Menghilangkan Noda Cat pada Mobil

car vandalismBeberapa hari lalu , istri saya menelepon ke kantor. Mengabarkan dengan geram bila pagar dan kap mobil kami dicat semprot (spray) oleh (diduga) kawanan anak-anak desa sebelah komplek. Cat di tembok sih bisa dengan mudah dan murah di poles kembali , memperbaiki cat di mobil bagaimana caranya ya? masak harus dicat ulang seluruh kap mesin ?

Btw, gambar screenshotnya hanya ilustrasi, nggak separah itulah..

Setelah googling sana-sini, ada sedikit titik cerah walaupun belum yakin juga karena tidak ada info mengenai tingkat keberhasilannya. Di suatu artikel disarankan menggunakan compound, tapi tidak disebutkan jenisnya dan hasil akhirnya. Kebetulan di rumah saya masih menyimpan compound putih dan compound merah yang sifatnya lebih/sangat abrasive. Saya putuskan pake compound putih saja yang lebih aman.

Bermodal compound putih, kain lap lembut (dari bahan kaus kutang) dan hari libur,  sayapun memulai eksperimen mempoles. Sebelum melakukan polesan di bagian noda cat semprot tersebut, saya bersihkan dahulu bagian kap mobil dengan kain basah agar bersih dari debu dan kotoran lainnya. Setelah kering dan yakin cukup bersih, selanjutnya saya poleskan kompon putih di bagian yang terkena cat semprot.

Awalnya saya kira tindakan ini tidak berhasil, beberapa kali polesan memutar tidak juga menghilangkan noda tersebut. Beruntung saya tidak menyerah, ternyata dibutuhkan polesan yang lumayan intensif dan memakan waktu agar noda cat semprot tersebut terangkat hilang perlahan-lahan.

Setelah mempoles selama kurang lebih 4 jam pada bagian yang terkena cat semprot ,  akhirnya noda cat akibat tindakan vandal itupun hilang. Tersisa lapisan cat yang agak buram/kusam pada area polesan tadi. Tidak sulit untuk mengembalikan kilatan cat mobil kembali, cukup dengan beberapa kali polesan Kit Paste Wax Original (Kit kuning) (nggak bermaksud ngiklan..:-p)cat mobil kembali cemerlang seperti sedia kala.

“Pfewwww…” Cukup lega juga karena tidak usah melakukan cat ulang pada kap mesin yang tentunya bisa mencapai angka jutaan,

2 Comments on Menghilangkan Noda Cat pada Mobil

  1. syarief
    February 15, 2013 at 9:20 PM
    Google Chrome 24.0.1312.57 Google Chrome 24.0.1312.57 Windows XP Windows XP

    mas saya pernah mencat mobil degan cat semprot / apa lah semacamnya. karna saya menyesal saya mau menghilangkan cat yg barusan saya semprot, agar balik ke cat awal. apa kah bisa?

    Reply
  2. diditho
    February 18, 2013 at 4:22 PM
    Firefox 18.0 Firefox 18.0 Windows 8 x64 Edition Windows 8 x64 Edition

    bisa mas asal areanya sedikit dan tipis, pake kompon putih, tapi molesnya agak lama, paling enak kalo pake mesin.
    Kalo areanya luas dan tebal sepertinya sulit

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>