Beberapa bulan lalu saya memutuskan memiliki/merakit sepeda gunung untuk menyalurkan hobby berpetualang dan berolahraga. Ternyata saat ini saya sudah dalam fase kecanduan yang hebat. Walapun sendiri (solo), hampir tiap setiap minggu saya selalu bermain sepeda di bukit Hambalang.

Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Jadi berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill) dan kisaran harganya.

Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
Harga mulai: Rp.450.000,- an
Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
Harga mulai: Rp 95.000.- an
Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
(non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an
Rescue tools (allen key plus set).
Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
Harga mulai: Rp.25.000,- an
Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
Harga mulai: Rp.20.000,- an
Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
Harga mulai: Rp.20.000,-an
Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
Harga mulai: Rp.25.000,-an
Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
Harga mulai: Rp 12.000,-an
First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
Harga mulai: …
Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya :-). Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
Harga mulai: Rp 250.000,-an
Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
Harga mulai Rp 155.000,- an
Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
Harga mulai Rp 350.000,- an
Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan 🙂
Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan? 🙂
Penahan lumpur (mud fender).
Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
Harga mulai: Rp 35.000,- an
Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)
Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.

Harga mulai: Rp 100.000, -an

Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
Harga mulai: Rp 60.000, -an

146 Comments Perlengkapan Sepeda Gunung

  1. bayuwhy

    top bgt… jangan keasikan gowes sendiri Om, harus sama komunitas… saya pernah jatuh pas main MTB dan robek di lengan, masuk UGD dan dapet 23 jahitan, ngga kebayang deh kalau saya gowes sendiri siapa yang nolongin…
    hydropacknya bisa dikurangi dikit tuh… buatan Boogie Rp 70.000 + water bladdernya Rp. 80.000

    Reply
  2. diditho

    iya nih, barusan ada teman yang masuk ke RS gara2 jatuh di trek sybex sentul.
    paling tidak kalo sendiri ngambil jalur yang tidak sulit dan rame hehe…

    Reply
  3. saptoda

    Halo mas Didit,
    Barang2 utk MTB di atas kalo di Jakarta bisa dibeli di mana ajah tuh? Trus, kalo ada MTB-related accessories and parts second boleh tuh diinformasiken, he..he..

    Reply
  4. diditho

    di jabodetabek banyak mas, ada okibike dan kamurang di cibinong (deket tempat tinggal saya). formula di ciputat, rodalink di pondok indah , b-bike, bagus bike, dll . alamatnya saya kurang hafal semau. coba tanya di http://www.sepedaku.com. pasti banyak yang bantu..

    Reply
  5. fauzy

    saya pengen tau apa maksud /arti dari istilah d bawah ini :
    a.All Mountain h.Road Bike
    b.Dirt Jump i.Hard Tail
    c.DH j.Downhill
    d.Road Racing k.MTB
    e.Cross Country l.Hamanten
    f.XC m.Dual Suspension
    g.Freeride n.Quad Suspension
    kirim infonya ke : [email protected]

    Reply
  6. Dinie Iswara

    Hi,aku liat foto sarung tangannya,btw dijual ngga tuh,aku lg cari buat tmn2 biker nich…tolong kasitau harga grosirnya klo emang jual,email aja,makasi ya….

    Salam,

    Dinie

    Reply
  7. Jaya di Kusumah

    Saya bikin tas buat bawa unit sepeda dengan 2 langkah dan 2 langkah bila perlu operasional dan siap jinjing.(tanpa ritzliting artinya bebas macet dan kendala rusak/jebol). kesatu lepas ban depan, kedua kendorkan stang dan buat sejajar dengan frame, ketiga turunkan sadle (kalau perlu), keempat lepas pedal (kalo perlu). Kalau tidak dipakai bisa digulung gedenya separohnya sleeping bag. Harganya Rp 150.000 ,- Bisa dibeli di "ADAT Custom & Accesories bicycle" jalan raya Jombang kiri jalan masuk dari jalan elang bintaro kekiri arah stasiun sudimara(arah menuju GPG)

    Oks. Informasi bahan dan pemakaian sudah teruji keliling indonesia.

    Reply
  8. M. Rahmady

    Halo Mas Didit,
    Saya Mo Tanya untuk perlengkapan Sepeda gunung diatas kalo di Surabaya dimana aja bisa Saya dapatkan?…Harga Murah Kualitas Bagus.
    Terima Kasih.

