Setelah menabung beberapa bulan untuk membeli komponen sepeda (buset deh sepeda melulu.. :-)), tiba-tiba saja saya putuskan untuk menggunakan tabungan tersebut untuk membeli jam tangan (arloji). Gara-gara arloji yang biasa saya gunakan rusak berulang kali, akhirnya saya putuskan saja membeli yang baru.

Memikirkan membeli arloji di toko membuat saya sakit perut. Kekhawatran akan jaminan keaslian produk dan keharusan untuk menawar membuat saya malas ke toko arloji. Bila membeli di toko resmi memang pasti ada jaminan keaslian, tapi seringkali harganya tidak bisa ditawar. Kalaupun bisa saya harus sudah tahu kisaran harga jual terendahnya.

Harus mencari komparasi harga dengan paman google pikirku….

Aktifitas saya googling jenis jam tangan dan harganya membawa saya kepada keputusan untuk membeli secara online di www.jam-tangan.com.

Belanja online ini tidak membutuhkan account paypal atau kartu kredit.

Browse produk yang anda minati , masukkan di shopping chart dan kirim identitas anda, berikutnya anda akan dikonfirmasi. Pilihan pembayaran lewat transfer rekening atau cash on delivery (COD) untuk wilayah jakarta.

Khawatir, baru pertamakali melakukan transaksi online. Akhirnya saya sekalian saja menghubungi via yahoo meseenger (YM) dan ternyata membawa ke transaksi yang lebih mudah dan menyenangkan.

berikut kutipan percakapan/transaksi di ym

diditho: halo pak
diditho: saya sudah pesan jam tangan alexandre christie (..sensor..)
diditho: kok belum terima konfirmasi ya?
wenny: pagi, pak didit
BUZZ!!!
wenny: masi ol ?
diditho: masih pak
wenny: baik pak
wenny: biasanya kami konfirmasi siang kok
wenny: ya sudah
diditho: ok
wenny: kebetulan bapak online
wenny: gimana ?
wenny: ada yg mau ditanya dulu ?
diditho: saya tunggu deh
wenny: biar langsung saya guide aja
wenny: panggil wenny aja
diditho: ok
diditho: baru pertama beli online
diditho: jam tangannya berarti garansi kan?
wenny: yup
wenny: garansi resmi pak
wenny: jadi, bisa diklaim ke kita, atau langsung klaim ke dealer resmi
diditho: kalo alexandre christie berarti bisa klaim ke dealer di taman anggrek itu ya?
wenny: benar pak
diditho: oh iya karena saya di jakarta bisa cash on delivery kan (COD)?
wenny: bisa pak
wenny: namun dicharge ongkos kurir sesuai lokasi tujuan
wenny: untuk (…sensor…), 35ribu
diditho: oke no problem, saya tunggu konfirmasinya siang ini
diditho: trims
wenny: ooo
wenny: tidak perlu tunggu siang ini kalau begitu, pak
wenny: kami konfirmasi di sini saja, tidak keberatan kan ?
diditho: tidak masalah
wenny: baik kalau begitu
wenny: 1. bapak mau dikirim via tikijne (4ribu regular 1-2 hari sampai, 11ribu kilat 1 hari sampai) , atau diantar (35ribu) ?
diditho: kalo diantar bisa sebelum jam 1 siang hari ini tidak?
diditho: karena jam 1 saya harus ke tempat lain
wenny: bisa, pak
wenny: jam 10 juga bisa
diditho: oke diantar saja pak, jadi totalnya berapa ya?
wenny: total kalau diantar, menjadi (…sensor…) ribu
wenny: anda dapat barang , dicek kelengkapannya, kemudian bayar
wenny: kami lampirkan juga nota penjualan
diditho: oke saya tunggu
wenny: baik pak
wenny: bisa kami tahu, bapak didit di bagian apa ?
wenny: agar kurirnya bisa lebih mudah
diditho: (..sensor..)
wenny: baik pak
wenny: kalau begitu
wenny: ditunggu ya pak
wenny: kurir kami jalan jam 10
diditho: (..sensor..)
diditho: hanya memastikan , produknya Alexandre Christie, produk ID (..sensor..) kan?
wenny: yup
wenny: warna hitam, rantai
diditho: ok trims, saya tunggu
wenny: baik pak

Pukul 11:20..
jam tangan sudah sampai,
periksa kelengkapan (nota pembelian, kartu garansi, fisik jam).
Done!

Terimakasih!

9 Comments Belanja Online ala Indonesia

  1. Pingback: PageRank 0 , Sepertinya saya tahu alasanya - diditho[dot]net

  2. Suriyanti
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    Pengen tau nih, gimana sih tau tuh web bener2 aman dan ga nipu? Trus sebagian kan minta transfer dulu, nah kalau kita ternyata ditipu apa nih jaminan yg bisa kita pegang?

    Reply
  3. diditho
    Unknown Unknown Unknown Unknown

    harus cari tahu dulu, coba aja search di google mengenai reputasi website tersebut. Bila transaksi yang dimaksud terjadi di website semacam kaskus, ebay dan sejenisnya yang memungkinkan terjadinya transaksi antar member, bisa dilihat dari reputasi member tersebut. Reputasi itu adalah penilaian member lain terhadap member tersebut.
    jadi tetap hati-hati dan yang terpenting cek reputasi (pangalaman orang lain).

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.