Menentukan Ukuran Frame Sepeda Gunung

Memilih rangka (frame) merupakan salah satu langkah penting dalam membeli atau merakit sepeda gunung (Mountain Bike/ MTB ). Selain pemilihan bahan Aluminium (Al) , faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih frame adalah ukuran yang sesuai dengan tinggi badan. Pembahasan mengenai ukuran ini belum (baca:terlewat) pada tulisan sebelumnya. Banyaknya pertanyaan dari komentar yang masuk di blog ini  maupun pertanyaan ketika beberapa teman menanyakan saya secara langsung ‘mendorong’ saya membuat panduan memilih ukuran frame sepeda gunung yang tepat.

Berdasar pengalaman dan ngobrol dengan para pengguna sepeda gunung yang lebih senior dan berpengalaman, pemilihan ukuran frame sepeda yang tidak tepat akan mengakibatkan kendali (handling) yang buruk dan juga ketidaknyamanan yang bisa berakibat otot di bagian tangan, punggung dan kaki menjadi cepat letih dan pegal. Bayangan ektrimnya, orang tua  yang mengayuh sepeda anak tiga(3) tahun, ataupun anak sekolah dasar yang naik sepeda balap.

Perlu diketahui, tidak ada standart industri untuk ukuran frame sepeda gunung.  Tiap merek sepeda memiliki ‘sedikit’ perbedaan dalam cara panduan pengukuran. Setiap merek sepeda memliki spesifikasi dengan standart mereka sendiri,  sehingga sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dulu bagaimana merek sepeda yang anda pilih mendeskripsikan ukuran sepeda, cara tercepat adalah kunjungi dealer resmi merek sepeda tersebut atau kunjungi websitenya.

Rasio Tinggi Badan (Height) Vs Ukuran Frame  (ST – CT)

Tidak ada standarisai bukan berarti kita tidak bisa melakukan perhitungan untuk mendapatkan ukuran frame sepeda gunung yang sesuai. Untuk panduan kali ini saya akan fokus dengan variabel Seat Tube – Center to Tube (ST – CT) yang lebih umum digunakan sebagai patokan. Bila ngobrol dengan pengguna sepeda gunung atau masuk ke forum sepeda seperti www.sepedaku.com. Istilah ST – CT (lafal:esti – siti), Seat Tube – Center Tube lah yang paling banyak digunakan.

mtb frame sizeBerikut adalah daftar lengkap variabel di frame sepeda gunung yang biasa dijadikan dasar perhitungan rasio:

  • Seat Tube (ST) – Center to Tube (CT) -> (ST – CT) –> paling umum digunakan
  • Seat Tube (ST) – Center to Center (CC) -> (ST – CC)
  • Top Tube (TT) – Center to Center (CC) -> (TT – CC)

man mtb bicycle frame proportion Sebelum masuk ke rasio frame dan ukuran tubuh, berikut adalah empat(4) variabel tubuh manusia yang biasa digunakan dalam pengukuran. Dalam pengukuran frame MTB, yang terpenting adalah ukuran tinggi badan  (stand over height / height). Sedangkan tiga(3) lainnya, ukuran panjang kaki bagian dalam  (inseam) , ehem… tukang jahit pasti mengerti istilah ini, panjang lengan (arm length) dan panjang badan (torso) bisa ‘agak diabaikan’ dalam melakukan pengukuran pertama kali.

Berikut adalah daftar lengkap variabel di tubuh manusia yang biasa dijadikan dasar perhitungan rasio:

  • Height (stand over height) (Tinggi Badan) –> paling umum digunakan
  • ukuran panjang kaki bagian dalam  (inseam)
  • panjang lengan (arm length)
  • panjang badan (torso)

Tiga (3) variabel yang bisa ‘agak diabaikan’ tersebut karena posisi duduk (sadle) yang bisa diubah ketinggiannnya dapat mengakomodasi variabel panjang kaki dalam (inseam). Kedua, posisi stang (handle bar) yang juga bisa diatur ketinggian dan lebarnya (baik dari bentuk maupun menggunakan ring untuk raiser)  dapat mengakomodasi variabel panjang lengan (arm length) dan juga panjang badan (torso).

