“Siapa sih yang lebih detil membuat peta daripada penduduk setempat,” ujar Jessica Lee, manajer produk Google Maps.(Kompas/Reuters)

Team dari GoogleMaps telah menambahkan fitur baru pada GoogleMaps yang memungkinkan para pengguna biasa yang tidak memiliki keahlian pemrograman untuk membuat peta dengan mudah pada layanan GoogleMaps.

Fitur baru tersebut bernama MyMaps. Pada menu MyMaps, kita dapat menambahkan pushpin, polygon dan line hanya dengan menggunakan mouse. Informasi tambahan yang juga dimungkinkan adalah deskripsi, kode HTML terbatas, foto dan video.

Koleksi peta yang telah kita buat juga dapat dipublikasikan untuk umum.

Dengan aplikasi ini, pembuatan peta pasrtisipatori oleh komunitas dapat dilakukan dengan mudah. Selama ini (berdasar pengalaman), kendala pembuatan aplikasi sistem informasi geografis bagi suatu komunitas terletak pada rumitnya dan tidak user friendly pembuatan dan pemgoperasian sistem web gis.

Contoh, untuk melihat rute Sepeda Gunung di bukit/desa hambalang, sentul, jawa barat yang saya ‘gambar’. dapat mengklik link berikut:

Hambalang Track

Link:

7 Comments Peta Partisipatori Google

  1. diditho

    wah…mendingan rumahnya digambar sendiri pake tool polygon..hehehe..karena penggantian peta pastinya tidak tiap hari atau tiap bulan… setahun mungkin?? 🙂

    Reply
  2. diditho

    bisa aja sih, tapi format GPSnya harus diubah dulu ke format KML punya google.
    stepnya GPS–>SHP>KML atau
    GPS–>mapInfo–>KML.
    yang diload KMLnya

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.