    Reply
  9. diditho

    #22 belin celananya ya di toko sepeda 🙂
    #23 wah..nggak hapal lah..banyak banget dan sudah lupa,main2 aja ke toko sepeda.. 🙂

    Reply
  10. George Wanda

    Gw gaya hidupku udah bergantung dengan sepeda walaupun perkengkapan tidak selengkap kalian tpi gw tettap berpetualnag dimedan yang berat gw asli Papua…………………………….berikut foto ku…
    Selamata kenal mas…sukses untuk kamu

    Reply
  11. fadly

    om saya mau nanya….skarang-skarang ini saya lagi suka dengan sepeda gunung dan saya blom punya,saya ingin tanya di mana toko trelengkap sepeda gunung yang berada di bekasi ato di jakarta.
    terima kasih

    Reply
  12. miekk

    cak didit, Mo nanya nih soale q bingung mo bli frame . frame polygon DX cosmic (Rp 1.200.000) tu bagus ndak ? klo d bandingin ma S work yg kta cak didit cm 450rb pdhl di sini (Malang, jatim) hargax 850rb ? aq masih pemula cak . satu lg, barang" polygon tu bagus g seh ? soale d kepala saya tu mikir klo polygon g awet" amat . matur sembah suwon cak didit.

    Reply
  13. uut

    saya coba bantu jawab cak miekk……
    setau saya frame cozmic utk polygon udh bagus banget. kl beli 1 set bike ajah mahal. wajarlah kl frame nya mahal. Tinggal tipe cozmix nya apa dulu nih, kan macem2. kl masalah frame S-Works generic/ "aspal" buatan lokal harganya berkisar 350rb – 800rb saya udh survey ndiri. frame s-works original bisa sampe 4-6jtaan ato malah bisa lebih. about frame, kl mo beli mesti diperhatiin generic/ originalnya: 1. las2annya, kl ori biasanya pake shock bukan las. tp ada juga yg di-las, 2. stripping menyatu ma cat (extra hati2 nih, bisa menipu), 3. cat yg halus, 4. jgn lupa cek frame number, cak miekk kl beli frame polygon ori ada sertifikatnya hrsnya.

    semoga bermanfaat

    Reply
  14. ERY

    Mas, Bisa tolong gak u ngerakit sepeda apa aja partnya + harganya ( sampe jd 1 sepeda ),Maaf masih pemula, Frame kayaknya mau pake Giant, atau yg lebih bagus apa ? Dan tlg dong rekomendasi toko yang murah partnya. Sy di JAKARTA. Thanks ya…

    Reply
  15. rafiq

    mas aku mu jualan acesories gitu seperti yang mas tampilkan di web ini. bisa bantu gak mas untuk sorce atau aku harus beli dari mas Thanx.
    no hp ku: 081927700062/085272345454

    Reply
  16. quns

    mohon pencerahannya bos…
    kalo tas/kantong buat bawa MTB (misal nya naek pesawat) bisa dibeli dimana ya

    thnaks alot…

    untuk infonya bisa sms ke no. hpku : 08997860752

    Reply
  17. Pingback: Fez Lounge » Blog Archive » copy-an perlengkapan bersepeda

  18. JOKO NUGROHO

    om saya pengen beli sepatu & celana short dapat beli dimana ya?perlengkapan sepeda gunung?klu mau beli barang2 tersebut diatas dpaat beli dimana ya?

    Reply
  19. fuad

    saya punya sepeda merk kona pahoehoe rem masih menggunakan V-brake, apakah kalau saya beli cakram seperti diatas apakah sudah cukup aman karena pengalaman pernah pakai yang seharga 1 jutaan cakramnya panas dan macet ( belum hydrolik ). Thank' for your information.

    Reply
  20. diditho

    kalo pake cakram, hal penting yang perlu diperhatikan masalah kaliper dan rotor (disc) yang harus dari satu brand. Misal pake kaliper shimano, rotornya juga shimano. Kaliper Hayes , rotornya juga Hayes. hal ini dikarenakan perbedaan bahan pad.

    rem panas dan macet juga bisa terjadi karena gaya mengerem kita yang terlalu ekstrim, harus ada jeda. jangankan sepeda, motor dan mobil saja juga bisa terbakar remnya

    Reply
  21. kndy

    bos saya kn bru pny sepeda neh lg nyari asesoris yg murah2 dmna y..kya baju sepeda gtu..maklum lg seneng2 bersepeda..tolong bantuan info nya y..makasi..

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.