Secara umum, tinggi badanlah (height) yang paling menentukan pemilihan ukuran frame (ST-CT).

Tabel Rasio

Walaupun dalam satu tipe, frame sepeda gunung original (bukan palsu/generic) pasti/biasanya memiliki ukuran frame yang bermacam-macam, disesuaikan dengan tinggi tubuh. Berikut adalah tabel yang umum digunakan untuk menghitung ukuran frame yang tepat berdasar tinggi tubuh.

PENTING! Sebelum melakukan pengukuran, pastikan dulu variable apa yang digunakan oleh manufaktur/merek sepeda yang anda pilih. Apakah ST-CC atau ST-CT!!

Sumber : “Mountain Bike Sizing and Fit“.

[table “8” not found /]

Konversi
1 inch = 2,54 cm
1 centimeter = 0.394 inch

Tabel Rasio Lengkap

Bila anda seorang yang perfeksionis, atau anda sedang akan membeli frame sepeda gunung dengan harga puluhan juta. Tabel yang mengakomodasi variabel yang lebih lengkap berikut ini mungkin dapat menjadi panduan. Tabelnya saya dapatkan dari www.ebicycles.com. Untuk mempermudah, sudah saya siapkan file PDFnya (khusus hanya sepeda gunung dewasa) yang saya ambil dari direktori situs ebicycles.

mtb frame size from ebicycles.com

Download mtb frame size from ebicycles.com (1049)

Pada beberapa sepeda, biasanya ada penyederhanaan tabel matriks. Bila mendapatkan pencantuman ukuran seperti di bawah ini, sebaiknya kita cari tahu juga cara pengukuran yang digunakan. Apakah menggunakan ST-CT atau ST-CC?

 OLTPOLAP
PurposeAutomate the businessOptimize the business
UseTransaction processing
Reporting, analysis planning, forecasting and trending
Schema2–dimensional normalized
Multi-dimensional,
de-normalized
NavigationBased on transaction flow
Based on user requirements
OperationMostly insert, update and deletes
Mostly selects
CalculationAggregation, simple matrix
Aggregation, simple matrix, X-dimensional, formula-based
Implementation
Slow to deploy and difficult to change
Fast to deploy and easy to change
Data Usage
Operational
Historical trending, analysis and discovery
Data level
Atomic
Consolidated and customized
Availability24/7 dependency
No dependency on source
Refresh Frequency
ImmediatePeriodic refresh
(Hourly, daily or weekly)
ExampleFlight online systems, order processing systems
Sales per employee
GoalCapture complete data
Retrieve data in seconds / minutes
DesignRelational (RDBMS)
ROLAP, MOLAP, HOLAP
(star, snow-flake or hybrid)
Data Mining & Discovery
Difficult to perform
Easy to perform
Clean Data
NoYes
Transformed Data
NoYes
View of Data
SingleMultiple (sales regions are separate then financial regions)
IT dependency
YesSome IT dependencies for complex query
ScalabilityPoorly scalable
Highly scalable

Sudah tahu dan yakin dalam memilih ukuran frame sepeda? selamat berburu dan belanja!

20 Comments Menentukan Ukuran Frame Sepeda Gunung

  1. Pingback: Merakit Sepeda Gunung | diditho{dot}net

  2. Rian
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Salam kenal om, saya pengen beli sepeda gunung budget'a 1,5 – 2,5jt mending beli merk apa ngerakit ya? Kalo beli merk, merk apa? Tipenya? Kalo ngerakit spec'a? Mohon pencerahan maklum masih awam, tinggi 173cm berat 58kg thanks reply ke email jga boleh..

    Reply
  3. firman b
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    saya berumur 50 an th,saya ingin berolah raga dg sepeda dg anggaran yg tdk terlalu mahal maks 5jt kalau bisa saya mendapat sepeda yg cukup baik,tolong saya diberikan speknya dan dimana beli yg murah,terima kasih

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>