitia  penyelenggara yang  responsive dan peduli.

KOMPAS - Fun Bike 2011

Panitia penyelanggara sebaiknya memiliki perangkat lapangan yang berkualitas. Berkualitas dalam arti, proaktif dalam pelaksanaan funbike.

Membantu peserta yang sedang mengalami kesulitan seperti putus rantai, ban bocor sampai dengan mencari sanak kelurga yang hilang-terpisah dari rombongan merupakan contoh bentuk tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh panitia.

Dalam kegiatan bersepeda yang masal, dikenal dengan istilah Marshall (kurang tahu asal-muasal istilah ini). Marshall adalah panitia bersepeda yang ditempatkan bersama rombongan peserta yang berfungsi menjalankan tanggung jawab yang saya sebutkan sebelumnya.

Bila jumlah peserta sangat banyak, panitia hendaknya meminta ‘bantuan’ ke komunitas sepeda untuk menjadi marshall.

 Salam Gowes
note:gambar hanya ilustrasi

3 Comments Fun Bike itu seharusnya ……

  1. taufik

    kang didit numpang tanya, sy org new utk masalah sepeda, dan dlm dekat ini kerja mau pakai sepeda, krn budget terbatas, 1,5 jt, akhir saya memutuskan utk beli bukan rakit,sy udah dpt sesuai dgn budget, cm pengen saran sepeda yg saya pilih bagus yg mana antara polygon monarch 3.0 dengan
    united miami xc02, utk medan yg berlubang dan aspal, thanks

    Reply
  2. diditho(a)

    waduh..saya nggak hapal specnya, tapi untuk medan berlubang paling tidak harus ada suspensi depannya. Budget segitu seperinya nggak bisa dapat frame allumunium, pasti sepedanya berat.
    Lebih baik menabung dulu saja sd 3,5 juta. daripada nanti kecewa..

    Reply
  3. taufik

    utk polygon monach 3.0
    spec nya:MODEL NAME MONARCH 3.0 GENT TYPE MTB HT – SHIMANO TOURNEY 18sp SIZE 16” COLOR GREY – DARK GREY FRAME ALUTECH FRAME FORK SR W/ PRELOAD ADJUSTER FRAME SUSPENSION N/A HANDLEBAR STEEL BAR END N/A STEM STEEL ROTOR/DETANGLER N/A HEADSET POLYGON SADDLE POLYGON SEATPOST POLYGON SSX ALLOY CHAINWHEEL SR XCC 48Tx38Tx28T BOTTOM BRACKET BALL RETAINER CHAIN KMC Z30 CHAIN GUIDE/CHAIN COVER N/A CASSETTE SPROCKET/FREEWHEEL SHIMANO TOURNEY 14-28T SHIFTING LEVER SHIMANO TOURNEY – REVO SHIFTER BRAKE LEVER PROMAX FRONT DERAILLEUR SHIMANO TOURNEY REAR DERAILLEUR SHIMANO TOURNEY FRONT BRAKE ALLOY V-BRAKE REAR BRAKE ALLOY V-BRAKE DISC BRAKE ROTOR N/A PEDAL PLASTIC TYRE 26” x 1.75” TUBE AV VALVE RIM ALLOY SINGLE WALL SPOKE STEEL FRONT HUB ALLOY 32H REAR HUB ALLOY 32H WHEEL SET N/A

    utk united miami XC02 :
    spec
    FRAME : MTB-26” x 400 MM STEEL
    FORK : SUSPENSION 26” V-BRAKE
    BB/PARTS : FP-B602
    C/WHEEL : FC-M151 ½ x 3/32” 28/38/48T W/COVER SHIMANO
    CHAIN : ½ x 3/32” 112 LINK KMC
    BRAKE F/R : ALLOY V-BRAKE L.110 MM LOGAN
    HUB F/R : STEEL 14G x 36H
    SPOKE : STEEL 14G UCP
    RIM F/R : ALLOY 26”x 1.75 BLACK HENGTONG
    TYRE : NYLON 26” x 1.95 BLACK
    Frame Size : 400
    H/T Angle : 71?
    S/T Angle : 73?
    Effective T/T : 570
    Effective C/S : 435
    WH/Base : 1054

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.